Cara Disable USB Flash Disk

Penyebaran virus paling banyak melalui media UFD (USB Flash Disk), di mana sebelumnya melalui Floppy Disk. Bukan berarti melalui media lain: CD/DVD tidak bisa menyebar, karena sifat dari Flash Disk yang bisa baca dan tulis secara langsung ini yang menyebabkan Flash Disk rentan tertular dan menularkan virus. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menonaktifkan atau disable USB. Sehingga USB tersebut tidak dapat digunakan untuk media penyimpanan seperti Flash disk, akan tetapi masih dapat digunakan untuk printer, dan berbagai aktivitas lainnya.

Untuk menyembunyikan Drive USB (Removable Disk) dari Windows ada banyak cara baik melalui tools tertentu ataupun secara manual. Kali ini kita akan menonaktifkan USB Stored melalui Registry Editor. Untuk melakukan pengaturan di regedit Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Dari menu Start pilih Run, atau dengan tombol keyboard: Win + R.

Kotak dialog Run akan tampil, ketikkan regedit kemudian tekan Enter atau OK, sekarang Anda akan dibawa masuk ke jendela Registry Editor.

Cari Key berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMControlSet001ServicesUSBSTOR kemudian pada kolom sebelah kanan cari DWORD Start, ganti angka 3 dengan 4. Jika ingin menampilkan kembali USB ganti kembali menjadi angka 3.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s