Memilih Iklan yang Tepat

Umumnya pencari kerja akan memberikan perhatian yang banyak pada iklan lowongan kerja. Banyaknya iklan lowongan kerja bukan berarti kita dapat seenaknya mengirimkan surat lamaran. Tidak ada larangan untuk Anda mengirim surat lamaran kepada semua pemasang iklan, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa perilaku demikian akan berdampak biaya tinggi. Beberapa tips dalam memilih iklan lowongan kerja yang baik, seperti sebagai berikut :

1. Memberikan kejelasan jenis bisnis perusahaan tersebut. Kenapa penting ?, informasi ini perlu diketahui agar kita dapat mengukur apakah akan cocok dengan jenis bisnis perusahaan tersebut bila nantinya bekerja di perusahaan tersebut.

2. Syarat lamaran jelas dan terukur. Informasi persyaratan kerja perlu kita ketahui untuk bahan tanya jawab wawancara. Kita dapat juga mengukur kemampuan diri apakah layak melamar ke perusahaan tersebut

3. Manfaat yang di tawarkan. Kadang-kadang ada yang mencantumkan, tetapi cukup banyak yang tidak mencantumkan. Misalnya besaran gaji dan fasilitas lain yang diberikan. Jika mencantumkan informasi ini, maka dapat kita indikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi Andapun harus sadar, bahwa pencantuman itu menandakan besaran prestasi yang diinginkan oleh perusahaan pemasang iklan terhadap calon pelamar.

4. Informasi perilaku kerja. Informasi ini sangat kita butuhkan untuk kesiapan mental dalam menjalankan tugas. Misalnya “bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota”, dan sebagainya. Kejelasan informasi ini menandakan bahwa perusahaan tersebut mengetahui benar tanggung jawab calon pelamar jika di terima kelak.

5. Informasi dalam urutan yang logik. Misalnya ada iklan yang menyatakan persyaratan untuk jabatan Sekreataris sebagai berikut : “Wanita, umur antara 20 – 23 tahun, lulus Akademi Sekretaris, pengalaman kerja minimal 5 tahun, dan seterusnya”. Jika Anda urutkan logika angka dari informasi tersebut, maka akan terlihat tidak dalam urutan yang rasional. Ini menandakan bahwa pemasang iklan kurang persiapan untuk mencari tenaga yang dibutuhkannya.

6. Alamat jelas. Pastikan alamat pemasang iklan jelas.

7. Batas waktu pengiriman surat lamaran. Perlu diketahui agar kita tidak menyia-nyiakan biaya dan tenaga untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, padahal sudah tidak dibutuhkan.

8. Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut berada pada media terkenal dan memiliki sebaran luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini juga menandakan bahwa tingkat kompetisi pasti akan tinggi dan mempengaruhi peluang diterima bisa kecil. Tetapi iklan lowongan kerja yang di pasang pada media terkenal dengan ukuran yang besar berarti perusahaan tersebut cukup bonafit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s