CV: Ringkasan “Kehebatan” Anda
CBN – Sebagian orang mengenalnya sebagai Curriculum Vitae (disingkat: CV), ada lagi yang mengenalnya sebagai resume. Apapun namanya, CV merupakan selling tool yang menitikberatkan pada skill dan pengalaman Anda dalam berprofesi. CV dibuat untuk dilihat oleh perusahaan yang Anda incar, dan diharapkan dapat meyakinkan mereka tentang kontribusi yang dapat Anda berikan pada perusahaan mereka.

Sebuah CV idealnya dapat “menjual” diri Anda dalam waktu singkat. Misalnya begini. Sebenarnya Anda memiliki segala persayaratan yang dibutuhkan untuk sebuah lowongan tertentu, sementara perusahaan yang membaca CV Anda tidak dapat secara langsung menyimpulkan kalau Anda memiliki apa yang mereka butuhkan. Artinya, CV Anda telah gagal “menjual kehebatan” Anda. Istilahnya, “the first hurdle your resume has to pass–whether it ends up in the “consider file” or the “reject file”–may take less than 30 seconds“.

Sebuah CV yang efektif secara jelas memfokuskan diri terhadap job title yang spesifik, juga persyaratan yang diinginkan untuk posisi tersebut. Semakin Anda tahu tentang job description dan kemampuan yang disyaratkan untuk sebuah posisi–dan mampu mengorganisasi CV Anda sehingga mencakup poin-poin paling penting ini, akan semakin efektif CV Anda.

Bingung? Tenang, bagi Anda yang membutuhkan bimbingan untuk membuat CV yang ideal, di sini tempatnya. Tidak hanya informasi tentang pekerjaan yang pernah Anda tangani di masa lalu, tapi juga informasi untuk memilih pencapaian, kemampuan dan pengalaman Anda yang paling relevan untuk ditonjolkan, tentunya untuk sukses meraih lowongan kerja yang INI. Semakin Anda tahu tentang perusahaan dan posisi yang diiklankan, semakin Anda dapat menyusun CV ANda supaya pas dengan lowongan tersebut.

1. Pilih CV yang Sesuai untuk Anda
Pilih CV yang sesuai untuk Anda? Benar, karena pada dasarnya ada bermacam-macam konsep CV, yang masing-masing menonjolkan apa yang patut ditonjolkan untuk mendapatkan sebuah posisi tertentu. Tinggal Anda yang harus pintar-pintar memilih jenis CV yang pas dengan riwayat kerja dan target position Anda.

a. Chronological CV
Dengan CV jenis ini, Anda dapat memasukkan semua informasi tentang kemampuan, pengalaman dan persyaratan pendidikan Anda. Model ini disusun dengan posisi paling baru Anda diletakkan pada daftar teratas. CV seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru. Biasanya, perusahaan memandang CV model ini sebagai gambaran diri Anda yang sebenarnya dan dapat dicerna dengan sistem “baca cepat”. Chronological CV cocok untuk para pencari kerja yang memilik pengalaman kerja yang solid dan riwayat kerja yang wajar, bukan bagi mereka yang ingin pindah kerja ke bidang yang berbeda, juga untuk para fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman kerja formal.

b. Functional CV
CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu. Bagi mereka yang merasa memiliki “masalah khusus” yang menyebabkan berhenti dari pekerjaan lamanya, bisa juga mencoba untuk menyusun CV model ini. Pada dasarnya, CV model ini menyusun sejarah si karyawan per bagian yang sekaligus menonjolkan wilayah kemampuan dan pencapaian yang telah diperoleh. Sayangnya, sejumlah perusahaan kurang menyukai CV jenis ini BILA mereka merasa kesulitan untuk mencocokkan kemampuan yang Anda miliki dengan pekerjaan yang dicari, kewajiban yang diharapkan dari Anda dan pengalaman kerja. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari atau meminimalisasi hal ini dengan mencantumkan nama perusahaan setiap kali Anda menyebutka pencapaian yang telah Anda peroleh (dengan poin-poin).

Sebagai contoh:

Program Coordination

– Coordinated the logistics of opening two HILLCREST Residential Treatment Centers, which included the hiring and training of staff, supervising the set-up of the physical plant, and developing programs.
– Oversaw the computerization of the BEHRING CLINIC accounting unit from initial planning through successful implementation, with no disruption in service.

c. Curriculum Vitae
CV jenis ini–yang namanya juga “Curriculum Vitae”, sebenarnya cocok digunakan oleh seorang ilmuwan atau seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan (educator). CV model ini merupakan sejarah profesi Anda yang disusun secara rinci dan terstruktur tentang riwayat pendidikan Anda, publisitas yang pernah didapat, proyek-proyek yang pernah dilakukan, penghargaan dan tentu saja, sejarah profesi. Karena itu jangan heran kalau CV model ini kurang populer di Indonesia, karena panjangnya bisa lebih dari 20 halaman

d. Electronic Resume
Cv model ini cocok untuk kepentingan apply sebuah posisi dari internet, atau perusahaan besar dengan sistem automated applicant tracking. CV jenis ini (baik menggunakan konsep Chronological atau Functional), memang diformat untuk dapat dibaca dengan baik ketika di-scan dan melalui proses optical scanning systems.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s