Filosopi Pemasaran


Filosofi pemasaran adalah dasar pemikiran bagaimana caranya aktivitas pemasaran dapat dilaksanakan berdasarkan suatufilsafat yang mantap, mengungkapkan pemasaran yang tanggap dan bertanggung jawab.
Dengan demikian, konsep pemasaran mengandung arti arah kegiatan serta cara yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan . Filosofi pemasaran disebut juga konsep pemasaran.

Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem total dan kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Pengertian diatas mengandung beberapa kesimpulan, yaitu:
a. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran.
b. Pemasaran adalah kegiatan perusahaan dalam membuat rencana, menentukan harga, promosi serta mendistribusikan barang dan jasa.
c. Pemasaran berorientasikan kepada langganan yang ada dan potensial.
d. Pemasaran tidak hanya bertujuan memuaskan langganan tetapi juga memperhatikan semua pihak yang terkait dengan perusahaan.
e. Program pemasaran itu dimulai dengan sebuah ide tentang produk baru, dan tidak berhenti sampai keinginan konsumen benar-benar terpuaskan

Disamping itu, pengertian pemasaran mengandung beberapa konsep pokok, diantaranya:
 Kebutuhan, adalah suatu keadaan akan sebagian dari pemuasan dasar yang dirasakan dan disadari.
 Keinginan, adalah hasrat untuk memperoleh pemuas-pemuas tertentu untuk kekebutuhan yang mendalam.
 Permintaan adalah keinginan terhadap produk atau jasa tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli produk atau jasa.
 Produk adalah segala sesuatu yang dapat diberikan kepada seseorang yang memuaskan suatu kebutuhan atau keinginan baik yang berwujud maupun tidak berwujud.
 Pertukaran, adalah penentuan untuk memuaskan kebutuhan-kebutuhan dan berkeinginan seseorang dengan cara tertentu.
Pertukaran merupakan salah satu dari empat cara, yaitu :
– Memproduksi sendiri ( Self production)
– Dengan paksaan (Corcion)
– Meminta-minta (begging)
– Jual beli atau pertukaran (exhange)

 Jual beli adalah tindakan untuk memperoleh sebuah produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalannya.
Syarat-syarat jual beli :
– Sekurang kuarangnya terdapat dua pihak dimana masing-masing pihak mempunyai nilai.
– Setiap pihak untuk menerima atau menolak penawaran.
– Setiap pihak mampu berkomunikasi dan mengirimkan sesuatu produk kepada yang lain.
– Setiap pihak percaya bahwa memang tepat atau perlu untuk berhubungan dengan pihak lain.

 Transaksi, adalah dasar jual beli.
Jenis-jenis transaksi :
– Transaksi dagang (komersial), misalnya seorang penjual memberikan sebuah barng atau jasa kepada pembeli sebagai imbalan uang si pembeli.
– Transaksi pekerjaan, misalnya seseorang majikan memberikan upah dan fasilitas Cuma-Cuma (misalnya : perumahan, perawatan, dan lain-lain) kepada karyawan sebagai imbalan atas jasa produktif karyawan yang bersangkutan.
– Transaksi kewarganegaraan, misalnya seorang polisi memberikan jasa perlindungan keamanan kepada warga Negara sebagai imbalan atas pajak dan kerjasama mereka.
– Transaksi keagamaan, misalnya sebuah mesjid memberikan jasa keagamaan kepada warga Negara dan para jamaah sebagai imbalan atas sumbangan dari waktu mereka.

 Pasar adalah pelanggan potensial dengan kebutuhan dan keinginan tertentu yang mungkin mau dan mampu untuk ambil bagian dalam jual beli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
Pasar terdiri atas :
– Pasar kebutuhan (need markets) misalnya pasar jenis makanan.
– Pasar demografis (demoghrafic markets), misalnya pasar untuk remaja.
– Pasar pembelian suara (voter markets, misalnya kelompok bukan pelanggan.
– Pasar tenaga kerja (labor markets)
– Pasar penyumbang (donor markets)
– Pasar individu/konsumen (Individual markets)
– Pasar perantara (seller markets)
– Pasar pemerintah (government markets)
– Pasar internasional (internasional markets)

 Pemasar, adalah seorang yang berusaha memperoleh sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya.

Orientasi Pemasaran dan penjualan
Orientasi pemasaran
dapat diartikan sebagai pemusatan penjualan yang mengarah pada apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
Jadi perusahaan yang berorientasi pada pemasaran terlebih dahulu menentukan target pemasaran kemudian menjual produk.

Orientasi penjualan yaitu menjual dengan memusatkan perhatian pada produk saat ini.
Jadi perusahaan yang berorientasi pada penjualan memusatkan kegiatannya pada pembuatan produk kemudian melakukan promosi yang gencar untuk mencapai tingkat penjualan yang menguntungkan

Pengertian pasar
Pada dasarnya ada beberapa pengertian pasar yaitu:
• Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual beli (perdagangan)
• Terjadinya interaksi (hubungan) antara penjual dan pembeli untuk melaksanaan transaksi jual beli
• Tempat terjadinya interaksi antara permintaan dan penawaran
• Sekumpulan pembeli actual dan pembeli potensial terhadap suatu produk, jadi pasar adalah pembeli bukan sekedar pemakai (consumer)

Jadi secara kesimpulan Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli terhadap suatu produk

Konsep inti pemasaran
Untuk memahami pemasaran, harus memahami terlebih dahulu konsep inti pemasaran seperti:
Kebutuhan, keinginan dan permintan, produk, nilai dan pertukaran, transaksi dan hubungan serta pasar,
Konsep yang paling mendasar yang mendasar yg melandasi pemasaran adalah kebutuhan, keinginan dan permintaan.kebutuhan dapat disebut juga perasaan kekurangan . Menurut Abraham Maslow, kebutuhan memiliki 5 tingkatan yaitu :
• Kebutuhan Fisiologis
• Kebutuhan akan rasa aman
• Kebutuhan sosial
• Kebutuhan akan penghargaan dan kebanggaan
• Kebutuhan untuk mengexpresikan diri

Keinginan yaitu hasrat terhadap sesuatu untuk memenuhi kebutuhan.
Permintaan yaitu keinginan yang disertai daya beli yang cukup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s