Belajar Internet, Blog, Google, Adsense, Adword, Software.



Blog Profits Blueprint by Yaro Starak (Indonesia Version)
Blog Profits Blueprint (12)
Pada bagian ini Yaro memberikan beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, Yaro menjelaskan beberapa perbedaan mendasar dari metode-metode tersebut. Dengan mengetahui beberapa metode ini diharapkan kita menjadi lebih mengerti bagaimana cara untuk menghasilkan uang, program dan metode mana yang lebih cocok digunakan, apa kelebihan masing-masing metode tersebut. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (11).
The Holy Grail of Blog Monetization – Recursive Affiliate Income
Menurut pendapatku, ada satu cara yang fantastik dalam hal mencari uang secara online, yang merupakan cara yang jauh lebih baik untuk mengkomersilkan blog. Yaitu melalui program affiliasi. Program Affiliasi maksudnya adalah kamu menjual produk atau jasa dari orang atau perusahaan lain dan sebagai balasannya kamu mendapatkan komisi dari setiap penjualan.
Sebagai contoh jika kamu menjual buku yang berharga $47 dan mendapat komisi 50% dari program affiliasi, ini berarti kamu akan mendapat komisi $23,50 dari setiap penjualan. Kamu tidak perlu melakukan apapun selain mengirimkan pengunjung melalui link dari program affiliasi dengan cara merekomendasikan produk atau jasa dari program affiliasi tersebut. Kamu tidak perlu mengantarkan barang yang kamu jual, atau menyediakan layanan bagi pelanggan (customer service) atau hal lainnya, yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari traffik, mempengaruhi orang untuk membeli, dan menghasilkan uang.
Dan salah satu unsur yang harus menjadi pertimbangan dalam memilih program affiliasi yang akan di promosikan adalah jasa berlangganan.Maksudnya begini, saat seseorang membeli suatu program, mereka diwajibkan membayar fee untuk terus menjadi anggota atau berlangganan dari apapun yang mereka bayarkan tersebut. (sebagai contoh web hosting). Dan sebagai affiliasi, setiap kali orang yang kita kirimkan kepada program affiliasi tersebut membayar tagihan secara regular, maka kita akan terus mendapat komisi, dengan begitu uang akan terus mengalir sampai lama setelah transaksi yang pertama.
Tidak semua topik dari blog, mempunyai program affiliasi yang menawarkan produk atau jasa seperti ini dan bisa kita rekomendasikan melalui blog, tapi kita bisa mencarinya jika memang menginginkannya. Kamu mungkin akan terkejut saat menemukan apa yang ada diluar sana. Dalam kasusku ada banyak produk dan jasa yang seperti ini, aku tinggal memilih produk dan jasa yang aku aku ikuti, dan merekomendasikannya pada pembaca ku.
Sebagai contoh aku menggunakan AWeber email autoresponder untuk mengatur email newsletter ku. Saat kamu menerima email untuk mendownload laporan ini, itu adalah email yang berasal dari AWeber. AWeber akan menagih fee setiap bulannya kepada ku untuk jasa yang mereka berikan, dan aku disini adalah sebagai affiliasi dan sekaligus sebagai costumer mereka.
Kapanpun seseorang mendatangi blog ku, mengklik link dari program AWeber(affiliasi) yang aku rekomendasikan, dan mendaftar untuk berlangganan secara tetap, aku akan memperoleh komisi terus menerus selama orang tersebut masih berlangganan di AWeber. Pada saat ini penghasilanku melalui AWeber tersebut adalah $100 perbulan dan terus bertambah (tidak bergantung dari apakah aku terus ngeblog atau tidak), itu hanya dari satu sekian program affiliasi yang aku promosikan.
Karena itu Aku banyak mempromosikan program affiliasi yang sejenis, pada saat aku menulis ebook ini (Blog Profits Blueprint) penghasilanku telah mencapai $1.200 perbulan dan terus bertambah. Sekalipun aku menghentikan (menutup) blog ku hari ini, uang tersebut akan terus mengalir. Dan tentu saja aku memilih untuk terus ngeblog dengan tujuan untuk terus meningkatkan penghasilan. Maka sekalipun jika pada suatu hari nanti aku memutuskan untuk berhenti ngeblog, berarti aku sudah mempunyai passive income yang lumayan.
Pilihan terbaik berikutnya adalah – menjual iklan secara langsung (Direct Advertisers) jika kamu bisa menemukan program affiliasi untuk blog mu, yaitu mencari sponsor yang mau membeli space di blog untuk menempatkan iklan mereka. Metode ini sudah ada semenjak internet ada, dan menjadi sumber pendapatan ku semenjak aku meluncurkan websiteku yang pertama tahun 1999.
Idenya adalah bahwa kamu menjual secara langsung pada sponsor yang mau membayar untuk meletakkan banner dan atau link mereka yang berupa text pada blog. Dengan melakukan cara ini berarti kamu tidak menggunakan orang atau perusaahan ketiga yang akan mengurangi pemasukan, tapi itu juga berarti kamu harus mencari sponsor sendiri.
Menurutku untuk mendapatkan uang extra adalah dengan cara mencari sponsor sendiri. Masalahnya adalah kamu harus berusaha sendiri untuk bisa menarik perhatian sponsor, dan memastikan mereka untuk membayar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan blogger adalah tidak mungkin menemukan pemecahan dari masalah ini. Berdasarkan apa yang pernah aku pelajari, melalui percobaan dan melihat cara sponsor bereaksi, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk meminimalisasi pekerjaan agar tetap bisa memancing perhatian para sponsor.
Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
Tagih perbulan, bukan berdasarkan dari jumlah impression, klik, atau transaksi. Jika kita meminta bayaran berdasarkan berapa kali banner ditampilkan (impression), itu berarti kita harus mengaudit data tersebut setiap bulannya dan memberikannya kepada sponsor. Jika kamu meminta bayaran secara flat, itu berati tidak masalah berapapun traffik yang kamu kirimkan kepada sponsor, dan itu juga berarti akan lebih mudah untuk menghasilkan uang.
Mintalah metode pembayaran yang dilakukan secara otomatis. Misalnya menggunakan Paypal.com, yang menyediakan tool untuk membuat link yang bisa digunakan oleh pihak sponsor untuk sign up dan membayar. Dan tidak ada biaya tambahan untuk menggunakan metode ini. Setiap bulan transaksi pembayaran akan dilakukan secara otomatis melalui Paypal.com.
Tentukan harga khusus (premium) pada beberapa sponsor (advertisers) agar kamu bisa benar-benar memberikan hasil yang maksimal. Sayangnya semakin banyak advertisers yang kamu ambil, berarti semakin banyak pula yang harus kamu kerjakan. Jadi, carilah sponsor yang memberikan harga lebih tinggi dari rata-rata, dan jalin hubungan yang solid.
Beberapa teknik ini bisa kamu pergunakan, akan tetapi akan lebih baik jika kamu sudah mempunyai blog untuk memulainya. Mencari perhatian dari sponsor (advertisers) dan meminta bayaran dengan harga yang khusus akan lebih mudah bagimu jika kamu mempunyai blog yang populer dengan traffik yang besar, pagerank diatas rata-rata, rangking yang bagus di Alexa dan mempunyai otoritas yang jelas dalam industri yang dipilih.
Aku (Yaro) tidak pernah terlalu proaktif dalam mencari sponsor untuk blog ku, mereka sendiri yang mendatangiku. Aku cukup membuat halaman sederhana bagi para advertisers yang ingin menjadi sponsor bagi blog ku. Jika kamu melihat halaman advertise ku maka kamu tidak akan melihat point mengenai negosiasi harga. Jika kamu senang dengan harga ini, maka kamu bisa membelinya. Dan sekali lagi, hal ini mengurangi beban pekerjaan karena aku tidak perlu membuat halaman khusus mengenai cara pembayaran, semua cukup dalam satu halaman.
The Problem with Google AdSense
Permasalahan dengan Google Adsense. Permasalahan dengan Google Adsense adalah tidak semua blog bisa menggunakannya, dan secanggih apapun program yang digunakan oleh adsense untuk menyesuaikan antara iklan dan isi dari tulisan, kamu tetap tidak mempunyai kontrol untuk memilih jenis iklan yang akan ditampilkan.
Dalam keyakinanku untuk benar-benar mendapatkan keuntungan, kamu perlu mengupayakan agar iklan yang tampil benar-benar tidak seperti iklan. Itulah mengapa affiliate marketing adalah pilihan yang lebih baik, dengan cara kamu membuat tulisan, sebagai contoh mereview suatu produk, dan menghasilkan uang melalui transaksi yang terjadi, sekaligus bisa menghibur dan mendidik audience tanpa merasa bahwa tulisan kita hanya dibuat untuk tujuan iklan.
Mengkombinasikan antara blogging dan program affiliasi, adalah contoh format masa depan yang sempurna dalam dunia online marketing Saat iklan tidak tampak seperti iklan, saat itulah kamu tahu bahwa kamu telah mendapat formula yang sempurna untuk membuat semua pihak menjadi senang (audience, advertisers, dan tentu saja kita sendiri). Namun bagi kebanyakan blogger aku menyarankan untuk mencoba mengimplementasikan Google Adsense terlebih dahulu, uji dan lihat bagaimana semua itu bisa diimplementasikan dalam situasi yang dihadapi.
Jika kamu sudah merasa cukup senang dengan jumlah uang yang kamu dapat dari Google Adsense, atau kamu merasa lebih ber potensi untuk memfokuskan diri bagaimana cara menempatkan iklan-iklan dari Adsense, maka lakukanlah. Kamu selalu mempunyai kesempatan untuk mengkombinasikan semuanya, program affiliasi, mencari sponsor sendiri dan adsense. Tidak ada aturan yang secara khusus mengatur bagaimana caramu untuk mengkomersilkan blog.
Jika saja adsense bisa memberiku penghasilan yang bisa mendekati penghasilanku melalui program dan metode lain, maka aku akan menggunakannya, karena adsense lebih mudah untuk diimplementasikan. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyetting, mencoba berbagai metode penempatan untuk memaximizekan klik, dan menghasilkan uang, sementara kita bisa memfokuskan diri untuk membuat tulisan. Namun jika adsense tidak cocok untuk mu, maka jalan terus dan coba dan cari metode lain.
Blog Profits Blueprint (11)
Uang…semua butuh uang, siapa yang tidak ingin uang ? banyak cara untuk menghasilkan uang. Tapi yang akan kita bahas disini adalah menghasilkan uang dari blog, bagaimana caranya ? mampukah kita melakukannya ? sudah cukupkah bekal yang kita punya ? bisakah blogging dijadikan sumber mata pencaharian utama ?.
Sebelum kita memutuskan untuk berhenti kerja dan serius menekuni bidang blogging untuk dijadikan sandaran hidup, sebaiknya terlebih dahulu kita mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai cara-cara menghasilkan uang dari blogging.
Untuk itulah kita akan mendengar dan mempelajarinya dari orang-orang yang telah lebih dulu menjalani, salah satunya adalah Yaro Starak ini. Pada bagian ini Yaro akan membahas mengenai cara-cara terbaik untuk menghasilkan uang melalui blogging. Dan mampukan dunia blogging dijadikan sumber pendapatan yang stabil, bila ya ..bagaimana caranya ? artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (10).
It’s Time To Make Money
Ini saatnya menghasilkan uang. Itulah (baca beberapa artikel sebelumnya) beberapa petunjuk terbaikku untuk membuat blog menjadi sukses. Kamu sudah memiliki startegi dan taktik terbaik ku. Artikel pillar, pengaruh dari jalur komunikasi yang kecil dan menjalin hubungan yang setingkat untuk membuka jalur komunikasi yang lebih besar untuk memasarkan blog, adalah formula untuk blog yang sukses. Aku (Yaro) sudah membuktikan konsep ini sendiri saat membangun blog ku.
Dan akhirnya…komponen final dan hal yang paling menyenangkan yaitu bagian mengkomersilkan blog. Mengkomersilkan blog adalah proses dari berbagai percobaan, dan teknik untuk menghasilkan uang melalui blog, Aku (Yaro) terlebih dahulu akan mengajarkan padamu strartegi yang kugunakan untuk menghasilkan uang melalui blog, sebelum nanti aku akan memberikan secara garis besar berbagai metode dan taktik yang kugunakan untuk menghasilkan uang melalui blog.
Can Blogs Be A Stable Income Source?
Bisakah Blog memberikan penghasilan yang tetap ? Sepanjang karirku dalam membangun online bisnis, telah membentukku untuk memiliki kebiasaan dan perilaku untuk menjadi seorang pelaku bisnis (self employment), yaitu mencari cara untuk tetap menghasilkan uang namun tidak hanya mengandalkan diriku sebagai penggerak roda bisnis (passive income). Prinsip ini telah ditanamkan oleh seorang guru seperti Michael Gerber dan E-Myth book dan diaplikasikan langsung oleh penasehat Internet Bisnis ku, Rich Schefren.
Rich mengajarkan bagaimana cara membangun bisnis yang bisa berjalan sendiri, bukan bergantung dari kerja keras ku semata (Cobalah Internet Business Manifesto nya, untuk membaca berbagai tulisannya tentang topik ini). Dan sebagai konsekuensinya, aku mulai mempertimbangkan blog sebagai alat untuk menghasilkan uang, dan memfokuskan diri dalam usaha membuat blog sebagai sumber pendapatan tetap yang tidak selalu bergantung pada keberadaan ku.
Jika tujuan pertamamu adalah mendapatkan penghasilan yang cukup dari blogging agar kamu bisa berhenti bekerja, dan kemudian baru mencapai kestabilan dalam hal pemasukan (income) melalui blogging. Kamu perlu tahu satu hal, pada saat kamu menghasilkan $2.000 dalam satu bulan melalui blog, apakah kamu bisa mendapatkan hasil yang sama pada bulan berikutnya. Dengan mencapai kestabilan melalui satu sumber pemasukan, akhirnya kamu bisa meyakinkan diri untuk berhenti bekerja dan menyingkirkan ketakutan yang selama ini menghantui.
Misalnya penghasilan blog mu saat ini adalah $300 perbulan, dan bulan berikutnya adalah $1.000, lalu bulan berikutnya lagi turun menjadi $500, kamu mungkin tidak akan merasa aman untuk memutuskan berhenti bekerja dan menjadikan blogging sebagai sumber pendapatan utama. Kamu harus tahu dulu apakah blogging bisa menjadi sumber pendapatan jangka panjang, itu tujuan pertama mu.
Namun sekalipun begitu, ada point kunci untuk mengatasi masalah ini yang tidak banyak dipertimbangkan oleh proffesional blogger lain, bahkan sekalipun penghasilanmu sudah stabil. Misalnya jika saat ini kamu harus menulis artikel setiap hari untuk menjaga penghasilanmu agar tetap konsisten, itu berarti kamu harus mencari pekerjaan tambahan selain blogging. Dan ini berarti bukanlah kebebasan dalam hal bisnis, ini sama dengan mengkaryakan diri. Jangan salah menilaiku dalam hal ini, blogging adalah pekerjaan yang bagus.
Aku yakin banyak orang yang dengan senang hati berhenti bekerja, dan mulai bekerja sendiri di rumah (self employment) dengan cara menulis artikel untuk dipublikasikan di blog, dan menjadikan blog sebagai sumber pendapatan utamanya. Itu bukanlah hal yang buruk, tapi bagiku itu belum cukup bagus. Aku suka blogging. Aku suka orang memperoleh hal yang berharga melalui tuliasan yang kubuat, aku juga suka menyalurkan ide dan berbagi dengan orang yang mempunyai ketertarikan yang sama. Aku memang ingin ngeblog dan memutuskan untuk ngeblog secara rutin.
Apa yang tidak aku inginkan adalah merasa terpaksa untuk harus terus menulis dan ngeblog sekalipun aku tidak menyukainya, dengan alasan untuk menjaga agar uang terus mengalir. Jika itu yang terjadi berarti Proffesional blogging bukanlah sumber passive income.
Kamu bisa membangun blog untuk dijadikan sebagai passive income, yaitu dengan cara mempengaruhi orang lain untuk membantumu dalam hal mengisi (membuat tulisan) blog, tapi itu bukan topik kita saat ini. Jika kamu memang ingin melakukan itu, baca artikel seriku mengenai cara membangun model bisnis yang bisa menyokong diri sendiri menggunakan blog, disini – Is Professional Blogging A Sustainable Business Model?
Apa yang kita bicarakan ini adalah tentang cara membangun asset (blog) untuk menghasilkan uang dan memberi gaya hidup yang lebih baik. Bagiku, itu berarti ngeblog secara teratur, karena menginginkannya, dan penghasilan yang bagus sebagai effek sampingannya. Dan yang lebih penting lagi adalah aku memiliki kebebasan untuk tidak ngeblog saat aku tidak menginginkannya, misalnya saat aku berlibur, bertemu teman dan keluarga, atau melakukan kegiatan yang ku sukai.
Pendapatan yang stabil namun tidak bergantung pada jumlah artikel, adalah hal yang aku pertimbangkan saat pertama aku mulai ngeblog, karena aku tidak ingin ngeblog seperti seorang pekerja. Hal itu tidak mengapa, jika kamu memang ingin bekerja begitu keras, dan kamu mendapat hasil yang memuaskan.
Yang tidak kamu inginkan adalah tidak mempunyai jaminan dalam hal finansial, misalnya saat kamu mengalami bencana alam, atau saat mengalami sakit dan tidak bisa ngeblog beberapa waktu, atau kamu merasa bosan dengan topik di blog, atau karena kamu memang tidak menyukai kerja keras.
Ini adalah beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan dan pemikiran saat akan memulai untuk menjadi proffesional blogger. Jika kamu ingin membangun gaya hidup dan sumber pendapatan yang bagus dengan cara membuat blog yang sukses, berarti kamu harus membuat keputusan yang nanti akan menentukan bagaimana cara mu untuk menghasilkan uang melalui blogging.
Blog Profits Blueprint (10)
Seimbang, setingkat, selevel. Dalam dunia ini, bahkan dalam kubur dan akhiratpun semua dibedakan berdasarkan tingkat-tingkat terentu. Si kaya hanya mau bergaul dengan yang kaya, sipintar hanya memperhatikan orang pintar lainnya. Sisukses lebih memilih berteman dengan orang sukses lainnya. Dalam dunia bloggingpun hukum ini berlaku.
Lalu bagaimana cara agar kita, blogger yang masih miskin ini bisa juga menjadi kaya dan diterima dalam lingkungan blogger yang kaya lainnya ? Yaro Starak dalam ebook Blog Profits Blueprint ini akan menjelaskan cara membangun traffik dari kecil hingga dewasa. Artikel ini juga masih lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu Blog Profits Blueprint (9).
Start With Your Peers
Mulailah membuat hubungan dengan yang se-level. Kenapa disebuat hubugan yang se-level ? pasti ada alasannya. Dan kamu harus segera memulainya. Peer, sama, seimbang, adil atau sejenis dan satu spesies, atau apapun istilah gaulnya adalah orang yang mempunyai situasi yang sama dengan mu. Dalam dunia blogging, peer adalah orang yang mempunyai blog yang setema dengan blog mu, mempunyai jumlah traffik yang sama, target audience, tujuan dan level yang sama.
Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah, saat mereka diberi petunjuk untuk keluar dan menjalin hubungan dengan blogger lain, mereka langsung menunjuk bintang dan berharap bisa meraihnya. Mereka langsung menghubungi blogger yang sudah ngetop abis atau yang ngetopnya ampir abis, bagaimana mungkin orang yang sudah ngetop mau berteman dengan orang yang tidak ngetop, jarang terjadi di dunia ini maaan….
Blogger yang ngetop tuh ya biasanya super sibuk, mereka biasanya dikontak setiap hari oleh penggemarnya. Jadwal mereka sudah penuh, memberi seminar, ceramah, workshop, tulis sana, tulis sini, ngurusin anak bini, belum lagi ngurusin blognya sendiri. Mereka mendapat request setiap hari, entah itu yang cuma mo kenalan, minta tandatangan, minta duit, ngajak kencan, minta link ampe ada yang berani minta kawin, dan beberapa pemintaan tidak masuk akal lainnya.
Dan tentu saja tidak mungkin si blogger yang ngetop tadi bisa melayani semua permintaan tersebut. Beruntung jika kamu bertemu dengan blogger yang udah ngetop tapi masih mempunyai sifat rendah hati, baik budi, suka berbagi, dan murah hati. Maka permintaan mu mungkin saja dilayani, tapi itu jenis yang sudah sangat langka,, bahkan mungkin sudah punah.
Tapi aku (Yaro) beri tahu ya, ini berdasarkan pengalaman pribadi ku lho (Yaro). Saat blog mu mulai terkenal maka kamu akan banyak mendapat request setiap hari, dan memang tidak realistik jika harus menjawab semuanya setiap hari, bisa-bisa habis waktu hanya untuk menjawab setiap email yang masuk. Makanya pada kebanyakan kasus jika kamu hanya mengirimkan request pada blogger yang ngetop, jangan harap akan segera dibalas.
Elo hanya akan mendapat perhatian dari blogger yang ngetop jika elo juga sudah ngetop, itu yang namanya peer atau seimbang, sebaya, selevel, sekelas, nyaho’ ? Saat kamu sudah mendapat traffik, cepat atau lambat elo akan mendapat perhatian, karena elo sudah mempunyai kredibilitas.
Adalah cara yang lebih pintar jika elo menghubungi orang yang se-level dengan mu. Orang yang mempunyai traffik, dan tujuan yang sama dengan elo akan lebih terbuka untuk melakukan link exchange atau tukeran link, berbagi traffik, dan menjalin hubungan. Maka dari itu cari orang yang se-level dengan mu, untuk diajak bekerjasama membangun traffik dan membuka jalur komunikasi.
Jika kamu mempunyai kesulitan dalam menjalin hubungan dengan yang se-level, misalnnya kamu dicuekin, dicibirin, diketawai’in, bahkan mungkin diludahin, ludahin saja lagi (eh nggak ding, becanda). Maksudku kirim ebook ini (Blog profits blueprint) kepadanya, biar dia juga tahu dan nggak kuper lagi (hehehe..), biar dia sadar betapa banyak manfaatnya jika menjalin hubungan dengan yang setingkat. (Hayo…siapa yang mau ?).
Bigger and Better Content Pillars
Seperti juga pada kasus jalur komunikasi, terkadang untuk benar-benar membuat kejutan besar kamu harus melakukan sesuatu yang benar-benar besar. Untiuk membuat blog menjadi benar-benar besar, butuh tulisan yang besar (bukan hurufnya yang dibesarin), unik dan spesial, yaitu artikel pillar yang besar.
Sepeti yang pernah aku singgung sebelumnya, semakin banyak upaya yang kamu lakukan, semakin besar hasil yang didapatkan. Ini karena hukum You get what you pay for dan secara umum begitu juga dengan minat dan perhatian seseorang terhadap mu.
Menulis ebook Blog Profits Blueprint yang sedang kamu baca ini misalnya, akan banyak mendatangkan traffik daripada sekedar menulis satu artikel. Artikel pillar yang besar akan memberikan sesuatu yang lebih besar dan sebagai imbalannya mendapat perhatian yang lebih besar (tapi sayangnya bukan bayaran yang besar).
Seiring dengan berkembangnya blogoshpere, semakin lama akan semakin sulit untuk melakukan sesuatu yang benar-benar spesial. Ini adalah hukum alam dalam dunia pemasaran. Orang pertama yang melakukan sesuatu yang benar-benar spesial dan unik, akan mendapat effek yang benar-benar besar, dan orang kedua yang melakukannya tidak akan mendapat effek yang sama besar, dan seterusnya.
Tapi ada beberapa teknik yang masih tetap bisa digunakan dan memberi hasil yang baik dan bisa membuka jalur komunikasi yang lebih besar, sekalipun teknik tersebut sudah pernah dilakukan sebelumnya. Berikut beberapa teknik yang bisa segera kamu lakukan:
Free Report
Yang satu ini adalah jenis pemain cadangan, terutama jika kamu mempunyai informasi yang sangat bagus dan tidak terdapat dimanapun. Sebuah file PDF singkat yang berisi 5-10 halaman, perkenalkan melalui blog atau sisipkan link ke blog, ini adalah sarana pemasaran yang fantastik. Jika kamu menyerang (memilih) topik yang populer, maka kamu akan membangun traffik yang signifikan.
Beberapa free reports telah di download dan dibaca oleh orang melebihi buku dengan predikat best seller, Hugh McLeod’s blog Gaping Void contohnya, telah membantunya untuk meningkatkan profilenya pada topik yang populer. Hugh menulis sebuah artikel yang populer, How to be Creative, dan menjadikannya free report dan telah di download milyaran kali.
Audio/Podcast/Teleseminar
Tambahkan podcast pada blogmu dan buat jalur komunikasi melalui audio. Beberapa blog populer dibangun dengan dukungan dari beberapa podcast yang populer, dan memanfaatkan kekuatan dari pemasaran menggunakan podcast seperti iTune (gunakan podcast tertentu melalui iTune untuk memaksimalkan traffik, ini gratis dan kamu bisa mempelajari cara menggunakannya melalui follow Apple’s guide to learn how).
Cara lain untuk memanfaatkan audio sebagai media pemasaran adalah teleseminar. Cari blogger lain ajak bergabung bersama menggunakan jalur telepon dan melinknya ke publik. Bicarakan mengenai topik-topik yang spesifik, mintalah pendengar untuk mengajukan pertanyaan, lalu rekam dan publikasikan di blog. Cobalah mencari orang yang punya reputasi pada topik yang kamu pilih, undang dia untuk melakukan teleseminar. Gunakan freeconference.com untuk melakukan teleseminar.
Video/Screencasts
Seperti juga audio, jika kamu menambahkan video berarti kamu menambahkan jalur komunikasi yang lain untuk menghubungkan orang. Jika kamu mempublikasikan video, contohnya menggunakan YouTube, dan membuat link pada blogmu, atau kamu mendistribusikan sebuah video melalui blog mu dan banyak blogger lain yang mengirim link pada video tersebut, akan meningkatkan traffik secara dramatis.
Viral marketing juga berlaku pada video yang benar-benar bagus, yang mungkin akan disaksikan oleh ribuan, bahkan mungkin milyaran orang setiap hari. Jika movie-style live action video terlalu sulit bagimu untuk dibuat, mulailah dengan software untuk melakukan screen capture seperti Camtasia, yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar komputer. Sebuah Camtasia tutorial adalah artikel pillar yang bagus. Software Camtasia aku gunakan untuk video yang kamu saksikan dalam ebook ini (Blog Profits Blueprint).
Software
Merelease software melalui blog bisa mendatangkan traffik yang besar, motor penggerak. Jika software yang kamu buat tersebut menjadi standar dalam melakukan sesuatu, maka hasilnya adalah expose secara massal.
Pikirkan tentang program sederhana seperti plug-ins untuk blog, atau extensions untuk browser Firefox, semudah untuk membuat sebuah software. Ini akan menghasilkan link pada blog dan gelombang traffik.
Ingatlah kamu tidak harus menjadi seorang programmer. Dengan ide-ide dikepala tongkrongin saja elance.com, rentacoder.com atau guru.com, dan buatlah software disana. Atau cari forum-forum tempat para programmer biasa ngumpul, dan minta untuk mengutip tulisanmu.
Pillar Series
Artikel pillar berseri seperti juga artikel pillar biasa, kecuali mambutuhkan lebih banyak kerja dan waktu untuk membuatnya. Daripada hanya satu artikel, kamu bisa menggabungkan beberapa artikel pada topik yang sama, dan menjadikannya artikel seri, seperti telenovela.
Kamu bisa membayangkan artikel seri seperti bab dalam buku, atau seperti laporan gratis yang berdiri sendiri dan kamu publikasikan sebagai artikel seri di blog. Seperti artikel pillar bagus lainnya, artikel pillar seri yang bagus sangat efektif untuk menarik perhatian dan membuka jalur komunikasi yang lebih besar, saat ada blog yang ngetop membuat link padamu.
Jika kamu ingin informasi tambahan mengenai cara membuat artikel pillar seri, bisa kamu dapatkan pada isu ke 38 di blog traffic tips newsletter ku. Kamu bisa mendaftar secara gratis di BlogTrafficKing.com, atau mencarinya sendiri di arsip newsletter di Forum Blogging ku.
Experiment and Innovate
Percobaan dan inovasi. Semua contoh diatas adalah ide-ide untuk membuat artikel pillar yang aku dan blogger lain sudah gunakan untuk membuka jalur komunikasi yang lebih besar. Akan tetapi ini bukanlah ilmu pasti, dan tidak semua aksi akan memberikan hasil yang pasti.
Nasihat terbaik yang bisa aku berikan padamu adalah fokus pada membuat sesuatu yang berharga, dan gunakan inovasi pada teknik-teknik pembuatannya dan pemasarannya. Sesuatu yang dipublikasikan dengan cara yang unik akan mendapat hasil yang lebih baik daripada melakukannya dengan cara yang tradisional, atau sering dilakukan sebelumnya. Jika kamu ingin perhatian yang lebih, harus kreatif.
Selanjutnya kita akan membahas mengenai It’s Time To Make Money dan Can Blogs Be A Stable Income Source? so.. stay tune.
Blog Profits Blueprint (9)
Oke ..singkat saja ..jika sebelumnya aku melink pada seluruh artikel sebelumnya, dan kemudian terlintas dalam benakku yang masih kosong ini, jika terus-terusan dilink semua repot juga. Maka dengan sangat senang hati aku hanya akan melink artikel terakhir saja, yaitu artikel ini Blog Profits Blueprint (8), dan tentu saja artikel yang sedang kamu baca ini adalah terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak.
Mungkin kamu sedikit banyak merasa sebal, kesal, muak, dan mau muntah. Karena aku terus-menerus mengingatkan hal diatas, mengapa aku melakukan itu. Kamu mungkin sudah tahu, tapi kalau kamu belum tahu sinih tak kasih tahu. Itu untuk memperkuat antara satu artikel dengan artikel yang lain, plus meningkatkan posisi di search engine untuk keyword Blog Profits Blueprint, kali aja si Yaro ngeliat dan ngasih duit (mimpi !).
Jadi saranku sebelum kamu mengunjungi blogku lagi, sediakan ember disebelahmu sekedar untuk jaga-jaga jika kamu sudah benar-benar muak dan ingin muntah, gunakan ember tersebut. Daripada nanti repot harus lari tunggang langgang ke WC terdekat. Oke..cukup..kita lanjutkan perjalanan panjang dan melelahkan ini.
Traffic Tactics
Taktik traffik. Sebelum kamu mulai mengimplementasikan teknik manapun, aku sangat menganjurkan kamu untuk mempersiapkan artikel atau tulisan yang bagus di blog, mungkin paling tidak 10 artikel pillar. Saat kamu mulai keluar dan mencari calon pengunjung untuk blog dan saat mereka datang dan tidak menemukan yang bermanfaat, kamu hanya akan membuang waktu dalam upaya pemasaran. Aku yakin kamu pasti menyadari alasan ini, jadi mari segera kita mulai.
Tujuanmu disini adalah untuk menjalin hubungan dan mendemonstrasikan kemampuan. Gunakan teknik yang sederhana untuk mulai membangun jalur komunikasi yang kecil, dan terus mengembangkannya hingga mendapat jalur komunikasi yang besar. Gunakan artikel terbaikmu untuk menarik lebih banyak traffik.
Saat artikelmu mendapat perhatian yang signifikan, maka cepat atau lambat blogger lain dan orang-orang akan merekomendasikannya, viral marketing akan mulai mengambil alih, yang kamu perlukan hanyalah kerja keras untuk mencapai titik tersebut. Ini beberapa cara taktik traffik tercepat dan mudah bagi blogger yang pemula. Teknik ini akan memberimu beberapa ratus pembaca baru.
Comment Marketing (pemasaran lewat komentar)
Betul, ini adalah anjuran yang umum, tapi ini cukup berhasil. Kita sudah mendiskusikan cara pintar untuk membuat komentar (berikan hal yang berharga, fokus pada blog yang mempunyai profile tinggi), sekarang yang perlu kamu lakukan adalah keluar dan lakukan.
Saat pertama mulai ngeblog aku (Yaro) mempunyai rutinitas setiap malam. Sebelum naik ketempat tidur, saat aku sudah benar-benar lelah untuk menulis apapun, maka aku berusaha setidaknya membuat 10 komentar yang berkualitas pada blog yang mempunyai tema sama. Penting untuk melakukan hal ini secara konsisten.
Forum Marketing (pemasaran lewat forum)
Seperti juga komentar, berikan beberapa hal yang berharga pada forum yang mempunyai relefansi dan tambahkan backlink pada signature untuk membawa pengunjung bagi blog. Lagi-lagi, semakin banyak waktu dan energi yang kamu investasikan bagi stabilitas dan kredibilitas di forum, semakin banyak kamu mengirimkan traffik untuk blog mu.
Satu dari sumber traffik yang pertama dan yang paling signifikan adalah, saat aku mendapat perhatian dari artikel yang kubuat pada tiga forum yang sangat populer dan mempunyai topik yang relevan dengan blog.
Aku menulis artikel yang solid tentang affiliate marketing, dengan referensi kepada blog ku, hal ini sebagai altenatif dari mempublikasikan artikel tersebut di blog. Konsekuensinya adalah sebuah diskusi dimulai pada setiap forum, setelah artikle tersebut dipublikasikan dan banyak orang yang tertarik dan mengklik untuk melihat blogku.
Word of Mouth (pemasaran lewat mulut ke mulut)
Kata-kata adalah kekuatan yang paling kuat sebagai sumber traffik. Ketika mempertimbangkan artikel apa yang akan dibuat nanti, tanyakan pada diri sendiri – apa orang mau memberitahukan tentang artikel ini pada yang lain ?
Trackback Marketing (pemasaran lewat trackback)
Teknik ini tidak sebagus dulu lagi, tapi masih bisa memberikan sedikit traffik. Kirim trackback pada artikel blog lain kapanpun memungkinkan dalam tulisan di blog. Trackback berada pada daerah komentar dan diikuti oleh artikel di blog, dan sebisa mungkin untuk menjadi yang pertama mengirimkan trackback pada blog yang popular, beberapa traffik akan datang pada blog mu saat orang mencari informasi tambahan pada topik yang sedang didiskusikan di blog yang populer tersebut.
Kamu juga bisa menarik perhatian pemilik blog saat mengirimkan trackback. Jika kamu tidak tahu apa itu trackback, isu ke 8 dari Blog Traffic Tips newsletter ku punya penjelasannya, atau cari di Google tentang bagaimana cara mengirim trackback. Kamu bisa mendaftar pada free newsletter di http://www.BlogTrafficKing.com atau cari di arsip newsletter pada Blogging Forum ku.
Blog Carnivals (pemasaran lewat blog carnivals)
Aku mendapat sukses yang besar pada tahap-tahap awal saat aku mengirimkan pillar artikel pada beberapa blog carnivals.
Blog carnivals adalah artikel pada blog yang berbentuk summary sebuah koleksi artikel dari berbagai blog yang berbeda dengan topik yang spesifik. Ide ini untuk mengumpulkan artikel-artikel terbaik pada minggu tersebut. Kebanyakan blog lain akan membuat link balik pada blog yang menjadi host di blog carnivals dan sebagai hasilnya adalah blog yang menjadi host akan menikmati hasil yaitu mendapatkan pengunjung baru.
Sumber: Blogging For Beginners and 10 Blog Traffic Tips
Kamu bisa menemukan daftar blog yang bagus di http://blogcarnival.com. Kamu juga bisa mengirimkan artikel ke carnivals melalui situs ini. Partikan untuk memilih carnivals yang relevant dengan tema blog dan kirim artikel terbaikmu jika kamu ingin mendapatkan traffik tambahan. Itu saja !
Aku bisa terus membuat daftar teknik-teknik yang mudah untuk diimplementasikan, tapi coba kita lihat kembali, kamu mungkin sudah tahu beberapa teknik diatas, tapi belum mengkonsentrasikan waktu untuk mengimplementasikan salah satu dari beberapa teknik ini agar mendapat hasil yang signifikan.
Aku tidak ingin memenuhi pikiranmu dengan ide-ide, yang aku inginkan kamu keluar dan mengimplementasikan teknik diatas dan lakukan sesering mungkin agar mendapat pengalaman sebagai hasil yang sesungguhnya. Ini tentang mengkonsentrasikan usaha. Sediakan waktu untuk melakukan beberapa teknik ini berulang kali dan akan memberimu hasil yang lebih baik dari pada melakukan semua teknik yang pernah kamu pikirkan, tapi hanya satu kali.
• Keluar setiap hari dan tinggalkan komentar pada blog-blog yang menarik.
• Berikan kontribusi pada 1-3 forum setiap hari – buat artikel penuh jika bisa.
• Setiap kali kamu menulis artikel baru pada blog kirim trackback ke blog lain.
• Kirim artikel terbaikmu ke blog carnival secara teratur – jangan hanya sekali.
Setelah selama enam bulan blog ku berjalan aku tidak melakukan apapun selain menulis artikel yang bagus dan melakukan teknik dasar pemasaran diatas. Aku setidaknya selalu melakukan salah satu dari teknik diatas setiap hari selama masa awal kehidupan blog ku.
Kamu bisa mengganti teknik ini dengan teknik manapun yang kamu miliki – buat pres release marketing, lakukan pertukaran link, pertukaran isi, menjadi penulis tamu bagi blogger lain misalnya. Lakukan pemasaran melalui MySpace.com, MyBlogLog.com, atau BlogCatalog.com, media-media sosial atau pemasaran melalui artikel – dan yang paling penting lakukan sesuatu hingga cukup untuk mendapatkan hasil.
Aku tidak mengkonsentrasikan pada semua teknik diatas lagi, karena aku sudah mempunyai audience yang cukup untuk membantuku menyebarkan kata-kata ku setiap kali aku membuat pillar artikel. Kamu kan belum – tapi nanti pasti – kamu bisa mulai membangunnya untuk menikmati keuntugan yang sama dengan blogger yang sudah pada ngetop abis..bis..bis.
Peer Relationships
Hubungan yang adil. Traffik besar pertama yang aku dapatkan adalah saat blog yang populer membuat link balik pada blog ku. Mengapa mereka membuat link balik ? karena 2 alasan:
1. Aku mengontak beberapa blogger, atau melakukan sesuatu untuk menarik perhatian sang blogger.
2. Aku membuat artikel dan membuat link yang berharga juga bagi mereka.
Traffik terbesar yang pernah aku dapat, yang juga secara efektif melipat gandakan traffik pada saat yang bersamaan, adalah dari orang yang paling kamu kenal – Darren Rowse dan blog nya Problogger.net.
Darren membuat link pada artikel series ku yang berisi detail sejarah bisnis yang pernah kujalani, sebuah artikel series yang besar dan berisi review berbagai macam bisnis yang pernah aku jalankan pada kehidupanku sebelumnya. Itu hampir dua tahun yang lalu dari saat aku menulis artikel ini, dan semenjak itu kami berbagi traffik antar blog pada setiap kesempatan.
Mengapa Darren membuat link pada artikel tersebut ? karena aku membuat kontak secara langsung padanya saat aku mengunjungi blognya. Memang sedikit membantu karena kami sama-sama orang Australia, tapi sebelumnya aku datang menyapa dulu untuk membuat kontak. Dari perkelanan tersebut Darren terus mengawasi blog ku dan ketika aku menulis sesuatu dan menurutnya akan membuat audiencenya tertarik, maka dia membuat link.
Ini kasus klasik untuk menjalin dan memperkuat hubungan yang adil. Hubungan yang adil adalah kunci untuk mengakses jalur komunikasi yang besar dan semua itu adalah tentang bagaimana mencari teman online. Blogger biasanya lebih suka membaca blog dari orang yang mereka kenal dan sukai. Jika blogmu belum pernah di baca oleh Top Blogger maka kamu belum mempunyai kesempatan untuk mendapat link darinya.
Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai hubungan yang adil. Berikut beberapa ide yang berhasil aku gunakan:
1. Kirim beberapa link sebelum kamu mengharapkan menerima link balik.
Salah satu cara terbaik untuk mendapat perhatian dari blogger lain adalah memberi sebelum menerima. Kirim link pada mereka melalui salah satu artikel dan blog mu akan tampil dalam radar. Lakukan sesering mungkin dan mereka akan memperhatikan dan semoga saja membuat link balik, terutama jika kamu mempunyai artikel yang bagus untuk di link.
2. Kirim Email untuk memperkenalkan diri
Kirim email pada blogger lain, sekedar mengucapkan hallo, jelaskan bahwa kamu menikmati blog mereka dan itu saja. Bangun pondasi dari sebuah hubungan sebelum memintanya melakukan sesuatu.
3. Kirim email pada blog yang ngetop setelah kamu mempublikasikan artikel yang benar-benar bagus.
Brian Clark, yang dikenal lewat CoppyBlogger.com, pernah mengatakan padaku dalam sebuah interview, saat pertama dia ngeblog si dia (Brian Clark) mengirimkan 30 email pada blog lain yang mempunyai tema yang sama, memberitahukan mereka tentang artikel yang dia publikasikan.Yang membantu adalah artikel Brian’s memang fantastic, tapi kamu lihat sendiri bahkan saat ini blogger yang ngetoppun harus memulai pemasaran yang proaktif.
Berhati-hatilah dengan cara yang satu ini – jangan mengharapkan blogger lain untuk merespond jika kamu mengirim email dan meminta mereka membuat link – itu mungkin saja berhasil, tapi kemungkinan besar tidak. Kamu akan mendapat hasil yang lebih baik dengan cara membangun komunikasi dengan sang bloger terlebih dahulu, dan ketika kamu membuat kontak untuk meminta link, maka itu seperti seorang teman yang meminta, bukan dari orang asing.
4. Lakukan wawancara
Teknik ini memberikan hasil yang mengagumkan. Kamu mewawancarai blogger yang ngetop dalam industrimu dan kemudian mempublikasikannya dalam bentuk artikel di blog. Pada kebanyakan kasus si blogger akan memberi link pada artikel hasil wawancara tersebut untuk membagikannya pada audiencenya sendiri, ditambah dengan cara mewawancarai tersebut maka akan membantumu untuk menjalin hubungan.
Dan yang terbaik adalah, wawancara mudah untuk dilakukan dan kebanyakan isi artikelnya adalah berasal dari orang yang diwawancarai. Ini cara yang paling mudah untuk membuat artikel yang bagus, mendapat promosi gratis dari blog yang ngetop, dan menjalin hubungan dengan blogger yang ngetop.
5. Melakukan wawancara di Podcast
Podcasting adalah teknik yang lebih menantang daripada blogging, tapi kamu akan mendapatkan hasil lebih dari semua cara diatas jika melakukan wawancara melalui podcast, ditambah kamu akan memilliki gayamu sendiri untuk didengar selama wawancara, ini dapat meningkatkan profilemu dalam dunia blog.
Jika kamu tidak tahu apa yang dimaksud dengan podcast, baca defenisinya ada pada artikel ini: Apa itu Podcast. Hampir semua peningkatan traffik yang besar berasal dari link blog yang ngetop, mereka membuat link pada salah satu pillar artikel ku. Kebanyakan blogger yang melink padaku berupa ucapan terimakasih atas hasil kerjaku dan usahaku membangun jalur komunikasi yang kecil.
Mereka mungkin menemukan blogku karena aku sering meninggalkan beberapa komentar pada blog mereka. Atau Aku mengirimkan email sekedar untuk menyapa, atau melakukan wawancara dengan mereka atau dengan blogger lain yang aku kenal. Mungkin juga karena mereka membaca artikel yang aku publikasikan melalui forum, atau mereka menemukan blog ku melalui artikel yang aku kirimkan pada blog carnival.
Kamu harus menempatkan dirimu diluar sana jika kamu ingin mendapat perhatian, dan ingat betapa pentingnya perhatian jika kamu ingin menggantungkan penghasilan melalui blogging.
Network Effects
Effek network. Keindahan dari suatu hubungan yang adil adalah effek network. Saat kau mendapat perhatian dari salah satu blogger, itu berarti bukan hanya dia yang akan menemukanmu. Seluruh networknya akan terpengaruh dan juga belajar tentang mu, dan yang lebih baik lagi kamu akan mendapat rekomendasi baik secara langsung ataupun tidak langsung.
Blogging adalah tentang membangun network. Saat seorang top blogger membuat link padamu, dan mendadak blogger-blogger lain juga akan mendengar tentang mu. Kesempatan yang akan kamu dapat adalah mungkin diantaranya ada beberapa blogger yang ngetop, dan beberapa diantaranya mungkin akan membuat link padamu suatu hari kelak.
Proses ini akan belangsung secara terus menerus dan setiap kali link dikirim dari satu blog ke blog lain, maka tanpa sadar kamu telah mendobrak network yang besar. Amin. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Start With Your Peers dan Bigger and Better Content Pillars, so ..stay tune ..jangan kemana-mana, aku akan kembali setelah yang satu ini.
Blog Profits Blueprint (8)
Ini untuk mengingatkan bagi pengunjung yang baru bahwa artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), Blog Profits Blueprint (4), Blog Profits Blueprint (5), Blog Profits Blueprint (6), dan Blog Profits Blueprint (7) yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan membicarakan mengenai:
Compound Effects
Effek kelipatan. Oke, jadi kamu ingin jadi seorang top blogger dengan traffik yang besar ? Gunakan kekuatan effek kelipatan, yaitu dengan cara mulai dari jalur komunikasi yang kecil, kemudian perbesar dengan traffik yang dimiliki sampai kamu mencapai jalur komunikasi yang semakin besar.
Yang menjadi masalah ketika pertama memulai adalah tidak ada seorangpun yang mau memberi akses pada jalur komunikasi yang besar, dan kamu mungkin belum membangunnya satupun. Andai saja kamu sekarang sudah menjadi top blogger dan mempunyai newsletter dengan ribuan subscriber kamu akan menggunakan sarana itu, dan itu berarti kamu sudah mempunyai jalur komunikasi yang besar untuk membantumu meluncurkan blog yang baru.
Kebanyakan blogger ketika baru memulai tidak mempunyai akses pada sumber traffik yang besar, biasanya akan selalu lebih susah ketika pertama kali memulai dan tidak mempunyai apapun untuk digunakan (gunakan pengetahuan ini untuk memotivasi mu bukan untuk menakuti mu, ini untuk mempermudahmu dalam membangun web asset.
Strategi yang digunakan adalah masih metode bayi melangkah, tapi lebih fokus pada memperbesar langkah setiap waktu 1+1+2+2+3 dan seterusnya, sampai suatu hari kamu menjadi hit. Tiba-tiba kamu menambahkan 100+90+70 pembaca baru setiap hari ketika kamu mendapatkan jalur komunikasi yang besar.
Itu akan mengecil lagi tentunya, tapi kamu tidak akan mundur lagi menjadi hanya menambahkan 2 atau 3 pembaca baru setiap harinya, tapi akan menjadi 5 atau 6 atau 10 karena kamu sudah membuka jalur komunikasi yang lebih besar sebagai sumber traffik yang akan terus mengalir dan mempunyai efek extra.
Saat pertama kali kamu mencapai 100 pembaca akan lebih mudah untuk mencapai beberapa ratus berikutnya. Setiap kali kamu mencapai sumber traffik yang besar kamu menambahkan sejumlah pembaca baru dari audience awal, membuatnya semakin mudah untuk mencapai sumber traffik yang lebih besar lagi.
Ini adalah hasil dari efek kelipatan yang bisa diaplikasikan juga pada cara memasarkan blog seperti halnya effek ini diaplikasikan pada saat menyimpan uang di bank. Untuk melipat gandakan traffik kamu harus menarik perhatian dari berbagai jalur komunikasi, dimulai dengan sumber yang kecil, kemudian kamu tingkatkan untuk mendapat traffik yang lebih besar lagi.
Think Big Picture, Work Little Picture
Berpikir global bertindak lokal. Kunci untuk mendapatkan akses ke jalur komunikasi yang besar adalah dengan memanfaatkan sebaik mungkin jalur komunikasi yang kecil. Blog traffik adalah tentang membangun kesuksessan tahap demi tahap. Kamu harus sabar dan konsisten, dan ingat sukses hanya masalah waktu.
Mari fokus pada apa yang perlu kamu lakukan sekarang. Ini adalah hal yang harus segera kamu lakukan:
1. Buat blog dan mulailah mengisinya dengan artikel pillar yang bagus (mungkin kamu sudah membuat blog, jika belum buatlah segera !)
2. Promosikan blog pada berbagai jalur komunikasi yang kecil.
Apa yang kamu lakukan sekarang ini adalah membuat sesuatu yang berharga dulu dan mulai membangun traffik. Sampai pada suatu saat nanti, sesuatu yang menyenangkan akan terjadi. Situs yang besar, blog, newspaper atau magazine akan membuat link pada blogmu. Mungkin wartawan akan menginterviewmu, e-zine mempublikasikan tulisanmu, atau kamu akan menjadi bintang tamu di podcast yang populer.
Apapun yang terjadi kamu harus bangkit, kamu hanya akan bangkit jika kamu berusaha untuk bangkit. Itu adalah harga dari apa yang kamu berikan pada blog mu, artikel pillar. Setelah mendapat kesempatan untuk diexpose kamu akan menyadari bahwa akan lebih mudah dan akan lebih mudah lagi untuk mendapat traffik yang lebih besar dan jalur komunikasi yang lebih besar.
Ini masih membutuhkan banyak kerja keras dan kamu perlu terus mendemonstrasikan kemampuanmu, tapi setiap kali kamu mendapatkan pembaca baru maka untuk mendapatkan pembaca lagi menjadi semakin mudah, karena efek dari promosi mulut ke mulut dan jaringan. Tidak ada jalan yang pasti untuk mencapai hasil dalam dunia blogging.
Beberapa blogger bisa menjadi kaya mendadak hanya dalam beberapa minggu, saat merelease pillar artikel yan hebat dan mendapat perhatian dari blog yang populer, dan langsung ikut menjadi populer.
Sayangnya skenario ini jarang terjadi, kebanyakan blogger harus bekerja keras dan konsisten. Inilah mengapa begitu penting artinya untuk sekedar merayakan traffik yang berkembang perlahan, dan berharap suatu hari nanti akan menemukan keberuntungan, itu hanya masalah waktu.
Blog Profits Blueprint (7)
Lagi-lagi untuk mengingatkan artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), Blog Profits Blueprint (4), Blog Profits Blueprint (5), dan Blog Profits Blueprint (6) yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan membicarakan jalur komunikasi dan kekuatan dari pengaruh.
Communication Channels
Jalur komunikasi. Sepeti yang pernah aku jelaskan ada beberapa format untuk mempraktekkan cara membuat artikel pillar, sekarang aku akan melakukan hal yang sama dalam hal taktik pemasaran. Sebelum aku membuat daftar aktivitas yang aku lakukan untuk membangun traffik bagi blog ku, kamu perlu mengerti mengenai dua kategori yang aku gunakan untuk menjelaskan mengapa teknik yang satu bekerja dengan baik sedangkan yang lain tidak.
Traffic Streams
Traffic Rivers
Blog comments
Digg front page
Forum comments
Del.icio.us popular page
Trackbacks
Top blog links to your blog
Blog carnivals
Popular newsletter features your blog
Article marketing
Newspaper/Magazine coverage
Sepeti yang pernah aku jelaskan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang membangun jalur komunikasi dan secara sederhananya aku kategorikan kedalam dua grup, kecil dan besar atau saluran dan sungai.
Sebagai contoh jalur komunikasi yang kecil adalah membuat komentar di blog lain, membuat postingan di forum, mengupload artikel pada artikel direktori seperti Ezinearticles.com, mensubmit blo pada blog carnivals, melakukan link exchange dan mensubmit ke direktori. Semua teknik ini mungkin menghasilkan traffik yang bagus, namun rata-rata dan pada kebanyakan orang mereka tidak mendapatkan hasil yang signifikan.
Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan menggunakan teknik yang mudah ini dengan melakukannya terus-menerus dan melakukannya setiap hari. Ini seperti melakukan penambahan 1+1+1 dan seterusnya setiap hari, metodelogi cara bayi melangkah.
Tidak ada salahnya dengan langkah bayi untuk mencapai sukses melalui blog, tapi itu lambat dan kamu harus kerja keras. Aku tahu ini karena aku membangun blog mengunakan pondasi saluran kecil untuk trKamu akan belajar banyak, tapi juga membuat frustasi karena membutuhkan waktu yang sangat lama unmembangun traffik yang signifikan.
Apa yang membuat aku bersemangat adalah suatu ketika dalam saluran kecilku itu membawaku kepada sungai traffik yang lebih besar, ledakan traffik dalam waktu yang singkat saat aku membuka jalur komunikasi yang besar.
Sungai traffik yang besar datang dari saat seorang blogger yang populer memperkenalkan blogmu, atau saat kamu blogmu berada pada halalman depan situs Digg atau Del.ice.us, atau saat kamu diinterview di TV atau radio untuk membicarakan mengenai blogmu. Orang yang mempunyai email newsletter yang luas merekomendasikan blogmu, atau situs yang populer mereferensikan artikel mu dan menghasilkan traffik yang besar. Ada banyak sumber untuk memperkenalkan diri, jalur komuniskasi yang besar, sungai.
Masalah utama kabanyakan blogger saat mereka memulai adalah tidak mempunyai jalur komunikasi yang besar. Orang yang memiliki status sebagai selebritis mempunyai akses ke jalur komunikasi yang besar sesaat setelah mereka mulai ngeblog. Itulah sebabnya mengapa kamu akan selalu mendengarnya saat seorang selebritis mulai ngeblog, hal itu sendiri adalah sebuah berita.
Kamu bisa membeli jalur komunikasi yang besar dengan cara menggunakan uang untuk membayar iklan atau publisitas. Ada cara yang lebih pintar untuk mendapat publisitas tanpa harus menggunakan uang (memasarkan dengan cara bergerilya) itu bisa menghasilkan hit dan kehilangan aktivitas.
Aku akan beramsusi bahwa kamu belum populer dan tidak mempunyai uang untuk membeli traffik bagi blog, jadi kamu perlu membangun jalur komunikasi yang kecil dan bekerja untuk membangun jalur komunikasi yang lebih besar.
The Power of Leverage
Kekuatan pengaruh. Jika kamu mempunyai 100 pembaca perhari dan mempublikasikan artikel yang bagus, hanya 100 orang yang tahu tentang artikel tersebut. Jika kamu beruntung salah satu dari 100 orang tersebut mempunyai blog yang populer, atau mempunyai email newsletter dengan 5000 subssciber dan memutuskan untuk membuat link pada artikel mu itu, lalu bang !! kamu menjadi mendapat jalur komunikasi yang besar dan membangun audience yang signifikan.
Saat kamu mencapai 1.000 pembaca maka kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk membangun jalur komunikasi yang lebih besar lagi, karena kamu memang sudah mempunyai jalur yang cukup besar. Itulah mengapa blog yang besar akan lebih cepat berkembang, mereka mempunyai jalur melalui pembaca setianya.
Saat kamu sudah mempunyai 5.000 pembaca setiap hari dan membuat pillar artikel yang bagus, 5.000 orang akan menjadi jalur kamunikasi yang besar dan jalur komunikasi yang kecil bagimu, membawa lebih banyak pengunjung.
Mungkin dengan cara menulis tentang artikel yang kamu buat di blog mereka sendiri, atau membuat link yang merujuk pada artikel tersebut di forum, berbicara mengenai engkou kepada temannya. Secara efektif audience mu adalah pasar mu, hal itulah mengapa blog yang besar hanya perlu sedikit proaktif dalam hal pemasaran dan terus memfokuskan diri pada membuat artikel yang bagus.
Blog yang populer mempunyai perhatian pada blog populer lainnya dan mereka saling link, berbagi kejayaan dan traffik. Blogger yang kaya akan semakin kaya. Blog yang ngetop juga mendapat keuntungan dari pembaca yang membookmark blog pada situs seperti Digg dan Del.ice.us, semua biasanya dilakukan oleh pembaca setianya.
Jika kamu mempunyai 10.000 pembaca maka akan lebih mudah untuk memicu beberapa ratus diggs agar bisa berada pada halaman depan pada situs Digg hanya melalui pembacanya. Tidak diragukan lagi banyak artikel yang bagus tidak pernah muncul Digg karena dipublikasikan oleh blogger yang tidak cukup ngetop, sementara artikel yang biasa saja bisa sampai kehalaman depan Digg hanya karena artikel tersebut di publikasikan oleh blogger yang ngetop. (Dunia memang kejam Bung !!).
Sebelum kamu uring-uringan dan uring beneran karena tidak pernah mencapai 5.000 pengunjung perhari, atau bahkan 1.000 pengunjung perhari, ingatlah bahwa setiap blog yang ngetop dimulai dengan tanpa pembaca.
Kita semua memulai dari tempat yang sama, pada saat mulai ngeblog dengan angka 0 besar di traffik stat conter (atau angka 1 karena mungkin kamu membaca blog mu sendiri).
Tujuanmu adalah untuk menjadi blogger yang ngetop seperti blogger lain yang sudah ngetop, agar kamu juga bisa menikmati kejayaan, kakayaan, dan kenikmatan seperti yang sudah disebutkan diatas.
Yang terbaik adalah, jika kamu sudah sampai disana (ngetop) kamu tinggal memfokuskan energi untuk membuat artikel yang bagus dari pada menghabiskannya untuk memasarkan blog karena kamu sudah mempunyai penggemar sendiri yang akan menyebarkan kata-kata mu dan untuk mu.
Pada bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai Compound Effects dan Think Big Picture, Work Little Picture.
Blog Profits Blueprint (6)
Sekedar mengingatkan bahwasanya artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), Blog Profits Blueprint (4), dan Blog Profits Blueprint (5) yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan membicarakan teknik-teknik memasarkan blog.
How To Market Your Blog
Bagaimana cara memasarkan blog. Saat sudah membuat artikel pillar dan sudah menyusun rencana untuk terus menulis artikel-artikel sejenis, langkah selanjutnya adalah mengambil bila perlu merampok perhatian orang-orang, dan menunjukkan pada mereka betapa mengagumkan artikel tersebut. Saat inillah pemasaran sangat penting, dan seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya, pemasaran blog adalah tentang bagaimana cara membangun jalur komunikasi bagi blog.
Jalur komunikasi (communication channel) adalah cara untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka malakukan sesuatu, biasanya adalah mengklik link dan mengunjungi blog. Ada banyak taktik yang bisa digunakan untuk membangun jalur komunikasi, dari yang tercepat, mudah, sampai yang rumit dan membutuhkan banyak energi dan waktu.
Mungkin kamu pernah mendengar pepatah mengatakan kamu akan mendapat apa yang kamu bayar (you get what you pay for). Pepatah seperti ini akan benar-benar terbukti dalam hal cara memasarkan blog. Hal-hal yang mudah dilakukan tidak akan memberikan efek yang dahsyat. Hal-hal yang membutuhkan waktu dan ketekunan, umumnya akan mendapatkan hasil yang lebih baik bagi traffik. Berikut contoh kasusnya: buat komentar di blog lain.
Kita semua tahu dengan cara meninggalkan komentar di blog lain akan memancing perhatian orang untuk mengunjungi blog. Setiap komentar yang kita buat meninggalkan link balik (backlink) pada blog. Yang kita butuhkan hanyalah beberapa detik atau menit, menuliskan satu atau dua baris kata, dan ta..da…, kamu mendapatkan jalur komunikasi yang pertama.
Itu adalah taktik yang paling mudah dan konsekuensinya banyak orang melakukannya. Komentar ada dimana-mana dan itu merupakan bagian yang terintegrasi dalam fenomena blogging, komentar adalah cara pemasaran yang kurang efektif. Komentar hanya bisa memberikan sedikit traffik. Ada cara yang lebih baik untuk membuat komentar menjadi jalur komunikasi yang efektif.
Sebagai contoh, sediakan waktu untuk setiap komentar yang dibuat maka kamu akan memberi nilai tambah dalam percakapan, fokus pada komentar yang panjang dan pada blog-blog yang menjadi kunci, dan gunakan komentar sebagai sarana untuk membangun hubungan dengan high profile blogger (blogger yang ngetop).
Teknik ini untuk memperluas jalur komunikasi dari jalur yang kecil menjadi jalur yang lebih besar, akan tetapi nantinya komentar-komentar seperti ini saja belum cukup. Tulis sekitar 30 halaman berupa laporan dan tempatkan pada blog, kemudian kirim email pada blogger lain agar mereka tahu tentang laporan tersebut.
Teknik yang lebih rumit tersebut membutuhkan waktu untuk membuat laporan yang komprehensif, mempublikasikannya di blog, mengirimkan email kepada blogger lain dan meminta mereka untuk melihatnya. Hasilnya akan sangat bervariasi, tapi jika semua berjalan lancar maka akan banyak blogger yang akan membuat link dan merekomendasikan laporan tersebut, ini akan mengirimkan banyak pembaca. Jika kamu mempunyai artikel pillar diblog, kamu akan mengubah pengunjung pertama menjadi pengunjung tetap, dan bang !! pengikut setia.
Aku menganjurkan menggunakan jalur komunikasi yang signifikan dan terarah ini. Ini seperti membuat sungai yang besar daripada membuat saluran yang kecil. Teknik pemasaran blog yang kuat akan terus memberikan traffik selama berbulan-bulan bahkan sampai ke tahun-tahun yang akan datang. Jika kamu ingin melihat contoh lebih jelas mengenai teknik ini lihat ebook (Blog Profits Blueprint) atau tulisan yang aku (Jewel) buat ini. Patikan untuk memberi tahukan pada teman-teman dan buat artikel untuk merekomendasikannya pada pembacamu. Ntar tak kasih link balik !!
Time vs. Reward
Waktu versus penghargaan. Perbedaan antara taktik yang satu dengan taktik yang lain adalah berapa banyak waktu dan energi yang dibutuhkan untuk melakukan dan menikmati hasilnya. Teknik yang mudah seperti batere yang lemah, maka banyak orang yang melakukannya, dan hasilnya tentu saja hanya sedikit.
Teknik seperti tag dan ping (suatu proses yang memberitahukan website lain bahwa kamu mengupdate isi blog), dahulu adalah teknik yang cukup powefull, namun semenjak hal itu mudah untuk dilakukan, maka banyak blogger yang melakukannya dan hasilnya tentu saja tidak sehebat dulu.
Jika sesuatu membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukannya, dan membutuhkan investasi dan sumberdaya yang signifikan, maka hanya sedikit orang yang mau melakukannya. Dan tentu saja ada hubungan antara kualitas dan usaha. Pada banyak situasi, sesuatu yang kamu lakukan selama satu minggu akan lebih baik jika kamu melakukannya hanya sehari. Ini membingungkan memang, tapi ini adalah hal yang penting untuk diperhatikan karena …..
Most People Are Lazy
Kebanyakan orang adalah pemalas. Kebanyakan blogger itu pemalas. Ebook (blog profits blueprint) yang sedang kamu baca ini akan terus bersikulasi ke ribuan blogger. Orang akan mengerti argumentasi ini “jika kamu menambahkan usaha dalam sesuatu yang kamu kerjakan, kamu akan mendapat hasil yang memuaskan”. Dan nantinya mereka akan kembali meluangkan waktu mengerjakan aktivitas seperti biasanya yang hanya berdampak kecil, karena hal itu mudah untuk dilakukan.
Orang yang membaca ebook (blog profits blueprint) ini akan mengerti betapa pentingnya artikel pillar, dan mempelajari semua jenis dan ide-ide pemasaran, akan terinspirasi serta termotivasi untuk menjadikan proffesional blogging sebagai tiket untuk mencapai hidup yang lebih baik. Nantinya, bahkan dengan kesadaran baru ini mereka akan meluangkan waktu untuk membaca blog dan website lain, menonton televisi, dan mengeluh betapa mereka membenci pekerjaannya saat ini.
Orang-orang seperti ini, suka mengeluh dan semakin lama semakin sering mengeluh, tidak ada yang bisa dipersalahkan pada situasi yang mereka hadapi selain diri mereka sendiri. Bagaimana mereka hidup saat ini adalah hasil dari pilihan yang mereka buat dimasa lalu, dan bagaimana mereka akan hidup dimasa depan akan ditentukan oleh apa yang mereka perbuat hari ini. Jika kamu melakukan sesuatu secara terus menerus, maka kamu akan mendapatkan hasil yang sama.
Adalah menjadi tanggung jawab mu sendiri jika kamu dan tidak ingin menjadi orang-orang seperti itu. Singkirkan sifat malas, jangan jadi orang yang terperangkap secara psikologis, fokus pada ide yang powerfull, ambil tindakan, tapi jangan asal bertindak atau bertindak asal, aksi akan seimbang dengan hasil.
Jika tujuanmu untuk mencari uang melalui blog, maka bukankah masuk akal jika kamu menulis satu pillar artikel setiap hari dan luangkan waktu untuk memasarkan blog setiap hari ? Itu hanyalah dua macam aksi yang harus kamu perhatikan jika kamu benar-benar ingin mendapat keuntungan dari blog, dan kamu harus segera melakukannya.
Blog Profits Blueprint (5)
Bosan nih ngingetin terus bahwa artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2), Blog Profits Blueprint (3), dan Blog Profits Blueprint (4), yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Abis mau bagaimana lagi, ini agar supaya yang mana daripada nantinya mudah untuk mengerti bagi orang yang tidak tahu asal usul tulisan ini.
What Is A Pillar?
Apa yang dimaksud dengan pillar ? Pillar sebuah blog adalah isi, biasanya adalah artikel atau tulisan, yang melakukan beberapa hal yang sangat penting yaitu:
• Membawa atau mendatangkan pengunjung baru dan link balik (backlinks) dari blog lain.
• Akan terus membawa pengunjung baru dari waktu ke waktu ini disebabkan oleh pengunjung yang pernah datang dan merekomendasikannya kepada pengunjung lain, sekalipun tulisan atau artikel tersebut sudah jauh berada dibagian bawah dari arsip kita di blog.
• Membawa traffik dari search engine (ini akan sangat besar kemungkinannya jika banyak blog lain yang melink).
• Kamu bisa menempatkannya pada area yang terpisah (halaman khusus) yang berisi semua artikel pillarmu yang terbaik agar mudah diakses dan manfaatnya bisa menjadi benar-benar terasa.
• Tidak terbatas waktu, jadi sekalipun sudah ditulis 12 bulan yang lalu isinya masih tetap relevan.
How Do You Create A Pillar?
Bagaimana cara membuat pillar ? Tidak ada formula yang pasti untuk menghasilkan sebuah artikel yang bisa dijadikan pillar, akan tetapi ada beberapa defenisi yang menjadi karakteristik kunci yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah pillar.
Kamu mungkin akan terkejut ketika sebuah artikel menjadi pillar sedang kamu tidak mengharapkannya, atau malah sebaliknya ketika kamu berpikir bahwa artikel tersebut dikira bagus ternyata tidak banyak mendatangkan traffik.
Berikut ini beberapa konsep tipikal untuk membuat sebuah artikel pillar pada blog:
1. “How-To” – atau tutorial artikel. Artikel ini adalah konsep tercepat untuk membuat artikel pillar. Pikirkan tentang industri yang kamu geluti dan tulis sesuatu untuk mengajarkan kepada pembaca bagaimana cara melakukan sesuatu.
Pastikan hanya menulis artikel tutorial mengenai hal yang benar-benar kamu pahami dan kamu mempunyai pengalaman didalamnya. Beberapa contoh misalnya:
• Jika kamu seorang konsultan pemasaran, tulislah beberapa petunjuk mengenai bagaiman cara memasarkan suatu produk atau bisnis tanpa menggunakan uang.
• Jika blog kamu tentang anjing atau hewan peliharaan, tulislah mengenai bagaimana cara mencari dan memilih nama untuk hewan peliharaan.
• Jika blog tentang bagaimana cara membuat buku, tulis tentang bagaimana cara mencari dan menawarkan buku tersebut kepada penerbit.
• Jika blog tentang makanan, tulis bagaimana cara mencari resep-resep yang populer.
• Jika blog tentang kehidupan, tulis tentang bagaiman cara mengembangkan hidup berdasarkan pengalaman yang pernah dialami. (misalnya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan, mendapatkan pacar, dan lain-lain).
Ini seharusnya menjadi alasan yang sangat mendasar untuk menulis tutorial yang sangat populer dan berhubungan dengan pembacamu dan yang mana kamu merasa mampu untuk menjelaskannya dengan baik. Ingat juga untuk menceritakan pengalaman pribadi jika bisa.
2. Definisi – Banyak industri mempunya konsep kunci yang ingin diketahui oleh pembaca. Jika konsep tersebut terlalu kompleks, buat artikel yang mendeiinisikannya, jelaskan secara gamblang dan cara mengimplementasikannya.
Kelihatannya mudah dan sederhana bagimu, tapi ingat kamu bisa menjadi ahli dibidangmu, jadi jelaskan kepada yang masih awam secara sederhana dan tentu ceritakan pengalaman pribadimu jika memungkinkan.
Sebuah halaman kamus defenisi adalah sebuah artikel pillar yang bagus. Jika itu berisi konsep kunci dalam industri yang kamu geluti, tulis artikel yang berisi daftar konsep dan buat satu paragraph untuk setiap defenisi. Halaman sumber seperti ini sangat bagus sebagai sumber referensi dan akan direkomendasikan oleh blogger lain.
Kamu mungkin akan berkata mengapa harus repot-repot melakukan hal ini, jika halaman seperti itu bisa ditemukan di website lain seperti Wikipedia ? Tidak mengapa memang untuk membuat link sebagai sumber referensi dari suatu defenisi, terutama dalam kondisi ketika akan menjelaskan sesuatu, tapi akan lebih baik jika kamu menuliskan defenisimu sendiri.
Itu akan membuat pembaca tetap berada di blog, dan meningkatkan pageviews (jumlah total halaman yan dibaca oleh pengunjung) dan lama kunjungan (visitor length).
Kamu bisa menggambarkan konsep dengan kata-kata sendiri, menggunakan cara dan kisah yang unik. Ini akan membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan. Menggunakan versi dan defenisi sendiri adalah cara yang paling pintar jika memang kamu mampu untuk menjelaskan konsep tersebut, daripada membuat link ke blog lain dan menghilangkan traffik dari blogmu.
3. Menjelaskan teori dan argumentasi – Jika blog kamu berisi hal-hal yang berbau politik, buat artikel yang mendiskusikan teori tentang suatu paham politik, misalnya komunisme, kapitalisme, liberallisme, dan isme-isme yang lain. Hal yang terpenting adalah mempresentasikan sebuah pemikiran yang unik. Berikan sebagian besar opinimu pada industri yang digeluti, atau pada topik yang kamu kira akan diminati oleh pembaca.
Cobalah untuk tidak sekedar membahas atau menuliskan apa yang sudah ditulis oleh orang lain dan presentasikan argumentasimu sendiri. Stimulasikan percakapan, mungking sedikit kontroversi, tentang topik yang sering didiskusikan dan tidak terbatas oleh waktu dan akan membawa traffik bagi blog.
4. Buat sebuah sumber semacam laporan, whitepaper atau kursus elektronik – Ini adalah salah satu yang menjadi favorite ku (Yaro Starak) untuk membuat sebuah pillar. Sebuah dokumen seperti sebuah Whitepaper (halaman singkat, 2-10 halaman, yang mengajarkan sesuatu) atau artikel serial yang dikombinasikan untuk membuat semaacam kursus, ini adalah pillar yang fantastik.
Ada beberapa pilihan untuk membuat pillar semacam ini:
• Membuat file PDF yang bisa didownload oleh pembaca, seperti yang sedang kamu baca saat ini (ebook Blog Profits Blueprint). Keuntungan dari metode ini adalah file tersebut mudah untuk didistribusikan dan dibagikan (misalnya lewat email) dan kamu akan mendapat keuntungan melalui efek sistem viral marketing, terutama jika laporan tersebut benar-benar berkualitas.
• Berupa kumpulan artikel dari beberapa tulisan atau beberapa blog dan di interlink satu dengan yang lain. Kamu juga bisa menandainya sebagai serie terpisah pada arsip atau halaman khusus.
Jika kamu mengunjungi bagian artikel pada blog ku (..) dibawah bagian “Free Reports” heading, kamu akan melihat contoh dari laporan yang berupa file PDF dari Brian Clark sendiri dan menempatkannya pada satu file, yang mana ini merupakan contoh yang bagus untuk dijadikan contoh sebuah pillar yang berbentuk sumber.
Jika kamu belum bisa memutuskan metode terbaik untuk mendistribusikan sumber gratisan mu itu, saranku adalah menawarkannya menggunakan sebanyak mungkin cara dan kepada sebanyak mungkin orang. Buat file PDF tersebut bisa di download, publikasikan artike terrsendiri dan buatlah artikel tersebut tersedia bagi yang berlangganan melalui email.
Itu caramu untuk memaksimalkan dalam upaya memperkenalkan diri dan mencari calon pengungjung pada kalangan yang lebih luas. Hal yang terpenting mengenai konsep ini adalah membuat solusi secara semua dalam satu (all in one) dan lengkap untuk masalah yang bersifat umum.
Sejenis dengan artikel tutorial (how-to), sumber gratis (free resource) adalah konsep untuk membuat pillar yang powerfull karena mendemonstrasikan keahlian mu dan akan membawa traffik yang konsisten.
5. Salah satu konsep yang paling populer untuk membuat pillar adalah daftar artikel. – kamu mungkin melihat banyak artikel seperti ini di blog lain. Biasanya dimulai dengan judul “7 Cara Untuk …(7 Way To…)” atau “10 Tip untuk meningkatkan …(10 Tips To Improve…)”, dan lain-lain. Artikel-artikel seperti ini cukup efektif untuk dijadikan pillar karena …
1. Daftar artikel seperti ini mudah untuk di diggest oleh orang. Sudah teruji dan terbukti bahwa artikel dengan 300-700 kata dengan banyak point atau bullets dan numbering dan dengan judul yang menarik adalah pemancing traffik. Dalam kasus ini adalah dengan maksud agar mudah dikonsumsi dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk membaca dan memperhatikannya, karena kebanyakan netter tidak ingin berlama-lama membaca.
2. Daftar seperti ini memberikan pelajaran secara langsung untuk melakukan sesuatu dan orang-orang suka berbagi daftar-dafttar seperti ini satu dengan yang lain. Konsekuensinya adalah artikel tersebut akan mendapat link dari blogger lain, dan diindex pada situs-situs sosial bookmarking yang nantinya akan mendatangkan traffik. Untuk membuat pillar seperti ini ada beberapa konsep yang harus diperhatikan yaitu: tidak terbatas waktu, isi bersifat orisinil, bersifat memecahkan masalah, dan tentunya mempunyai hubungan dengan tema blog, kebanyakan daftar seperti ini akan menjadi pillar.
Tapi kita juga hendaknya berhati-hati dalam membuat daftar seperti ini, perhatikan juga agar sesuai dengan topik dan menggunakan konsep yang mudah bagi semua orang. Seperti biasa sertakan pula pengalaman, dan gaya pribadi, semakin unik daftar yang dibuat maka akan semakin baik.
6. Technical Blueprint – Technical Blueprint sangat mirip dengan How-to atau Whitepaper, tapi lebih terfokus pada aspek teknik dari sebuah permasalahan. Blogger yang memfokuskan diri pada bidang teknologi sangat tepat jika menggunakan pillar seperti ini karena mereka menyukai menggunakan graphic, spreadsheet dan gambar untuk mendemonstrasikan bagaimana melakukan sesuatu.
Sebuah technical blueprint berisi cara melakukan sesuatu secara langkah demi langkah, mendemonstrasikan secara visual cara melakukan sesuatu dari awal hingga akhir. Gambar lebih bisa menghidupkan cerita daripada sekedar kata-kata.
Programmer dan Designer biasanya menggunakan gaya ini dalam membuat artikel di blog mereka untuk menerangkan bagaimana cara mereka membuat kode untuk blog, cara mendesign gambar menggunakan Photoshop, cara membuat kode dari suatu software, atau aktivitas sederhana seperti bagaimana cara melampirkan file pada email.
Kamu bisa mengaplikasikan prinsip ini hampir pada semua jenis industri yang digeluti dari hal-hal yang bersifat umum hingga hal-hal yang bersifat sangat rumit untuk dimengerti. Dalam kasus ini adalah lebih bersifat imajinasi dari pada menceritakan sebuah kisah.
Secara pribadi aku merasakan bahwa lebih mudah menjelaskan sesuatu menggunakan kata-kata dari pada menggunakan screenshot atau photographi, tapi mungkin hal ini tidak sama bagimu. Jika kamu mempunyai akses pada sumber-sumber yang perlukan, mambuat artikel dengan gaya blueprint untuk mendemonstrasikan sesuatu dengan lebih jelas adalah konsep pillar yang sempurna.
Itulah beberap konsep dasar untuk membuat pillar yang powerfull yang bisa kamu aplikasikan dalam membuat artikel dan mengujinya. Jika kamu menulis artikel setiap hari menggunakan salah satu dari konsep diatas, maka kamu akan mempunyai pondasi yang solid untuk menjadi sebuah blog yang sukses.
Hal yang perlu kamu lakukan adalah menggabungkannya dengan teknik pemasaran (marketing) yang efektif. Selanjutnya kita akan membahas mengenai How To Market Your Blog…
Blog Profits Blueprint (4)
Seperti biasa aku hanya mengingatkan bahwa artikel ini adalah lanjutan dari artikel Blog Profits Blueprint (1), Blog Profits Blueprint (2) dan Blog Profits Blueprint (3), yang merupakan terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara memilih topik, taktik, dan cara mendapatkan traffik.
How To Choose Your Blog Topic – Passions Vs. Profits
Bagaimana memilih topik – Hasrat versus keuntungan. Banyak petunjuk yang bisa kamu dapat diluar sana tentang bagaimana cara memilih topik yang tepat. Beberapa akan mengatakan untuk fokus pada hanya topik yang membawa pada keuntungan. Mereka akan mengatakan carilah topik, yang mana pada topik tersebut banyak orang akan rela mengeluarkan uang disitu, tapi topik tersebut masih jarang digunakan oleh blogger lain.
Yang lainnya akan berkata uang bukanlah masalah, yang penting adalah seberapa peduli kamu tentang topik itu. Jika kamu fokus pada hasrat, hal yang membuatmu merasa senang dan kamu tahu benar tentang itu, maka membuat tulisan yang bagus akan menjadi mudah dan motivasimu akan menjadi kuat.
Aku (Yaro Starak) tidak mempunyai nasihat yang spesifik atau metodologi yang lebih baik. Menurut ku sebaiknya kamu pertimbangkan kedua aspek tersebut, dengan menekankan pada topik yang benar-benar kamu perduli dan mempunyai potensi untuk menghasilkan uang dari topik tersebut.
Setiap orang berbeda, beberapa akan termotivasi karena proses, bukan karena topik. Dan orang seperti ini bisa membuat blog dengan topik yang tidak terlalu mereka perdulikan, itu karena keuntungan yang mereka dapatkan dari proses yang mereka lakukan, dan selama mereka tetap melakukannya.
Tapi hal seperti itu bukan untukku (Yaro Starak). Aku hanya memilih topik yang aku sukai, tapi bukan berarti aku tidak menulis tentang hal yang bisa mendatangkan keuntungan. Kapanpun kamu melakukan promosi dari suatu program affilias, misalnya, membuat review dari suatu produk dan motivasimu yang terbesar adalah komisi, nantinya kamu akan menyadari bahwa penting juga untuk memberikan hal yang berharga pada pembaca.
Hal ini yang merupakan perlambang dalam membedakan professional blogging antara menulis untuk keinginan atau menulis untuk keuntungan. Ini bukan antara jahat dan baik dan yang bisa kamu lakukan adalah pilih mana yang cocok untukmu dan kamu merasa nyaman dengannya.
Konsisten adalah komponen kunci untuk suksesnya blog dan aku menganjurkan untuk melupakan dulu mengenai keuntungan pada tahap-tahap awal, biasanya beberapa bulan bahkan 6 bulan pertama bila perlu, dan fokus pada memberikan sesuatu yang berharga. Inilah alasan mengapa memilih topik yang bisa membuatmu duduk dan menulis sesuatu setiap hari tanpa mendapat apa-apa (tanyakan pada diri sendiri mampukah aku menulis setiap hari pada topik yang dipilih ?).
Sementara dilain pihak, engko ndak pingin selama 12 bulan mendapatkan hasil hanya beberapa sen perhari. Ini juga hal yang penting, dan akhirnya pertimbangkan tipe pembaca yang hendak dicari perhatiannya, apa mereka mau jika disuruh membeli sesuatu, apa kamu bisa menjual sesuatu pada mereka, cari sponsor yang mau membayar dengan cara mengiklankan produk pada pembacamu.
Aku lebih condong percaya bahwa selama kamu mendapatkan traffik, kamu bisa menghasilkan uang, tapi jika kamu melakukan strategi ini dan bersiap untuk nantinya, sedikit penelitian akan membantu agar tidak membuang waktu. Senikmat rasa membangun komunitas, kami disini juga untuk mencari uang Bung !!, dan nggak nikmat lagi rasanya jika kamu tidak efektif mengkomersilkan pembacamu.
Kuncinya adalah memahami pembacamu, motivasi mereka, hasrat dan kebiasaannya. Jika kamu menyukai topik yang kamu pilih, kamu berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengerti pembacamu karena kamu bersama orang-orang yang mempunyai minat yang sama. Kamu tahu apa yang kamu suka, apa yang ingin dibeli, dan karena itulah pembacamu akan menikmatinya dan membeli (semoga).
Jika kamu seorang pemasar yang bagus kamu tidak perlu benar-benar menyukai pasar untuk memahaminya, namun untuk kebanyakan orang aku sarankan untuk memilih topik yang bisa membuatmu enjoy. Ini akan melingkupi 2 syarat kunci untuk menjadi blogger yang sukses, yaitu membuat tulisan yang bagus dan mengkomersilkannya. Hal itu akan menjadi lebih mudah jika kamu perduli dengan topik dan mempunyai traffik atau pembaca.
Let’s Talk Tactics
Mari bicara taktik. Sampai pada tahap ini aku telah banyak memjelaskan tentang strategi untuk mengkomersilkan blog. Memberikan pandangan dan mindset yang benar, itu diperlukan untuk memahami bagaimana sesuatu bisa berhasil dalam professional blogging. Kamu mungkin, bertanya-tanya bagaimana semua itu bisa digabungkan dalam aktivitas yang sesugguhnya, dan mewujudkannya menjadi jalan menuju keuntungan melalui blogging.
Mari kita lakukan rekapitulasi. Kita tahu bahwa blog seperti majalah, dan kita bisa mulai menghasilkan uang setelah kita mendapat perhatian dan menjual perhatian tersebut. Kita tahu bahwa traffik dan tulisan yang bagus adalah kunci untuk sukses dalam blogging, tulisan yang bagus yaitu menggunakan kata-kata yang membuat pembaca merasakan perubahan kearah yang lebih baik dalam hidupnya, dan traffik adalah pemasaran.
Kita juga menyadari pentingnya memilih topik yang tepat, yaitu topik yang membuat kita senang menulisnya tapi kita juga menghasilkan uang darinya. Mencari topik yang tepat adalah latihan dalam menuangkan ide, refleksi diri dan penelitian secara online.
Jika kamu melihat kembali mengenai hobby, hasrat, hal-hal yang sering kamu lakukan minggu demi minggu, hal-hal yang pernah kamu pelajari, pengalaman hidup yang pernah kamu alami, maka seharusnya kamu bisa mendapatkan topik yang sesuai dengan hasratmu.
Pernahkah kamu jalan-jalan kesuatu tempat ? apa kamu tergabung dalam suatu club ? pekerjaan apa yang pernah kamu dapatkan dan kamu menguasasi betul dalam pekerjaan tersebut ? hal-hal baru tentang apa yang ingin kamu pelajari ? perrtanyaan-pertanyaan ini seharusnya bisa membuat kamu menemukan topik yang akan kamu jadikan tema dari blog.
Jika kamu sudah membuat daftar mengenai hasratmu tersebut, tapi belum cukup untuk menemukan topik yang menurutmu paling tepat maka kamu bisa melakukan penelitian secara online.
Telusuri toko-toko online seperti Amazon, eBay, disana kamu akan menemukan milyaran produk yang bisa kamu jadikan topik dan menghasilkan uang. Karena kamu bisa menjual produk tersebut melalui program affiliasi. Coba juga Google produk search atau yang biasa disebut Froogle, atau kamu bisa mencoba Yahoo Shooping.
Luangkan waktu untuk melihat-lihat toko-toko buku dan majalah ditempatmu. Melalui majalah kamu akan melihat berbagai macam topik dengan berbagai macam tipe pembaca yang dilingkupinya dan cukup untuk menghidupi majalah tersebut. Ini adalah cara yang bagus untuk mencari topik, karena topik tersebut sudah terbukti mempunyai nilai jual hanya saja saat itu kamu melihatnya dalam bentuk majalah.
Lihat juga blogger lain yang telah banyak menulis dan menikmati kesuksessan pada topik tertentu dan membaginya menjadi sub-sub topik yang lebih spesifik. Misalnya topik mengenai search engine, dimana kita bisa memecahnya menjadi sub topik seperti: Google, Yahoo, MSN, dan lain-lain.
Semua target pasar bisa kamu bagi menjadi target-target yang lebih kecil, dimana pada setiap areal dikuasai oleh provider yang lebih spesifik. Tidak ada salahnya jika kamu hanya memilih satu topik yang memang benar-benar kamu kuasai. Contohnya: Mobil – kamu bisa memilih BMW, memasak – kamu bisa memilih masakan sunda, Pakaian – kamu bisa memilih sepatu.
Kebanyakan topik bisa kita pecah menjadi topik-topik yang lebih kecil dan spesifik, misalnya Mobil menjadi Toyota terus menjadi Kijang. Jika memang semua topik yang kamu ketahui sudah digunakan oleh blogger lain, pilih dan pecah topik tersebut menjadi topik yang lebih sempit dan spesifik dan buatlah blog yang terbaik mengenai topik tersebut.
Dan sebagai hasilnya adalah kamu bisa mengkomersilkan blog dengan lebih mudah karena blog mempunyai informasi dan tipe pembaca yang sangat spesifik. Ada ratusan blog lain yang bisa memberikan ide, kamu hanya perlu mencarinya. Ada unsur keberuntungan yang
terlibat, kamu tidak akan pernah tahu sebelum kamu memulainya. Sebagai contoh carilah blog yang telah sukses dengan pembaca yang sangat kecil, dan tirulah.
Content + Marketing = Traffic
Isi + pemasaran = traffik. Setelah kamu menemukan topik yang tepat langkah selanjutnya adalah membangun element pondasi dari sebuah blog yang suksess, yaitu membangun isi dan memasarkan isi. Aku akan mengajari kamu dua prinsip utama yang perlu kamu ketahui untuk sukses dalam blogging, yaitu Pillar (Pillar article) dan jalur komunikasi (communication channel).
Artikel pillar adalah pondasi dari sebuah blog yang baik. Artikel pilar inilah yang menyebabkan mengapa orang memilih blog mu dan menempatkannya ditempat yang pertama. Isinya berupa sesuatu yang berharga yang kamu tawarkan kepada publik.
Jalur komunikasi yaitu jalan agar orang bisa menemukan artikel pillar. Pemasaran intinya adalah komunikasi dan aku menemukan bahwa pemasaran adalah membangun jalur komunikasi, jalan yang membawa orang ke blog, ini adalah cara sederhana untuk mengkonsepkan ide ini.
Jika orang tidak tahu bahwa blog mu ada, betapapun bagusnya tulisanmu, kamu tidak akan bisa membangun komunitas atau pembaca. Kamu harus mempunyai keduanya pillar dan jalur komunikasi untuk mencapai sukses.
Aku yakin inilah alasan utama mengapa blog tidak pernah bisa membangun traffik yang signifikan dan juga keuntungan yang signifikan, ini karena kebanyakan blogger kurang mengerti mengenai pemasaran.
Jika kamu hanya mengikuti anjuran “buat tulisan yang bagus”, kamu tidak akan sukses. Kamu juga perlu belajar bagaimana cara menjadi seorang penjual. Sekarang mari kita lihat bagaimana kita bisa mengimplementasikan kedua konsep tersebut untuk membangun sebuah blog yang sukses. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas apa dan bagaimana cara membuat Pillar Article.
Blog Profits Blueprint (3)
Artikel ini adalah terjemahan dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak dan merupakan lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya yaitu bagian I, dan bagian II. Untuk memahami bagian ini bacalah bagian-bagian sebelumnya.
How Blogs Make Money
Bagaimana blog bisa menghasilkan uang. Majalah menghasilkan uang dengan cara menjual iklan. Semakin jauh jangkauannya, semakin banyak pula orang yang akan dipengaruhinya, berapa tinggi kualitas pembacanya bisa menggambarkan berapa banyak uang yang majalah tersebut dapatkan. Blog secara intinya adalah sama. Semakin banyak traffik yang didapatkan, berapa tinggi kualitas traffik tersebut, dan seberapa mampu kamu mempengaruhi pembaca, bisa menjelaskan keuntungan yang akan kamu dapat.
Hal inilah yang menyebabkan mengapa blogger (pemilik blog) sangat terobsesi membangun traffik. Bukan masalah bagaimana cara mu untuk menghasilkan uang, mungkin dengan cara menggunakan program periklanan seperti Adsense, affiliate marketting, atau menjual produk sendiri secara langsung, semakin banyak jumlah pembaca yang didapat, secara umum maka semakin banyak uang yang bisa kamu hasilkan.
Kualitas traffik adalah bagian yang juga sangat penting. Jika kamu mempunyai pengaruh yang kuat pada pembaca, maka ketika kamu merekomendasikan sesuatu, seperti merekomendasikan pembaca agar membeli suatu produk yang hendak kita jual melaui program affiliasi, maka semakin besar pula kemungkinannya mereka akan membeli.
Jika kita membagi proses pengkomersilan blog, maka akan menjadi:
1. Orang (blogger) membuat blog dengan tujuan untuk dikunjungi oleh orang lain, sebisa mungkin untuk dikunjungi secara teratur, hal ini dimungkinkan jika ada sesuatu yang berharga yang ditawarkannya oleh blog tersebut. Pengunjung yang datang mungkin berasal dari link yang berada pada blog lain, diberitahu oleh teman, atau search engine.
2. Menyalurkan pengungjung ke situs lain yang mau membayar untuk traffik. Pembayaran mungkin berupa per klik, perbulan, komisi dari program affiliasi, atau keuntungan dari hasil penjualan produk atau jasa.
Blogger bekerja dengan cara menarik perhatian dan menjual perhatian tersebut kepada pemasang iklan untuk mendapatkan komisi, atau menggunakan perhatian tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa mereka sendiri. Kunci dari variabel ini adalah
“perhatian”. Perhatian adalah traffik, pengaruh dan potensi untuk menghasilkan uang. Lalu bagaimana cara mendapat perhatian atau traffik ?
Two Key Ingredients For Attracting Attention
Dua rumus kunci untuk memancing perhatian. Bagian pertama untuk memancing perhatian atau traffik pada blog, adalah nasihat turun temurun yang sudah sering didengar “Tulisan yang bagus” (good content). Jadi betul, pondasi utama untuk membuat blog yang bagus adalah isi atau artikel yang bagus.
Kebanyakan orang akan salah memutuskan mana yang dimaksud dengan isi yang bagus, mereka akan berpikir bahwa isi yang bagus adalah yang memberikan mereka tujuan (biasanya kesalahan terjadi saat menjelaskan apa yang menjadi tujuan, dan strategi yang digunakan untuk mencapainya) dengan beramsusi bahwa isi yang bagus saja sudah cukup.
Kunci lainnya adalah marketing atau pemasaran. Tidakkah aku pernah mengatakan bahwa setiap professional blogger harus mempunyai kemampuan dalam hal bisnis ? Yep, benar, pemasaran (marketing) – teknik-teknik untuk memancing perhatian dan kunci untuk membangun bisnis yang sukses – adalah rumus terpenting untuk sukses dalam dunia blogging. Karena melalui marketing orang bisa menemukan tulisan bagus yang kita buat.
Kita akan mendiskusikan bagaimana cara memasarkan blog nanti, tapi yang pertama, kita harus meyakinkanmu dulu kesalahan pertama yang aku sebutkan diatas, yaitu tidak mempunyai strategi yang tepat untuk membuat jenis tulisan yang akan mengantarmu ke tujuan.
Why Do You Blog?
Mengapa aku ngeblog ? Aku berani taruhan (haram lho hukumnya bagi orang Islam, red) saat ini, jika aku bertanya mengapa kamu membaca ebook ini (Blog Profits Blueprint) kamu akan berkata karena aku ingin tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan tetap dan meningkatkan gaya hidup. Kedua hal tersebut adalah cara mengefektifkan blog, bukan alasan mengapa elo-elo pade ngeblog (betawi nih).
Kita ingin menghasilkan uang melalui blog, jadi kita harus mempertimbangkan keuntungan dan kemungkinan dari mengkomersilkan pembaca. Akan tetapi jika elo menggunakan semua waktu hanya untuk menghasilkan uang melalui blog, elo akan berakhir dengan hasil tanpa traffik alias tanpa pengunjung, dan itu berarti juga tanpa uang (no money no dong).
Mane ade orang nyang mo ngebaca blog yang isinya cuman iklan doang, atau review yang dibuat karena dibayar doang, atawa cuman promosi’in program affiliasi doang, atau cuma mirip blog lain doang. Orang tuh ya pengennya ngebaca sesuatu nyang bisa ngasih pengaruh bagi peningkatan hidup dan kehidupannya. Ngarti kaga lo ..
Motivasi utama saat membuat tulisan yang bagus adalah fokus untuk meningkatkan kehidupan pembaca. Setelah membaca blog lo mereka pade seharusnya ngerase jadi lebih baek, lebih enak, lebih pinter, lebih semangat. Ntu care sederhane untuk ngejelasin ape nyang dimaksud dengan tulisan yang bagus, itu intinye dan itulah tujuan sebenarnye. Fokus untuk menolong, mendidik, dan menghibur melalui kata-katalo dan elo sendiri, akan membantu membangun blok, pillar, dan kesuksessan blog.
Strategi dimulai saat kite memutuskan tipe pembace dari tulisan yang kite buat untuk menarik perhatian. Jike kite membuat tulisan nyang bagus, tapi topiknye.. topiknye nih ye ..campur aduk alisa gado-gado, lo jadi tidak punye cukup topik yang same, tidak fokus pada topik yang niche (ceruk..ato ape ye base betawinye ?) dan konsekuensinye membuat orang jadi berpaling (melengos..bahasa mandarinnye).
Tujuan lo adale membuat segment yang kecil dari populasi yang seneng ame tulisan lo yang bagus, fokus pade topik yang niche. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai How To Choose Your Blog Topic – Passions Vs. Profits.
Blog Profits Blueprint (2)
Artikel ini adalah lanjutan dari isi ebook Blogs Profits Blueprint, pada bagian ini kita akan mengenal siapa itu Yaro Starak, apa bidang keahliannya, prestasi apa yang telah dicapainya. Selain itu juga akan membahas mengenai apa itu blog, perbedaan dan keistimewaan yang dimilkinya. Jika kamu belum membaca artikel sebelumnya, bacalah terlebih dahulu pada Blog Profits Blueprint dan Blog Profits Blueprint (1) agar lebih memahami maksud dari artikel ini dan artikel selanjutnya.
Who Is Yaro Starak
Kamu mungkin sudah mengenalku melalui blog ku di Entrepreneurs-Journey.com, atau mungkin pernah mendengar aku melalui podcast tentang Internet business dan blogging, atau mungkin juga mendengarkan interview ku, atau melihat namaku di beberapa blog popular lainnya. Aku juga sering menulis di Problogger.net dan mengenal Darren Rowse secara pribadi. Aku terdaftar pada Rich Schefren’s Internet Business Manifesto yang mengajarkanku tentang bagaimana cara membangun bisnis.
Aku (Yaro Starak) menjadi pembicara mengenai blogging di Daryl dan Andrew Grant’s workshop, dan menjadikan Mike Filsaime dan Mark Joyner sebagai personal contact list. Aku sering mengadakan interview dengan blogger dan pengusaha yang telah sukses, termasuk Brian Clark, Andy Wibbels dan Michael Cheney, dan aku termasuk dalam daftar “top 10” blog di Australia
Aku menjalankan blog traffic tips email newsletter (subscribe secara gratis di BlogTrafficKing.com) dan memberikan pelatihan tentang bagaiman cara menjadikan blogging sebagai pekerjaan paruh waktu, dan menjadikannya sebagai penghasilan penuh waktu melalui program Blog Mastermind. Aku bisa terus menyebutkan prestasiku untuk membuatmu terkesan (atau tidak) , atau memberikan kesaksian dari beberapa orang yang pernah aku bantu mengenai blogging, tapi kemungkinan ini tidak berarti apa-apa bagimu, dan kemungkinan besar kamu juga tidak mengenal orang-orang tersebut, atau bahkan kamu tidak pernah mendengar dan mengenalku sama sekali sebelumnya.
Tapi yang terpenting adalah bahwa aku seorang blogger dan menghasilkan uang melalui itu. Cara terbaik untuk mendemonstrasikan ini kepadamu adalah melalui tulisan ku di I Made $6549.52 From Blogging in March. Benar, judul itu memang benar dan jika kamu mengklik link tersebut kamu akan membaca tentang itu. Jika kamu sudah selesai membacanya aku yakin pertanyaan kamu berikutnya adalah “Bagaimana caraku (Yaro) melakukannya ?” aku menawarkan penjelasannya termasuk setiap cara yang kugunakan untuk menghasilkan uang pada bulan tersebut, Maret 2007, dalam bentuk artikel dan video yang bisa kamu baca dan lihat disini: How I Make Money Blogging.
Setelah membaca kedua tulisan tersebut dan menyaksikan videonya, seharusnya kamu sudah mengetahui alasan mengapa aku menulis ebook (blog profits bluerpint) tersebut. Dan selagi kamu mengunjungi blog ku (Entrepreneurs-Journey.com) aku anjurkan kamu untuk men subscribe ke RSS feed ku agar kamu tidak ketinggalan setiap kali aku membuat tulisan dan podcast yang berupa MP3 dan bisa kamu download.
Aku tingal di Brisbane, Australia. Menjalankan berbagai macam website dan internet bisnis semenjak tahun 1998 dan telah membuat blog semenjak tahun 2004. Saat ini memiliki beberapa situs forum komunitas. Selain itu Aku menjalankan beberapa blog lain, dan memberikan konsultasi mengenai bisnis. Yang terpenting adalah aku mempunyai hasrat yang besar mengenai blogging dan mengajarkannya pada yang lain, agar mereka juga tahu bagaimana cara memanfaatkan blog sebagai sarana untuk mendapatkan kebebasan dan kebahagian dalam hidup.
Bukankah hal ini yang kamu inginkan, bacalah ebook ini (Blogs Profits Bluerprint) sampai selesai. Dan kamu akan memperoleh keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulainya. Sekarang mari kita mulai dari awal. Pada tahap awal kita akan mempelajari apa itu blog dan perbedaannya dengan website ?
Sekalipun kamu berpikir bahwa kamu tahu apa itu blog dari awal hingga akhir, sangat penting untuk membaca bagian ini karena aku memberikan alasan kunci mengapa blog bisa berhasil. Hal ini agar dapat mengungkap kekuatan dan konsep yang difasilitasi oleh blog. Ini membantu untuk membangun mindset yang benar. Membaca dari awal hingga akhir akan mempermudah untuk memahaminya. Kejelasan akan memberikan tujuan.
What Is A Blog And Why Are They So Popular?
Apa itu blog dan mengapa blog begitu populer ? setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan blog. Aku lebih suka menjelaskan blog dengan cara mengkontraskannya dengan “normal” website, yang secara esensialnya blog juga adalah sebuah website. Blog adalah sebuah website dengan beberapa perbedaan yang sangat mencolok yaitu:
1. Artikel diurutkan secara kronologi dengan cara artikel yang paling atas adalah artikel yang terbaru
Ini adalah elemen yang konsisten pada setiap blog yang pernah aku kunjungi. Artikel didaftar berdasarkan judulnya dan diikuti dengan isinya, dimulai pada bagian atas adalah artikel yang terbaru dan diikuti oleh artikel-artikel sebelumnya. Aspek ini adalah format warisan dari dunia jurnalisme. Istilah dari blog diambil dari Weblog yang intinya berarti online diary atau journal. Catatan diary dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula dengan artikel dalam blog.
Point penting yang harus diingat, meskipun bergaya jurnalistik dan diary, blog sekarang ini tidak hanya berisi tentang kehidupan pribadi si pembuatnya. Beberapa blog memang berisi tentang pemikiran pribadi si pembuatnya, contohnya blog ku (Entrepreneurs-Journey.com), tapi aku tidak membicarakan tentang kucingku atau apa yang kumakan saat sarapan. Aku memilih topik Internet Business dan blogging, dan orang yang tertarik dengan kedua topik tersebut akan datang dan membacanya.
Saat ini blog bisa berisi tentang berbagai subjek, dibuat oleh satu atau beberapa orang dan tentu saja tidak semua adalah diary pribadi. Cerminan, pemikiran pribadi dan berbagai hal lainnya mempunyai tempat di blog, tapi itu tidak memberikan pengaruh atas besar atau luasnya topik yang diliputi.
2. Mudah untuk menambahkan isi
Website normal punya masalah yang kronik untuk membuat atau menambahkan isi setiap hari, karena bersifat terlalu teknik. Sekalipun dengan content management system (cms) yang pintar, untuk membuat sebuah website berada diluar jangkauan kemampuan rata-rata pengguna internet. Blog mengubah hal itu. Blog menyediakan sistim publikasi isi (content publishing system) yang penggunaannya mudah dan bisa dijangkau oleh kemampuan rata-rata pengguna internet. Menambahkan isi blog semudah seperti menulis email, dengan rintangan yang semakin ringan tersebut saat ini dunia telah dipenuhi dengan milyaran blog.
3. Isi di perbarui secara teratur
Masalah lain dari website tradisional adalah bersifat statis. Kebanyakan website tidak pernah diubah dan kita bisa datang lagi pada halaman yang sama dan isinya akan tetap sama. Alasan untuk ini adalah point nomor 2, karena terlalu susah bagi rata-rata orang untuk menambahkan isi dari website. Tentu, banyak website yang populer, isinya selalu di perbarui secara teratur, dan ini bahkan jauh sebelum adanya blog.
Itu dimungkinkan karena website tersebut mempunyai organisasi yang mendukung serta staff dan penulis, atau dibuat oleh orang-orang yang mengerti hal-hal seperti HTML, FTP dan web servers. Kebanyakan orang tidak menggunakan bahasa ini, sebelum akhirnya blog muncul, dahulu sangat susah bagi orang kebanyakan untuk mengemukakan idenya secara online.
Blog membuat halangan tersebut menjadi lebih ringan bagi orang kebanyakan. Dan hasilnya Web dibanjiri oleh blogger yang menulis artikel dan mempublishkannya secara reguler, terkadang beberapa artikel sekaligus perhari. Websites tidak pernah sedinamik seperti blog saat ini. Hal tersebut memberikan effek yang bagus bagi blog di search engine. Search engine seperti Google menyukai situs yang memberikan isi yang berharga dan diperbarui secara konsisten.
Blog yang dibuat dengan tujuan seperti itu (berharga dan konsisten) akan mendapat rangking yang tinggi di search engine.Sebagai hasilnya blog “mencuri” posisi teratas dalam hal rangking search engine. Blog mendapat perhatian yang lebih, menarik perhatian internet marketers dan pemilik bisnis dan memandang blog sebagai sarana yang potensial untuk memasarkan produk dan jasa mereka.
4. Blog membolehkan orang membuat komentar
Perubahan yang paling signifikan jika dibandingkan dengan website tradisional dan blog adalah fungsi komentar. Setiap artikel yang dibuat pada blog mempunyai kotak yang membuat siapapun bisa membuat komentar pada artikel tersebut. Ini yang mengubah website dari sarana satu arah menjadi sarana komunikasi dua arah. Pembaca bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik atau penulis, membuat perkacapan yang dimulai oleh artikel dan pada intinya mengubah blog menjadi sebuah komunitas. Point terakhir adalah point yang paling penting, mengapa ? sebab …
5. Orang lebih percaya dengan blog dari pada website karena blog adalah percakapan
Jika kita kombinasikan semua element diatas, gaya jurnalis dalam hal penulisan, isi yang diperbarui secara teratur, kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca, berarti kita punya formula yang dibutuhkan untuk setiap alat komunikasi. Blog secara alamiah adalah salah satu sumber informasi yang bisa dipercaya. Blog menghubungkan manusia dan sebagai akibatnya pada beberapa blog saat ini, pemilik blog (bloggers) mendapat kepercayaan dan penghargaan sebagai orang yang ahli dibidangnya. Entah memang mereka ahli atau tidak, ini berdasarkan kesuksessan yang diraih melalui blognya.
Point terakhir yang paling signifikan, yang nantinya menjadi element yang paling membedakan antara blog dan website normal adalah: jika orang lebih percaya pada kata-kata yang tertulis pada blog, dan jika orang menjadi suka dan ingin mengenal sipemilik blog, berarti kita sudah mempunyai semua element yang diperlukan untuk membangun sebuah komunitas yang berpusat pada hasil output dari kreatifitas satu orang.
Inilah alasan mengapa setiap orang dengan hasrat, hobby, atau kemampuan, dan motivasi yang cukup untuk membuat tulisan pada beberapa topik, mampu membangun pendengar (audience), mampu membuat orang tetap kembali lagi, dan yang paling utama adalah mampu mengkomersilkan traffik, mempunyai potensi untuk menjadi seorang proffesional blogger.
Apa yang baru aku jelaskan bukanlah hal yang baru bagi sebagian orang, tapi itu merupakan dasar dari sebagian isi ebook ini (Blog Profits Blueprint). Jika konsep dari blog masih tidak cukup jelas bagimu, cari beberapa blog lain dan lihat maksud dari kelima point yang telah di jelaskan diatas agar mengerti kesempatan yang terdapat didalamnya.
Kamu bisa memulainya dengan blogku, Entrepreneurs-Journey.com, dan menjelajahi blogroll and links yang terdapat didalamnya, untuk melihat blog-blog lain. Kini kita tahu apa yang membuat blog berbeda, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana caranya agar kita bisa menghasilkan uang dari blog.
Seperti yang sudah pernah di kemukakan sebelumnya, sangat penting mengerti strategi sebelum mengimplementasikan taktik. Nanti kita akan meninjau taktik, motode untuk menghasilkan uang melalui blog yang bisa digunakan saat ini, dan yang saat ini aku gunakan. Tapi sebelumnya perlu diketahui strategi dibalik cara menghasilkan uang dari blog.
Hal yang lebih penting untuk dipahami adalah strategi dibalik mencari keuntungan melalui blog, daripada mempelajari berbagai cara agar kamu mendapat uang. Taktik dan teknik untuk menghasilkan uang akan selalu berubah dan pilihan baru akan datang tiap hari. Akan tetapi alasan dasar mengapa kita ingin menghasilkan uang tidak pernah berubah, jadi pastikan untuk memberi perhatian pada bagian berikutnya. (bersambung …)
Blog Profits Blueprint (1)
Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, bahwa aku mempunyai niat untuk menerjemahkan isi dari ebook Blog Profits Blueprint by Yaro Starak. Dan akhirnya niat itupun terkabul, dengan bebekal kenekatan, dan kemampuan yang terbatas, aku berusaha untuk membagikan isi dari ebook tersebut kepada yang berminat. Pada artikel ini Yaro akan menjelaskan mengapa dia ngeblog, dan apa keuntungan yang didapat dari blog.
How To Make Money Blogging
Apa yang akan kamu baca ini adalah hasil dari dua setengah tahun pengalaman dalam dunia blogging, dan lebih dari tujuh tahun pengalaman dalam dunia bisnis di internet. Petunjuk-petunjuk yang akan kamu dapat dari buku ini bersifat unik, karena petunjuk ini berasal dari orang (Yaro Starak) yang tahu betul dalam hal BUSINESS dan juga blogging, dan telah benar-benar menerapkannya untuk mencari uang melalui blog.
Tanpa kemampuan dan komitmen dalam hal membangun bisnis, kebanyakan blogger tidak pernah mencapai suatu titik, dimana mereka bisa berhenti dari pekerjaannya dan menjadi seorang blogger yang professional. Saya yakin ini juga yang menjadi faktor utama mengapa kebanyakan professional blogger mengalami kegagalan.
Kebanyakan orang kurang memiliki mindset dan mental atribut yang cukup untuk membuatnya menjadi seorang professional blogger. Tanpa keseimbangan antara taktik dan strategi yang tepat, maka semua tips, trik, petunjuk-petunjuk, teknik-teknik, studi kasus atau bahkan kata-kata bijak mengenai cara membuat tulisan yang bagus sekalipun, tidak dapat membawamu kesana (menjadi professional blogger). Kamu hanya akan membenturkan kepalamu ketembok (wataw !!) atau hanya bisa diam terpaku dan mengkhayal. (asal jangan yang jorok-jorok).
Inilah yang menjadi tujuanku (Yaro Starak) melalui ebook ini (Blog Profits Blueprint) untuk membuka mata dan mengembangkan pikiran bagi setiap orang yang ingin menjadi professional blogger dan menjadikan blogging sebagai sumber pendapatan utama. Bersiaplah untuk merasa terkejut, kecewa, dan akhirnya mendapatkan tenaga baru dengan sikap yang siap bekerja keras untuk membawamu pada keuntungan melaui blogging.
How I Discovered Blogging
Aku (Yaro Starak) mulai blogging semenjak November 2004 dengan tujuan memasarkan bisnis melalui internet, hal ini disebabkan karena aku diberitahu bahwa blog adalah sarana yang bagus untuk mendapat rangking yang tinggi di search engine. Semenjak aku mempublishkan blog dan memulai perjalananku di blogosphere akhirnya aku menyadari bahwa, selain untuk mendapat rangking yang fantastik di search engine, blog juga lebih dari sekedar alat pemasaran melalui search engine.
Blogs adalah outlets untuk kreativitas, blogs bisa mempengaruhi orang. Blogs adalah sarana untuk berkomunikasi, sumber pendidikan dan hiburan. Blog sebagai sarana penghubung, menyebarkan ide-ide, pemikiran dan pendapat. Blog hampir bisa menjadi apapun yang kita inginkan, tapi berdasarkan pengalaman yang kudapat, menurutku blogging adalah cara atau gaya hidup baru.
Setiap hari aku bisa menyalurkan hobby, menghubungkan ide-ide dan yang terbaik dari semua itu adalah aku juga mendapat bayaran. Bagaimana cara ku mendapat bayaran ? aku mengkomersilkan blog. Banyak cara untuk mengkomersilkan blog, dan caraku mengkomersilkan blog saat ini berbeda dengan cara yang kugunakan beberapa tahun yang lalu, bahkan mungkin cara yang kugunakan saat ini akan berbeda dengan cara yang akan kugunakan beberapa tahun nanti.
Mengkomersilkan blog bila ingin diartikan secara sederhana adalah, mengimplementasikan metode untuk menghasilkan uang dari artikel yang dibuat.Hal terpenting adalah mencari kesempatan untuk melangkah lebih jauh, dan mendapat penghasilan dari menulis tentang hal-hal yang disukai.
Blogging as a Business, Not a Job
Blogging sebagai bisnis, bukan sebagai pekerjaan. Saat aku berkata bahwa aku mendapat bayaran dari blog, yang kumaksud adalah bukan dibayar sebagai penulis. Professional blogger bagiku berarti bukan tentang, bagaimana mencari kesempatan untuk menjadi seorang penulis lepas. Professional blogger adalah tentang membangun bisnis, asset online, dan investasi tak terbatas untuk menghasilkan uang saat ini dan masa yang akan datang.
Ebook yang kamu baca ini (Blog Profits Blueprint) adalah kunci untuk menjadi seorang professional blogger, dan menjadikan blog sebagai penghasilan utama dengan cara mengelolanya sebagai bisnis.
Blogging bagiku bukanlah pekerjaan untuk seumur hidup, dan juga tidak harus menjadi pilihan bagimu jika kamu tidak menginginkannya. Aku menghasilkan $4.000 sampai $6.000 secara konsisten perbulan melalui blog. Yang harus aku lakukan hanyalah terus menulis selama satu atau dua jam setiap hari. Itu adalah penghasilanku melalui blog, bukan dari hasil mengajarkan orang tentang cara ngeblog.
Aku tidak akan berbohong padamu, memang tidak mudah untuk mencapai ini, tapi juga tidak terlalu sulit. Ini bukanlah sesuatu yang harus kamu lakukan dengan kerja keras, tapi yang harus kamu butuhkan adalah konsisten dan yang terpenting adalah mental dan sikap yang benar untuk bisa membawamu sampai disana.
What’s Next ?
Blog Profits Blueprint akan memberikan kunci-kunci dari ramuan yang berdasarkan pengalaman, pencarian dan pengujian yang dibutuhkan untuk sukses menghasilkan uang dari blog. Ada dua inti kategori dari ide yaitu Strategi dan Taktik.
Strategi berada pada posisi untuk mendidik pikiran tetang mengapa sesuatu hal terjadi. Strategi membantu memahami dan memprediksi apa yang bakal terjadi sebagai hasil dari aksi.
Taktik adalah langkah yang diambil, atau aksi untuk mencapai apa yang diinginkan. Kebanyakan taktik pada ebook ini adalah proses dan teknik yang akan kamu implementasikan, untuk menghasilkan uang baik secara langsung ataupun tidak langsung.
Membangun strategi dan mengimplementasikannya dengan taktik yang benar, akan membawa pada keuntungan. Hal tersebut yang menjadi tujuanku melalui ebook ini, aku imemberikannya (melalui ebook ini) padamu sebagai petunjuk tahap demi tahap. Aku pernahmenjalani semua itu, dan sekarang aku ingin kamu tahu bagaimana caranya, agar kamu jugbisa melangkah bersamaku untuk menikmati kebebasan hidup, mengekspresikan kreativitas, berkomunikasi dan berintraksi dengan orang lain, menikmati kestabilan dan kebebasan finansial, dan tentu saja the power of blogging (entah apa maksudnya).
n
Ini bukanlah hal yang rumit, ini hanyalah petunjuk sederhana yang menjelaskan apa yang pernah aku lakukan dan pelajari dalam perjalanan menjadi professional blogger. Bagiamana ? sudah siap ? Bagus !! tapi sebelum itu izinkan aku memperkenalkan diri (bersambung ke artikel berikutnya).
Blog Profits Blueprint
Blog Profits Blueprint by Yaro Starak, beberapa hari yang lalu aku mendapatkan ebook ini secara gratis di BlogMastermind.com. Dalam laporan singkat ini dijelaskan berbagai hal mengenai cara membangun sebuah bisnis online melalui blog. Kurasa ebook ini wajib dibaca bagi yang ingin serius membangun bisnis sendiri dan mencari duit melalui internet. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis, tanpa harus membayar sepeserpun.
Ebook ini akan mengajarkan kita bagaimana cara membangun bisnis sendiri melalui blog, mulai dari nol, From Zero to Hero istilah kerennya. Mungkin kamu belum mengenal siapa itu si Yaro Starak ? mengapa ita harus mendengar dan mempercayainya ? emang lo siapa ? itu ahasa gaulnya. Tak kenal maka tak sayang, maka dari itu kita harus enal dulu siapa si Yaro ini. Biar kamu yakin berikut beberapa estimonial dari beberapa top logger:
b
arren Rowse from roblogger.net says…
aro Rocks! – What more ca say? I’ve been watchiaro’s blogging profile and xpertise grow over the last ouple of years and have had he pleasure to meet and work ns. Yaro knows what he’s talking about and has built his blog into an authority on thetopics that he writes about. Bloggers can learn a lot from him
wE
me get started. After spending many hours searching for advice on blogging it is his blog that I came back to and make sure to check regularly. Yaro’s advice is hands on and immediately useful. He speaks personally and practically, about what he has done and whalearned from it. He is also blessedly free of hype. To help you get started and for advice on what works and what doesn’t in blogging I recommend Yaro and his site unreservedly. Janet
newlifenetwork.co.uk. I soon got hooked on his excellent advice and I now recommend him on my site to others as my favourite bloggithought leader and practitioner. Thanks to his advice, the traffic on my site is doubling every month.
membuatku merasa terpanggil (waduh !!) untuk berbagi pada sesama. Bukankah kita ingin membuat internet menjadi tempat yang lebih baik (baca artikel sebelumnya). Mungkin beberapa diantara kita mempunyai keterbatasan yang sedikit menjadi penghalang untuk bisa mendownload dan mengerti isinya.
maksud untuk membantu saudara-saudaraku yang mempunyai kesulitan, baik dalam soal bahasa ataupun koneksi internet yang rada leBukan maksudku untuk mengajari, aku hanya ingin berbagi pada sesama sekaligus melatih pemahamanku mengenai dunia blogging, dan juga melatih dalam hal tulis-menulis.
Jadi jika kamu lebih suka isi yang aslinya, download aja langsung dari sumbernya. Tapi jika kamu tertarik dengan tulisanku nantinya, sering-seringlah nongol di blog ini, karena aku akan menuliskannya disini. Karena ebook ini isinya cukup banyak, aku akan membaginya dalam beberapa artikel. Biar lebih tahu apa yang bakal dibahas nantinya berikut cuplikan daftar isi dari ebook tersebut:
1. How To Make Money Blogging
2. How I Discovered Blogging
3. Blogging as a Business
4. Not a Job, What’s Next?
5. Who Is Yaro Starak?
6. What Is A Blog And Why Are They So Popular?
7. How Blogs Make Money
8. Two Key Ingredients For Attracting Attention
9. Why Do You Blog?
10. How To Choose Your Blog Topic – Passions Vs. Profits
11. Let’s Talk Tactics, Content + Marketing = Traffic
12. What Is A Pillar?
13. How Do You Create A Pillar? How To Market Your Blog
14. Time vs. Reward Most People Are Lazy
15. Communication Channels
16. The Power of Leverage
17. Compound Effects
18. Think Big Picture, Work Little Picture
19. Traffic Tactics
20. Peer Relationships
21. Network Effects
22. Start With Your Peers
23. Bigger and Better Content Pillars
24. It’s Time To Make Money
25. Can Blogs Be A Stable Income Source?
26. The Holy Grail of Blog Monetization – Recursive Affiliate Income
27. The Next Best Option – Direct Advertisers
28. The Problem with Google AdSense
29. Other Monetization Options
30. My Top Blog Monetization Methods
31. Turn Your Blog Into A Business
32. Why Most Bloggers Fail
33. Do You Have Enough Information To Succeed?
34. Congratulations! – Now Get To Work
35. Advice For Beginners, The Lost And Confused
36. Private Mentoring For Serious Bloggers
37. Affiliate Opportunity
Blog Bagi Bisnis, Karir dan Kehidupan
Membuat blog ternyata mempunyai pengaruh yang sangat besar, tidak percaya ? tanya sama mereka yang sudah membuat blog. Disadari atau tidak, banyak manfaat dari belajar membuat blog. Baik yang berupa materi maupun yang non materi, baik bagi pemilik maupun pengunjung blog. Menurutku, blog merupakan suatu ide yang cemerlang untuk lebih mengenal dunia, khususnya internet.
Jika dulu mungkin kita mengenal internet hanya sebagai sarana untuk hiburan, bersenang-senang, atau pengisi waktu luang. Dulu mungkin kita beranggapan internet hanya untuk mereka yang berotak brilliian, punya uang banyak, bisnis besar, fasilitas lengkap, dan karir mantab. Jika dulu untuk membuat sebuah website, kita harus mengerti hal-hal teknis yang rumit, punya modal besar, dan fasilitas yang memadai.
Tapi sekarang tidak lagi, semenjak adanya blog, internet menjadi semakin ramah dan mudah. Internet tidak lagi menjadi tempat yang menakutkan. Internet sekarang bukan hanya untuk mereka yang berduit dan tidak lagi sebagai tempat membuang waktu, tenaga dan duit. Internet bisa jadi tempat mencari teman, pengalaman, pekerjaan, duit, pengetahuan, meningkatkan kemampuan. Semoga saja biaya akses internet di Indonesia semakin murah dan ramah, agar semua kalangan bisa lebih merasakan manfaatnya.
Internet bisa jadi sarana untuk mengekpresikan diri, dan blog adalah salah satunya. Blog bisa jadi tempat menuangkan ide, yang dulu mungkin sulit untuk kita ekspresikan. Blog memberikan kita banyak kesempatan untuk mengekspresikan diri, blog juga bisa jadi sarana yang paling tepat untuk mengembangkan diri. Mengapa blog begitu spesial ? apa yang bisa blog berikan untuk kita ? apa manfaat yang bisa kita dapat dari blogging, terutama untuk karir dan bisnis ?
Membangun network, blogger (pemilik blog) menempatkan dirinya melalui blog, menulis topik-topik yang diminatinya atau tentang bisnis yang dijalaninya. Dan orang yang mempunyai minat yang sama dengan sang blogger, akan tertarik dan berusaha mengenal lebih dekat. Blog memberikan kita kesempatan untuk meningkatkan dan memperluas network. Jika pada kehidupan nyata untuk mengembangkan network, mungkin kita terhambat dengan sarana dan biaya yang kurang memadai.
Blog memberikan kesempatan yang sangat luas bagi kita untuk mengembangkan jaringan. Blog memberikan kita kesempatan untuk diakses dan dikenal secara global. Dengan blog kita bisa menjangkau berbagai tempat, yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bayangkan betapa besar peluang dan potensi yang bisa blog berikan untuk mengembangkan network bisnis kita.
Memberikan pekerjaan, bagaimana ini bisa terjadi ? Blogger yang mempunyai skill tertentu, menuliskan semua yang dikuasainya melalui blog. Dan percayalah, jika kita memang ahli dibidang tertentu, banyak orang atau perusahaan yang akan mencari. Blog bisa dijadikan sebagai resume, untuk menjelaskan dan memperkenalkan kepada dunia keahlian yang kita miliki.
Teknik melatih diri, untuk benar-benar mendapat perhatian, sang blogger harus rutin menulis tentang topik yang diminatinya. Terutama pada masa-masa permulaan. Dan sebagaimana kita ketahui, hal-hal kecil namun jika rutin mengerjakannya, akan memberikan dampak yang besar. Dengan melakukan kegiatan rutin ini, tanpa sadar sebenarnya kita telah melatih diri untuk disiplin, dan komitmen. Dan 2 hal ini yang sangat menentukan bagi karir dan bisnis, dan blog bisa memberikan itu.
Membantu peningkatan karir lebih cepat, melalui blog kita bisa memperkenal diri pada dunia, bahwa kita mempunyai suatu keahlian yang berguna. Jika pada dunia nyata, untuk dapat meningkatkan karir kita membutuh waktu yang sangat lama. Jika pada dunia nyata kita harus secara aktif mendatangi orang-orang yang bisa membantu peningkatan karir, dan mempromosikan diri. Blog juga bisa melakukan hal itu, melalui tulisan orang akan menilai kemampuan yang kita miliki.
Membangun bisnis sendiri jadi lebih mudah, kita tidak bisa membangun bisnis sendiri, kecuali kita bisa mempromosikan, dan menjual sendiri. Blog bisa jadi sarana untuk melakukan itu. Blog bisa jadi tempat untuk bereksperimen, bereksperimen teknik-teknik mempromosikan produk dan jasa yang dimiliki. Kita akan tahu bagaimana cara agar produk dan jasa yang hendak kita tawarkan bisa ditemukan oleh calon pembeli.
Memberikan kesempatan yang lebih luas, membangun blog berarti membangun reputasi. Punya reputasi berarti punya banyak hal. Rasanya tidak perlu diragukan lagi apa manfaat reputasi bagi bisnis ataupun karir. Melalui blog kita bisa memperluas reputasi, itu juga berarti semakin luas kesempatan yang kita miliki untuk membangun bisnis ataupun karir.
Mengembangkan kreativitas, blog tidak hanya sekerdar text atau tulisan. Blog bisa berupa gambar, video, ataupun audio. Blog merupakan sarana untuk mengembangkan kreativitas, sarana untuk bereksperimen teknik-teknik menarik perhatian calon pembeli. Bereksperimen menggunakan cara-cara yang belum pernah digunakan sebelumnya.
Membuat dunia jadi tempat yang lebih baik, jika dulu kita menggunakan internet hanya untuk mencari dan mengambil informasi, kita hanya ingin mengambil dan mengambil. Tanpa punya kesempatan untuk memberi dan berbagi. Tapi dengan blog kesempatan itu jadi terbuka luas. Kita tidak lagi jadi orang yang hanya ingin mengambil keuntungan dan menyimpannya untuk diri sendiri. Dengan blog kita jadi bisa berbagi berbagai hal, dan sifat itu yang akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, berbagi !!. Tidakkah kita ingin membuat dunia ini jadi tempat yang lebih baik ?
“Heal The World” photo by pnitzsche
Meningkatkan Efektifitas Belajar
Begitu banyak hal yang harus dipelajari, terlalu banyak hal yang berharga yang tidak ingin terlewati, namun begitu sedikit waktu kita miliki, belum lagi kemampuan, entah itu kemampuan keuangan atau kemampuan berpikir. Apalagi dijaman serba cepat begini, dunia seakan berputar terlalu cepat. Menuntut kita untuk memanfaatkan waktu dengan cermat, jika tidak ingin menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga.
Begitu juga dengan dunia adsensing, affiliating, blogging, englishing, marketing, netting, networking, dan bermacam ing-ing lainnya. Begitu banyak yang harus diketahui, begitu banyak yang harus dipelajari, begitu banyak yang harus dihadapi. Hal begitu-begitu itu yang kadang membuat frustasi, hingga akhirnya kita jadi malas dan enggan untuk belajar, siapa yang rugi ?
Namun semua kembali lagi pada diri sendiri, mau kemana Om !!. Semakin tinggi tujuan yang hendak dicapai, berarti semakin banyak tuntutan yang harus dihadapi. Itu berarti semakin banyak bekal yang harus disiapkan, lalu bagaimana cara kita agar bisa tetap fokus dan semangat mengejar harapan. Bagaimana cara kita agar selalu giat mempelajari hal-hal yang diperlukan ? terus belajar !!
Kalo itusih semua orang juga tahu, belajar..belajar…belajar. Mengapa belajar begitu penting ? karena hidup adalah belajar. Berhenti belajar sama dengan berhenti hidup, jadi kalo mau terus hidup jangan berhenti belajar. Mengapa belajar dikaitkan dengan hidup, karena belajar dikaitkan dengan pikiran. Balajar sering diartikan dengan berpikir, entah itu benar atau salah aku tidak mempunyai wewenang dalam hal ini.
Jadi dalam hal belajar ini pikiranlah yang paling dominan, bagaimana cara kita belajar bisa diartikan dengan bagaimana cara kita berpikir. Bagaiman kita mengeset pikiran atawa istilah gaulnya Mindsets, akan menentukan bagaiman kita belajar. Bahkan denger-denger sih Mindsets ini juga yang menentukan bagaimana kita hidup, untuk lebih jelasnya tanya sama Mbak Jenie.
Nah…nah..nah..(mulai masukkin omongan nih) agar kita bisa belajar dengan efektif, kita perlu tahu cara mengeset pikiran yang efektif. Seperti juga komputer atau software, jika settingnya efektif maka komputernya akan bekerja dengan efektif. Bagaimana cara menyetting pikiran agar bisa belajar efektif, antara lain yaitu dengan cara membuang pikiran-pikiran yang membuat kita menjadi tidak efektif. Pikiran-pikiran yang seperti apa ?
Aku terlalu tua untuk belajar – ini sering kita dengar, terutama dari kekek-kakek dan nenek-nenek. Kata orang sih, semakin tua manusia maka otaknya akan semakin tumpul. Berarti semakin tua seseorang maka kemampuan belajarnya juga semakin berkurang, bener nggak sih ? itu kata orang banyak. Dan karena orang banyak berkata bergitu, mungkin saja benar ??? atau mungkin ??
Coba pikir sebentar, otak itu kan mirip atau mungkin sama dengan otot. Dan yang kita tahu bahwa jika kita sering melatih kemampuan otot, maka kemampuannya akan semakin meningkat. Pernahkah kita memperhatikan bapak-bapak tani kita dulu, bagaimana kemampuan otot mereka, hingga usia berapa otot mereka tetap bisa diandalkan. Sedangkan kita yang masih muda, mungkin tidak ada apa-apanya jika mau dibandingkan dengan mereka dalam kemampuan otot-mengotot.
Jadi rasanya tidak benar deh, jika kemampuan berotak atau berotot diukur dengan usia. Itu berarti tidak ada alasan bagi kita dengan mengatakan aku sudah tua, berati aku sudah tidak perlu belajar. Otot sama dengan otak, semakin sering kita melatihnya untuk mempelajari hal-hal yang baru, berarti semakin meningkat pula kemampuannya untuk mempelajari hal-hal yang baru. Maka dari itu, jika kita ingin belajar lebih efektif, buang jauh-jauh pikiran yang mengganggu itu. Pikiran seperti itu hanya akan menghambat kita dalam proses belajar.
Aku tidak cukup pintar – kita melihat bagaimana orang-orang yang suksess melalui adsense misalnya, lalu kitapun tergiur untuk mengikuti jejaknya. Sedangkan kita kita tahu apa-apa tentang dunia adsense. Ini berarti kita harus belajar dari nol, lalu terlintas di pikiran, apa aku cukup pintar untuk bisa mempelajari adsense. Bingo… you lose ..!!. Dengan berpikiran negatif seperti itu akan membuat kita ragu, dengan keraguan tersebut berarti kita sudah kalah setengah, mengapa setengah.
Oke … ragu-ragu sedikit kan biasa, iya pertama sedikit, makin lama ? itu juga tergantung dari bagaimana kita mengeset pikiran kita tadi. Tatkala kita merasa bingung dan sulit memahami sesuatu, pikiran buruk itu semakin memperkuat dirinya. Dan siapa yang akan kalah ? jika kita ingin menang, bunuhlah pikiran itu sebelum dia semakin besar dan kuat. Jangan beri dia kesempatan untuk tumbuh, karena setiap kali kita berpikir negatif, berarti kita memberi pupuk pada pikiran negatif tersebut.
Seperti sudah diuraikan diatas dengan panjang kali lebar, bahwa kemampuan otak sama dengan kemampuan otot. Semakin sering kita melatihnya, maka semakin meningkatlah kemampuannya. Memang ada orang yang lahir dengan IQ tinggi, tanpa kesulitan mereka bisa dengan mudah memahami sesuatu. So..what .. apa kita yang ber-IQ tidak tinggi ini harus merasa minder ? IQ tinggi tidak menjamin apa-apa.
Banyak orang yang lebih pintar dari ku – itu benar. Dan kenyataannya memang selalu ada orang yang lebih baik dari kita, dalam hal apapun. Akan ada orang yang lebih pintar, lebih ganteng, lebih cantik, lebih kaya, lebih berkuasa, dan lain-lain. Lalu apa ini akan membuat kita diam saja, tidak perlu berbuat apa-apa. Untuk apa berdandan, toh banyak yang lebih cantik. Untuk apa bekerja, toh banyak yang lebih kaya, dan seterusnya …
Hidup adalah persaingan, bahkan sebelum hidupun kita sudah bersaing. Tanya tuh sama orang kedokteran, sebelum lahirpun kita harus bersaing. Bersaing dengan jutaan sperma lainnya hanya untuk memperebutkan 1 sel telur. Nyatanya kita berhasil, ya toh. Coba jika sperma tersebut berpikir, ah..ngapain capek-capek, khan masih banyak yang lebih cepat dan lebih tepat daripada aku, bagaimana nasib kita ?
Hal yang perlu kita ingat bahwa ini adalah pertempuran melawan diri sendiri, bukan melawan orang lain. Pertempuran melawan pikiran-pikiran sendiri, pikiran-pikiran yang negatif tentunya. Ini juga yang membuat aku jadi bingung, sebenarnya yang mengatur pikiran itu kita, atau kita yang diatur oleh pikiran ? pilih mana yang suka.
Ini bukan untuk ku – anget-anget tai ayam. Saat kita mendengar penghasilan Cossa sudah mencapai ribuan dollar dari adsense, segera kita menjadi tertarik dan sangat bersemangat untuk belajar adsense. Wah…menggiurkan nih, tapi aku tidak tahu apa-apa tentang adsense. Segera kita belajar adsense, kita cari apa syarat-syarat agar berhasil menjadi adsenser. Dan setelah kita tahu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan sebelumnya, semakin hari semakin banyak yang harus dipelajari.
Harus bisa bahasa Inggris katanya, sedangkan kita tidak pernah tahu bahasa Inggris sebelumnya. Mau belajar dari nol lagi males, mau kursus nggak punya waktu, mau beli buku nggak punya duit. Akhirnya kita frustasi, semakin hari semakin frustasi. Karena kita menganggap
sudah menemui jalan buntu, alias mandek. Dan akhirnya kita mulai berpikir, iya ..Cossa itu khan pinter SEO, bahasa Inggris, Blogging. Kepeer itu khan seorang PNS, mbak Jenis itu khan orang kaya, dan berbagai alasan lainnya yang tidak berhubungan. Photo by MINERVA8
Dan sampailah kita pada kesimpulan bahwa dunia adsensing, affiliating, blogging, investing, marketing itu bukan untukku. Singkatnya .. keinginan itu padam, dan kita berpindah pada keinginan lainnya. Dan keinginan itupun mengalami nasib yang sama, tapi kita tidak berhenti dan putus asa, kita mencari keinginan lain lagi. Dan lagi-lagi menemui nasib yang serupa. Sampai pada akhirnya kita akan berkesimpulan bahwa dunia ini bukan untukku, lalu untuk siapa ? sekali menyerah sudah itu kalah.
Tidak fokus – seperti yang sudah di jelaskan diatas, untuk suksess berbisnis di internet membutuhkan syarat yang banyak. Diantaranya: harus belajar teknik-teknik Blogging, SEO, Bahasa, Menulis, Menjual, wah.. pokoke banyak. Hingga ini membuat bingung, kita ingin mempelajari semuanya sekaligus. Di tangan kanan artikel tentang blogging, dikiri artikel tentang SEO, dibawah artikel tentang cara menulis yang baik, belon yang diatas.
Gimana mau masuk ilmunya, jika kita dengan mudah merasa terganggu. Jika kita mengalami ini, mungkin ini saatnya untuk fokus pada satu pekerjaan dulu. Kerjakan satu per-satu. Jangan biarkan pikiran dan perhatian kita menjadi terpecah, fokus pada satu permasalahan akan membantu mempermudah pemecahan masalah. Lebih baik mengerjakan satu hal dengan hasil yang terbaik, daripada mengerjakan banyak hal dengan hasil yang tak karuan.
Bisa belajar lain hari – pulang kerja atau kuliah, mana capek, laper, panas, ngantuk dan berbagai macam keluhan lainnya. Ah. .. besok aja baca dan nulis artikelnya, itu pikir kita. Padahal sebelumnya kita sudah berusaha untuk membuat komitmen pada diri sendiri, aku harus membaca 1 jam setiap hari, menulis 1 artikel setiap hari, dan lain-lain. Besoknya apa yang terjadi ? sama ..lalu kita pun berpikir besok aja deh bos. Tar ..sok…tar…sok.
Dan setelah beberapa hari berlangsung kita sudah melupakan semua komitmen yang dibuat. Pada kenyataannya untuk bisa belajar dengan efektif kita harus disiplin, tanpa itu .. jangan mimpi. Betapapun malasnya, kusutnya pikiran, capeknya badan, pegelnya pinggang, harus disiplin !!. Gunakan tenggat waktu.
Aku sudah tahu semuanya – ini biasanya jika kita merasa sudah suksess, kita jadi merasa paling pintar, paling benar, peling ngetop, paling tenar. Hingga nggak perlu lagi belajar, ngapain belajar. Baiklah..kita mungkin sudah mencapai sesuatu, tapi sampai kapan ? dalam waktu singkat akan ada orang lain yang mampu melakukan yang sama, bahkan melebihi dari yang pernah kita lakukan.
Menangkan !! LG Monitor 24″ LCD Layar Lebar
Ingin mencari uang di internet ? Ingin dapat Monitor LCD 24″ Layar Lebar dari LG secara gratis ? beneran, nggak bohong-bohongan, sumpah mampus, suwer !! Kamu bisa mendapatkan monitor dari LG ini asalkan kamu ikutan kontest yang di selenggarakan Johnchow.com bekerja sama dengan BlueFur web hosting yang merupakan penyedia jasa Hosting Canada.
John Chow dot Com, merupakan blog yang mengkhususkan diri membahas mengenai Make Money, diblog ini kita bisa mempelajari berbagai hal mengenai cara mencari uang di internet. Blog ini banyak memberikan inspirasi dan tips-tips yang bermanfaat bagi yang seurious mencari penghasilan tambahan melalui blog atau website.
Gimana ? sudah siap dan serius untuk mencari uang di internet ? atau kamu cuma ingin membuang waktu, uang dan tenaga dengan menulis hal-hal yang tidak bermanfaat ? Tapi jika memang ingin mencari passive income melaui blog, ada beberapa sumber yang bisa kita jadikan bahan untuk mencari pengetahuan dan menambah pengalaman. Berikut beberapa artikel yang bisa kita jadikan tambahan pengetahuan:
Berbagai artikel tentang cara mencari uang di internet
Hal-hal Umum
• How to Make Money with Your Blog – oleh Steve Pavlina. Artikel ini memberikan gambaran secara umum tentang cara-cara menghasilkan uang melalui blog, dan apa-apa yang perlu diperhatikan.
• 5263 Words on Starting a Profitable Blog – Extensive artikel oleh Courtney Tuttle, mengajarkan langkah demi langkah cara-cara memsetup blog yang nantinya bisa menghasilkan uang, terutama bagi yang sudah atau akan menggunakan platform WordPress.
• Moving from Blogger to WordPress – oleh Steve Pavlina, Darren Rowse dan beberapa gurus yang direkomendasikan oleh WordPress. Artikel ini mengajarkan bagaimana cara berpindah aliran dari Blogger ke WordPress.
• Beginning Blogger Tip – oleh John Chow. Beberapa informasi dasar mengenai cara memilih topik dan membangun komunitas.
• The Seven Habits of Highly Successful Bloggers – oleh John Chow, gurunya making money online.
Cara Menulis Artikel
• How to Build a High Traffic Web-Site or Blog oleh Steve Pavlina. Membahas tentang cara membuat tulisan yang bisa meningkatkan traffic bagi blog.
• Copywriting Tips for Online Marketing Success – membahas secara umum cara menulis artikel yang bagus.
• How to Make Money Online Using Niche Content Websites – oleh Yaro Starak.
Meningkatkan Traffic dan Subscribers
• Blog Carnival Resource – tempat untuk mencari berbagai macam blog carnivals
• Driving Traffic with Free Article Services – oleh John Chow. Cara ampuh untuk meningkatkan traffic bagi blog.
• 10 Techniques to Get More Comments on Your Blog – oleh Darren Rowse. Membahas teknik-teknik agar sering mendapatkan komentar dari pengunjung.
• 10 Reasons Readers Don’t Leave Comments – oleh Liz Strauss. Topik yang sama dengan diatas, hanya dengan sudut pandang yang berbeda.
• Is Article Marketing Worth Your Time? – oleh Yaro Starak. Menjelaskan bagaimana cara mengatur strategi agar menjadi blogger yang suksess.
Membangun Link
• 102 Ways to Make Your Site a Back-Link Superstar – oleh Courtney Tuttle. Artikel ini berisi berbagai ide terbaru yang sangat bermanfaat.
• Why That Site with 50 Linkback Beats Your Site with 1000 linkbacks – oleh Jim Boykin. Membahas mengenai pentingnya link yang kualitas.
Monetize
• How to Get More Text Link Sales – oleh John Chow. Membahas cara-cara memaksimalkan penghasilan.
• 40 Ways to Make Money on the Internet – oleh Dumb Little Man. Menulis tentang sumber-sumber yang bisa mendatangkan uang melalui blog.
• How to Make $100 Per Day – oleh Jane May yang suksess melalui blognya Career Ramblings. Artikel ini membeberkan rahasia-rahasia kesuksessannya.
Cara Meraih Sukses
• Paula’s List of Blogger Salaries…Are You on the List? – oleh Paula Neal Mooney. Artikel ini memberikan daftar blogger-blogger yang suksess dan jumlah penghasilan yang mereka dapatkan.
• History of a $100k Site – menampilkan grafik dan penjelasannya tetang bagaimana sang webmaster berhasil mendapat $100k mark melalui situsnya Coolest Gadgets.
• Make Money on the Internet – April 2007 – oleh John Chow. Sejarah perkembangan blognya yang begitu pesat, dimana blognya ini membahas cara-cara mencari uang melalui internet, dilengkapi dengan grafik, statistik penghasilan dan rekomendasinya.
• How I Make Money Online – Part 4 – oleh Yaro Starak. Daftar semua sumber penghasilannya yang mencapai $6500 perbulan.
Gimana ? sudah nekat ingin mencari uang di internet ? atau masih menunggu keajaiban ? Masih berminat dengan monitor LG nya ? ikutan kontestnya sekarang juga. Baca syarat dan cara mengikutinya di artikel ini Evil Blog Contest – Win a 24″ Wide Screen LCD Monitor.
Kenapa ? nggak bisa bahasa Inggris ? nggak usah takut. Semua bahasa boleh dipakai koq. Kontest bakal ditutup tanggal 31 Juli 2007, jadi jangan sampai ketinggalan, ntar nyesel lho. Ajak temen, sodara, tetangga, kakak, adek, siapa aja yang lo kenal biar rame !!
Tips Memilih Topik Yang Tepat
OK..aku sudah membuat blog… selanjutnya apalagi ?? itu yang mungkin terlintas dalam benak kita. Ya .. sesudah mendaftar dan memilih platform blog, langkah selanjutnya tentu saja mengisinya, dengan apa ? tentu saja dengan tulisan. Masalah pernak-pernik, ican-icon, iklan-iklon itu masalah gampang..nanti saja kalo blog sudah mulai laris.
Tapi mau nulis apa ? tentang apa ? nah masalah ini lain lagi, ini masalah yang seurius. Karena ini masalah hidup dan mati, ini masalah nyawa bung !! Sebelum kita memutuskan untuk menulis tentang apa, yang pertama harus kita lakukan adalah sedikit research atau penenelitian. Cari dan baca blog-blog yang rada ngetop ampe yang top abis, ini bisa kita lakukan lewat MyBlogLog atau Technorati. Kita bisa menemukan blog-blog papan atas dengan mudah disini, karena disini tempat ngumpulnya para blogger.
Dari sering melihat dan membaca blog-blog papan atas ini, kita bisa mendapatkan ide. Topik apa yang kira-kira cocok dengan kepribadian, kemampuan dan keinginan yang kita miliki. Inga’…inga’…ting..(iklan tempo dulu), jangan asal memilih topik. Karena si topik inilah yang akan menentukan jati diri dari blog kita. Tanpa si topik yang jelas, maka kemungkinan besar blog kita jadi blog yang nggak jelas.
Oke…oke…ngerti boss..kalo soal itu sih aku sudah sering denger boss…tapi masalahnya aku nggak tahu cara memilih topik yang tepat itu yang bagaimana, itu kira-kira yang terpikir oleh kita. Kalo begitu kita perlu tahu dulu cara memilih topik yang tepat, sesuai dan punya potensi yang bagus untuk kelangsungan hidup blog. Bagaimana cara memilih topik yang tepat ? ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Siapa aku – Untuk menemukan topik yang tepat buat ngeblog, yang pertama harus kita lakukan adalah melihat kedalam. Kedalam apa ? kedalam diri kita sendiri dulu. Kita perlu menemukan jati diri kita yang sebenarnya dulu, jika kita sendiri tidak mengenal siapa kita sesungguhnya, bagaimana kita akan mencerminkan diri kita melalui blog ? karena sadar atau tidak sadar, mau atau tidak mau, blog merupakan cerminan dari pembuatnya.
Luangkan waktu sejenak, pikirkan tentang hal berharga apa yang kumiliki, apa yang selalu menarik perhatian ku hingga aku tak mudah merasa bosan, apa tujuan yang ingin kucapai, apa yang bisa membuatku terinspirasi untuk menulis. Jika kita bisa menemukan hal-hal yang bisa membuat kita terus bersemangat untuk menulis, maka itulah topik yang paling tepat. Karena dengan semangat dan motivasi yang tinggi, itu akan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan lebih indah.
Sedang trend – Ok .. kita sudah menemukan topik yang membuat kita tertarik dan bersemangat, tapi itu belum cukup. Kenapa belum cukup ? karena kita harus tahu lebih jauh lagi mengenai topik tersebut. Lakukan sedikit penelitian lagi, temukan jawaban dari pertanyaan berikut ini, apa topik ini sedang banyak diminati ? apa topik ini sedang banyak dibicarakan dan dicari ? apa topik ini akan terus diminati ?
Mengapa ini penting untuk dilakukan ? ini penting dilakukan jika kita ingin mendapat banyak pengunjung. Mencari topik yang banyak diminati akan memberikan kesempatan yang besar bagi blog untuk terus dikunjungi. Jika kita memilih topik yang kurang peminatnya maka akan butuh waktu yang lama untuk mendapatkan pengunjung. Karena itu lakukanlah sedikit penelitian, kunjungilah blog-blog yang banyak mendapat pengunjung. Dari situ kita bisa mendapatkan gambaran, topik apa kira-kira yang membuat blog tersebut ramai dikunjungi.
Bagaimana kompetisinya – setelah menemukan topik yang banyak peminatnya, langkah selanjutnya adalah melihat kompetisinya. Berapa berat persaingannya, mampukah kita menghadapinya. Untuk melihat seberapa besar kompetisi pada topik yang kita pilih, bisa dilakukan dengan menggunakan Google Suggest. Inputkan keyword yang kita pilih sebagai topik utama di blog kita nantinya, dan lihat jumlah query yang diberikan oleh Google Suggest. Angka yang ditunjukkan oleh Google Suggets itulah kompetisi yang harus kita hadapi.
Semakin popular topik maka semakin besar pula kompetisinya, tapi semakin besar pula kesempatan untuk mendapat pengunjung. Kita juga harus memperhatikan kemampuan kita dalam menghadapi kompetisi ini, jangan sampai kita hanya membuang waktu dan tenaga karena menghadapi kompetisi yang terlalu berat. Berapa kisaran angka yang ideal ? itu tergantung dari kemampuan kita untuk menghadapinya. Menurutku angka kompetisi yang ideal berkisar antara 1 sampai 5 juta, lebih dari itu maka akan terlalu berat untuk dihadapi.
Mampu untuk menulis – lagi-lagi ini tergantung dari pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki untuk menjawabnya. Setelah memilih topik dan mengetahui jumlah kompetisinya, maka saatnya untuk menulis. Tanyakan pada diri sendiri, mampukah aku untuk menulis cukup banyak tentang topik ini ? karena dalam bekompetisi, tulisan merupakan salah satu kekuatan untuk memenangkannya.
Tapi menurutku, sekalipun kita belum mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman, kita tidak perlu takut, gentar, dan putus asa. Gunakan internet, mau cari informasi apa ? semua tersedia. Yang dibutuhkan hanyalah usaha dan sikap pantang menyerah. Jadi kita tidak perlu merasa takut jika sudah menentukan topik yang akan digunakan.
Bisa menghasilkan uang – ini jika kita ingin menghasilkan uang secara online. Tanyakan pada diri sendiri, apakah dengan topik ini nantinya bisa mendatangkan uang jika kita mengikuti program seperti Google Adsense, Program Affiliasi, dan lain-lain. Adakah produk-produk yang berhubungan dengan topik yang kita pilih tersebut ? lagi-lagi .. lakukan penelitian.
Akhirnya… tentukan topik Mu !! – jika sudah pada tahap ini berarti kita sudah melewati tahap-tahap yang berat. Sekarang saatnya menentukan, saatnya memilih, saatnya memulai. Jangan terlalu lama membiarkan diri dalam kebingungan, jangan biarkan keraguan menghalangi kita untuk maju dan tampil kedepan. Ayo dipilih-dipilih-dipilih …3 seribu.
Adsense Sebagai Passive Income
Menghasilkan uang dari blog, hmm.. bukan hal yang baru. Sebagian besar blogger menginginkannya, siapa yang tidak ingin menambah income, terutama passive income. Ingat artikel sebelumnya yaitu Bekerja atau Berbisnis ?, dimana kita membahas betapa tidak enaknya menggantungkan penghasilan melalui gaji. Kenapa blog disebut passive income ? karena blog akan tersedia selama 24 jam. Berarti uang bisa mengalir ke kantong melalui blog kapanpun, sedang apapun, dan dimanapun kita berada.
Jadi kita tidak perlu nongkrongin blog terus menerus, kita cuma perlu bekerja beberapa jam sehari untuk melakukan hal-hal yang diperlukan, dan selanjutnya kita bisa mengerjakan hal lainnya. Uang akan mengalir selama 24 jam, benar-benar sebuah ide yang cemerlang untuk
menghasilkan uang. Tidak mengherankan jika sekarang ini semua orang berlomba-lomba untuk mempelajari bagaiman cara menghasilkan uang dari internet, jadi sangat rugi jika kita tidak ikut-ikutan mencari uang melalui internet.
Banyak cara dan pilihan untuk mencari uang di internet, salah program yang sangat populer saat ini adalah Google Adsense. Tapi bukankah banyak cara lain untuk mencari uang melalui internet, mengapa adsense ? bukankah ada program-program lain yang bisa kita ikuti untuk mencari uang di internet ? seperti Program Affiliasi misalnya, atau membuat ebook, atau ikut join di program MLM, Pay Per Post, melakukan Investasi, ikut program Pay for Online, dan lain-lain.
Memang benar, semua program tadi bisa kita jadikan sarana untuk memberikan kita passive income. Dan setiap progam tadi mempunyai kelebihan dan kekurangan, kita akan membahasnya satu-persatu nanti. Lalu apa kelebihan dan kekurangan adsense ?, mengapa adsense begitu menarik perhatian ? mengapa adsense menjadi begitu populer dikalangan blogger dan netter yang mencari penghasilan dari internet ? ini juga yang membuat aku tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai Google Adsense.
Kelebihan Adsense
• AdSense relatif mudah untuk diikuti.
• Adsense mudah ditempatkan, kita cukup dengan copy-paste kode yang diberikan oleh pihak adsense.
• Gratis alias tidak perlu membayar biaya apapun.
• Tidak perlu repot mencari-cari pihak yang berminat memasang iklan di blog atau website kita.
• Kita cuma perlu membuat tulisan yang bagus, agar adsense bisa mencari iklan yang paling berhubungan dengan isi tulisan.
• Tidak perlu repot untuk mencari iklan atau produk yang cocok untuk tiap halaman yang kita buat.
• Tidak perlu dipusingkan dengan berbagai cara menempatkan kode dari berbagai program affiliasi yang kita ikuti (jika cuma mengikutii program adsense).
• Kita jadi bisa memfokuskan diri bagaimana cara membuat content yang bagus, dan adsense yang akan mencarikan iklan yang paling cocok di antara lebih kurang 100.000 pemasang iklan melalui program Google Adword.
• Bisa diikuti mulai dari pemula hingga yang veteran.
• AdSense menyediakan statistik yang relatif sederhana dan mudah dimengerti.
• Sekalipun kita mengikuti program affiliasi lain, Adsense tetap mengizinkan kita untuk menempatkan link dari program affiliasi tersebut, hanya saja kita perlu memperhatikan syarat-syarat yang diberikan oleh Adsense agar tidak melanggar TOS.
• Kita juga bisa memfilter atau memblock lebih dari 200 URLs dari adsense, jika iklan yang akan ditampilkan dari adsense tersebut mempunyai produk yang sama dengan produk yang kita tawarkan melalui program affiliasi lain. Ini untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi program affiliasi lain yang kita ikuti.
• Google Adsense merupakan program periklanan yang kompetitif, hingga adsense banyak diminati oleh para advertiser untuk memasarkan dan memperkenalkan produk mereka.
• Hanya dengan satu account, kita bisa menempatkan adsense pada beberapa blog sekaligus. Jadi tidak perlu membuat satu account untuk tiap blog yang dimiliki.
• Banyak sumber-sumber yang bisa dijadikan bahan untuk mempelajarinya, sekalipun kita masih awam kita bisa belajar dari para veteran yang sudah lebih dulu terjun dalam dunia adsense.
Kekurangan Adsense
Seperti juga berbagai program lainnya, adsense tentu mempunyai beberapa kelemahan dan kekurangan yang cukup mengganggu. Beberapa kekurangan ini antara lain:
• Statistik income yang diberikan oleh Adsense memang cukup simple dan mudah dipahami, akan tetapi adsense tidak menampilkan iklan mana yang sering diklik dan keyword apa yang berhubungan dengan iklan tersebut. Hal ini cukup membuat frustasi, karena informasi tersebut sangat penting.
• Masih berhubungan dengan point diatas, khan jika kita tahu iklan dan keyword apa yang sering diklik, kita bisa membuang keyword yang tidak banyak menghasilkan duit.
• Adsense sering menampilkan PSA (Public Service Ads) atau iklan layanan masyarakat, dan jika ini diklik, kita dapet apa coba.
• Minimum payout is $100, berat juga tuh, terutama bagi blog yang tidak banyak mendapat traffic. Bisa butuh waktu lama tuh untuk mencairkannya.
• Sebelum blog atau website bisa disetujui untuk join adsense, blog tersebut harus di review atau di periksa dulu dulu. Dan yang melakukan pengecekkan adalah seorang manusia biasa, kalau manusianya kan cenderung …???
• Adsense melarang kita untuk berbagi atau memberi tahukan orang lain mengenai pendapatan kita melalui adsense, begini bunyi AdSense Terms dan Conditions: “Confidentiality. You agree not to disclose Google Confidential Infataumation without Google’s priatau written consent. ‘Google Confidential Infataumation’ includes without limitation: … (b) click-through rates atau other statistics relating to Site perfataumance in the Program provided to you by Google…” itukan agak aneh. Sebagai sesama blogger kita perlu informasi semacam ini untuk berbagi keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami.
• Sebagai partner, adsense juga tidak memberi tahukan berapa persen yang kita dapatkan dari total penghasilan mereka. Kata Google sih gini: “How much will I earn through this program? The AdWatauds ads you are able to display on your content pages are cost-per-click (CPC) ads. This means that advertisers pay only when users click on ads. You’ll receive a pataution of the amount paid fatau clicks on AdWatauds ads on your website. Although we don’t disclose the exact revenue share, our goal is to enable publishers to make as much atau mataue than they could with other advertising netwatauks.”
• Adsense rawan klik fraud, ini bisa jadi resiko yang besar bagi kita. Terutama bila ada pihak-pihak lain yang merasa tidak senang melihat orang lain suksess, dan pihak tersebutlah yang melakukan klik fraud. Tapi pihak Google mungkin beranggapan bahwa kita berkerja sama dengan pihak yang melakukan klik fraud tersebut. Dan akhirnya account kita kena banned, ludes dah penghasilan. Apalagi jika penghasilan tersebut sudah lumayan buanyak, apes dah.
• Adsense belum mendukung semua bahasa, terutama bahasa Indonesia. Jadi khan kacian bagi blogger yang belum fasih berbahasa Inggris. Mereka dengan amat sangat terpaksa harus belajar bahasa Inggris, itu jika mereka masih minat dengan adsense.
Menurutku itulah beberapa kelebihan dan kekurangan adsense, jika kamu mempunyai pendapat sendiri, sudilah untuk membaginya disini.
Berapa yang bisa di hasilkan
Dengan beberapa kekurangan dan kelebihan yang ada, adsense tetap menjadi primadona bagi kita untuk menghasilkan passive income. Sebenarnya berapa yang bisa kita dapatkan dari adsense ? itu tergantung dari barapa harga dibayarkan oleh pemasang iklan tersebut melalui program Google Adword. Ada yang cuma 5 cent perklik, tapi ada yang mencapai $10 hingga $12 perklik, dan kita mendapat beberapa persen dari harga tersebut.
Sebelum kita memutuskan dan berangan-angan, berapa banyak uang yang ingin kita hasilkan dari adsense, akan lebih baik jika kita tahu bagaimana cara melakukannya. Misalnya kita mempunyai target income $100.000 pertahun dari adsense, apakah itu memungkinkan ? coba kita hitung $100.000 dibagi 365 hari = $274 perhari. Itu berarti kita harus membuat 274 halaman, dan setiap halaman menghasilkan $1. Atau 548 halaman dan setiap halaman menghasilkan 5 cent. Atau 1096 halaman dan setiap halaman menghasilkan 25 cent.
Hipotesanya mungkin begini, untuk menghasilkan $1 perhalaman setiap harinya, berarti setiap halaman perlu:
1. 400 pengunjung, 5% click-through rate (CTR) dan rata-rata 5 cent payout.
2. Atau 200 pengunjung, 10% CTR dan rata-rata 5 cent payout.
3. Atau 100 pengunjung, 10% CTR, dan rata-rata 10 cent payout.
4. Atau 100 pengunjung, 5% CTR, dan rata-rata 20 cent payout.
5. Atau 50 pengunjung, 10% CTR dan 20 cent payout rata-rata .
6. Atau 25 pengunjung, 20% CTR dan 20 cent payout rata-rata.
7. Atau 20 pengunjung, 10% CTR dan 50 cent payout rata-rata.
8. Atau 10 pengunjung, 20% CTR dan 50 cent payout rata-rata.
9. Atau 5 pengunjung, 20% CTR dan $1 payout rata-rata.
Mohon dikoreksi bila hitungannya salah. Coba kita ambil tengahnya saja, anggaplah kita menginginkan 50 pengunjung perhalaman. Kita punya 274 halaman, dan untuk setiap halaman kita ingin menghasilkan $1 perhari. Berarti yang kita butuhkan adalah 274 x 50 = 13.700 pageview perhari. Hm.. tampaknya terlalu berat ya. Berarti yang harus kita lakukan adalah mencari keyword yang bernilai tinggi, dan mencari cara untuk meningkatkan CTR.
Kita coba dengan skenario yang berbeda, anggaplah kita menemukan keyword yang bisa menghasilkan $1 perhari dari setiap 10 pengunjung. Itu berarti: dengan 274 halaman X 10 pengunjung = 2740 pageview perhari. Jika dari 10 pengunjung membaca rata-rata 3 halaman, berarti yang kita butuhkan adalah 913 unique pengunjung perhari. Ini juga tampaknya masih cukup berat, maka yang mungkin bisa kita lakukan adalah membaginya menjadi 2 atau 3, 4, dan seterusnya. Caranya ? dengan membuat blog-blog lain sebanyak angka pembagi yang kita inginkan.
Ternyata tidak semudah yang kita impikan untuk mencari uang melalui adsense, tapi adakah cara yang mudah ? tidak ada. Semua cara membutuhkan kerja keras dan perjuangan yang tak kenal lelah. Karena itu kita perlu belajar sungguh-sungguh dan lebih dalam lagi jika ingin meningkatkan pendapatan melalui adsense, kita akan membahasnya pada artikel-artikel mendatang. Jika kamu punya informasi yang berharga, sudilah kiranya membaginya dengan teman-teman lain melalui blog ini atau blog mu sendiri.
Bekerja atau Berbisnis ?
Umumnya orang berpendapat setelah mencapai umur tertentu, misalnya setelah lulus sekolah atau kuliah, bahwa inilah waktunya keluar dan mencari lowongan pekerjaan. Dan seperti pendapat-pendapat umum lainnya, pendapat ini belum tentu benar. Hanya karena semua orang melakukannya, bukan berarti bahwa hal tersebut berarti benar. Malah jika kita benar-benar berpikir, mencari pekerjaan adalah hal terbodoh yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hidup.
Berapa banyak orang yang malah menderita setelah mendapat pekerjaan, berapa banyak orang yang malah ingin berhenti bekerja. Dan banyak lagi orang yang tidak puas dengan hidupnya karena pekerjaannya. Yang dimaksud bekerja disini adalah bekerja pada orang lain, bekerja hanya sekedar untuk mencari upah. Mengapa itu seharusnya tidak kita lakukan, berikut beberapa alasannya:
Pendapatan Terbatas
Mendapat pekerjaan, menjual waktu dan tenaga dan menukarnya dengan uang, sepertinya ide yang bagus. Cuma ada satu masalahnya, itu hal yang bodoh, itu cara yang terbodoh untuk mencari uang. Mengapa disebut bodoh ? karena kita hanya akan dibayar jika kita bekerja.
Benar kan !! atau kita memang sudah diprogram untuk berpikir seperti itu. Pernahkah kita mempertimbangkan bahwa akan lebih baik jika kita tetap bisa mendapatkan uang sekalipun kita tidak bekerja ? siapa yang mengatakan bahwa kita hanya akan mendapat uang jika kita bekerja ? pegawai !!
Bukankah akan lebih baik jika uang tetap mengalir sekalipun kita sedang makan, tidur, atau bermain dengan anak ? mengapa kita hanya ingin dibayar 8 jam sehari, jika kita bisa mendapatkan bayaran selama 24 jam. Dibayar sekalipun bekerja atau tidak, tidakkah kita mempunyai rencana untuk melakukannya ? tidak inginkah kita bisa tetap menghasilkan uang sekalipun kita tidak lagi bisa bekerja ?
Siapa yang perduli dengan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bekerja dalam sehari ? mungkin hanya segelintir orang. Sebagian besar orang tidak peduli dan tidak mau ambil pusing dengan berapa banyak waktu yang habiskan untuk bekerja, entah itu 6 jam seminggu atau 60 jam seminggu. Orang hanya peduli dengan hal-hal berharga yang bisa kita berikan untuknya.
Orang tidak peduli dengan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mengerjakannya, mereka hanya peduli jika sesuatu itu berharga baginya. Apa kamu peduli berapa waktu yang kuhabiskan untuk menulis artikel ini ? misalnya kamu harus membayar dengan harga tertentu untuk bisa membaca artikel ini, dan aku membuat artikel ini dalam waktu 1 jam. Apa kamu mau membayar dua kali lipat jika aku mengerjakannya selama 2 jam ?
Orang yang pintar akan membangun sistem yang bisa menghasilkan income selama 24 jam, terutama passive income. Dalam hal ini contohnya adalah: membuat website atau blog, investasi atau menanam modal, membuat karya-karya kreatif yang menghasilkan royalti. Sistem seperti ini akan memberikan hal-hal yang berharga bagi orang lain, dan mengalirkan uang pada pembuatnya.
Contohnya penulis buku, pencipta lagu, pembuat film dan lain-lain. Berapa uang yang mereka hasilkan dari karya-karya yang mereka buat, tentu saja untuk membuatnya mereka harus bekerja. Tapi hanya beberapa waktu saja, setelah itu ? mereka tinggal menikmati hasilnya dari waktu ke waktu. Kan lebih enak jika kita bisa jalan-jalan, liburan, tapi tetap menghasilkan uang.
Jika kita lebih memilih mencari pekerjaan dan mendapat bayaran, tak masalah, itu pilihan kita sendiri. Atau kita lebih memilih hidup santai dari membuat sistem yang bisa menghasilkan sesuatu yang berharga bagi orang lain, dan memberikan penghasilan bagi kita sekalipun kita bekerja ataupun tidak. Mungkin saat ini kita belum tahu cara melakukannya, namun banyak sumber yang bisa kita jadikan bahan untuk mempelajari cara melakukannya.
Tidak ada orang yang terlahir dengan semua pengetahuan tentang bisniss, investasi dan cara menjalankannya. Mereka juga belajar dan mempelajarinya. Dan itu berarti kita juga bisa mempelajarinya, berapa lama waktu yang dibutuhkan ? itu bukan masalah. Karena waktu akan tetap berjalan, sekalipun kita hanya diam dan puas menjadi budak, atau berusaha menjadi tuan.
Pengalaman Terbatas
Kita biasanya berpikir, aku mencari kerja untuk mencari pengalaman. Ini sama halnya dengan jika kita berkata: aku main sepakbola, karena ingin mencari pengalaman bermain sepakbola. Kita mendapat pengalaman karena kita hidup, entah kita berkerja atau tidak. Pekerjaan hanya memberi kita pengalaman tentang pekerjaan tersebut, padahal sebenarnya kita mendapat pengalaman dari semua yang kita lakukan.
Masalah yang kita hadapi dalam mencari pengalaman melalui pekerjaan adalah: kita hanya melakukan hal yang sama berulang-ulang. Kita hanya mendapat banyak pengalaman pada saat pertama bekerja, dan selanjutnya tidak banyak lagi yang bisa kita pelajari. Hal ini memaksa kita untuk melewatkan berbagai kesempatan berharga lainnya. Dan pengalaman terbatas yang kita dapatkan dari pekerjaan itu semakin lama akan semakin usang, coba kita tanyakan pada diri sendiri pengalaman apa yang kita dapatkan dari pekerjaan sekarang akan tetap berharga 10 – 20 tahun lagi.
Beresiko Tinggi
Banyak yang berpendapat, bahwa mencari pekerjaan dan bekerja pada orang lain adalah cara paling aman untuk mendapatkan uang, benarkah ? coba kita pikirkan. Dengan bekerja pada orang lain, berarti menempatkan diri kita pada posisi dimana orang lain yang menentukan sampai kapan kita bisa terus mendapatkan penghasilan. Dan orang lain bisa dengan mudah menutup jalan kita untuk mendapatkan penghasilan hanya dengan mengucapkan kata “Kau di pecat !!”.
Amankah itu ? apakah hanya mempunyai 1 jalan untuk mendapat penghasilan, lebih aman dari pada mempunyai 10 jalan untuk menghasilkan uang ? Ternyata ide mencari pekerjaan cara paling aman untuk mendapat penghasilan adalah konyol. Kita tidak bisa disebut aman, jika kita tidak mempunyai kekuasaan untuk mengontrol. Dan dengan bekerja pada orang lain berarti kita membiarkan diri kita di kendalikan oleh orang lain.
Mengemis untuk uang
JIka kita bekerja pada orang lain, maka pada saat kita ingin mendapatkan kenaikkan gaji, seringkali kita harus menghiba-hiba, meratap, bahkan mengemis. Bagaimana rasanya jika harus terus melakukan itu setiap kita menginginkan upah yang lebih baik ? Bukankah akan lebih baik jika kita bisa menentukan sendiri berapa pendapatan yang kita inginkan, tanpa harus meminta izin pada siapapun. Jika kita punya bisnis sendiri dan ketika seorang pelanggan berkata “tidak” saat kita menawarkan sesuatu, kita cukup berkata “baiklah… aku akan mencari orang lain yang mau”.
Pergaulan Terbatas
Kebanyakan orang hanya bergaul dengan orang-orang dalam lingkungan pekerjaannya saja, berkumpul dan bertemu hanya pada ruang lingkup yang terbatas. Bergaul hanya dengan orang-orang yang mempunyai profesi dan pekerjaan yang sama, hal ini sering disebabkan waktu, pengetahuan, dan penghasilan yang terbatas, hingga kit tidak mempunyai kesempatan untuk melihat sisi atau belahan dunia lain. Bukankah akan lebih menyenangkan jika kita bisa memutuskan sendiri, dimana dan dengan siapa kita ingin bertemu.
Hilang Kebebasan
Butuh usaha yang besar untuk menjinakkan seorang manusia dan menjadikannya sebagai seorang pegawai. Yang pertama harus dilakukan adalah menjinakkan keinginannya untuk bebas. Caranya: dengan memberikan berbagai syarat dan aturan yang harus dipatuhi dan disetujui. Ini akan membuat seorang pegawai menjadi lebih patuh dan tunduk. Serta hukuman atau compensasi akan membuat mereka menjadi takut untuk melanggarnya.
Cara ini juga akan membuat pagawai berpikir bahwa mereka akan lebih aman jika mereka mengikuti dan menyetujui saja syarat yang diberikan tanpa harus banyak bertanya. Dan salah satu bagian dari cara untuk membuat pegawai menjadi patuh adalah dengan cara melatihnya, melatih cara mereka berpakaian, berbicara, bergerak dan seterusnya. Orang yang bebas akan berpikir bahwa satu-satunya aturan yang diperlukan yaitu: “menjadi pintar, menjadi baik, lakukan yang terbaik, dan lakukan yang kau suka”.
Jadi Pengecut
Dengan hilangnya keinginan untuk hidup bebas, cepat atau lambat kita akan kehilangan keberanian.Kita tidak lagi berani berkata dan berbuat yang menurut kita benar. Kita hanya ingin patuh dan mengikuti aturan yang sudah dibuat. Hanya masalah waktu sampai kitapun akan mengorbankan kejujuran, integritas, martabat, dan akhirnya keinginan untuk mendiri. Kita menjual kemanusiaan kita hanya untuk sebuah ilusi, dan ketakutan terbesar kita adalah mencari tahu akan jadi apa kita sebenarnya.
Inilah beberapa alasan mengapa seharusnya kita tidak mencari pekerjaan, bagaimana menurut kamu ? mungkin sebagian besar kita akan menyangkal semua ini. Apalagi jika kita sudah merasa nyaman dan aman dengan pekerjaan yang sekarang dijalani. Tapi coba kita pertimbangkan, jika memang semua alasan diatas tidak benar, maka tidak ada alasan bagi kita untuk menjadi emosi atau bereaksi.
Alasan-alasan diatas hanyalah sebagai pengingat hal-hal yang sudah kita ketahui, kita bisa menyangkal penjara yang selama ini mengukung kebebasan yang kita miliki. Jika hal-hal diatas membuat kita gerah, itu berarti pertanda bagus. Rasa itu akan mendorong kita untuk mencari kebenaran, dan berbuat sesuatu untuk memperbaikinya.
Lalu apa alternatif yang kita miliki ? alternatinya: pekerjaan yang kita butuhkan adalah pekerjaan yang bisa membuat kita bahagia, dan hidup sesuai dengan yang kita kehendaki tapi tetap bisa memberikan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan. Bukan hidup dengan aturan yang dibuat oleh orang lain, dengan cara orang lain.
Yang harus kita sadari bahwa kita mencari uang dengan cara memberikan sesuatu yang bernilai dan bukan dengan menjual waktu. Jadi kita harus mencari cara agar bisa menghasilkan sesuatu yang bisa berharga untuk dijual pada orang lain. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan membuat atau memulai bisniss sendiri.
Apapun pekerjaan kita sekarang, carilah cara untuk bisa menghasilkan hal yang bernilai, dan menjualnya langsung pada orang yang memerlukannya. Memang diperlukan waktu untuk melakukan itu, tapi semua energi dan waktu yang kita investasikan untuk melakukannya, akan memberikan kita kebebasan yang memang seharusnya menjadi milik kita sendiri.
Dan tentu saja semua hal yang pernah kita pelajari dalam upaya melakukannya, bisa kita bagi pada orang lain. Semua pengalaman dan pengetahuan tersebut juga merupakan hal yang bernilai bagi orang lain, dan hal ini bisa kita jadikan sarana untuk menambah penghasilan. Jadi.. cari dan mulailah bisniss mu sendiri !!
Ngeblog Cuma Buang Waktu ?
Kamu punya blog ? apa tujuan kamu ngeblog ? sudah berapa lama kamu ngeblog ? sering membuat tulisan di blog ? berapa biaya yang sudah kamu keluarkan untuk ngeblog ? apa yang kamu dapat dari blog ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang harus bisa kita jawab. Jika membuat blog hanya untuk iseng-iseng sambil mengisi waktu, maka kita tidak perlu dipusingkan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas.
Tapi bukankah akan lebih baik jika kita punya tujuan yang jelas, selain lebih terarah, kita juga jadi bisa mengukur, sudah sejauh mana langkah yang telah diambil, dan langkah apa lagi yang harus diambil. Kemana harus mencari, dan siapa yang harus diikuti. Tidak punya tujuan yang jelas akan membuat kita bingung, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan ditulis.
Dan sebelum kita terlalu bingung dan membuat orang lain juga bingung, ada baiknya jika kita coba berpikir sejenak. Pikirkan apa tujuan sesungguhnya dari membuat blog, pikirkan juga apakah kita punya kemampuan untuk mencapainya. Apa yang kita butuhkan untuk mencapainya, apakah kita punya sumberdaya yang dibutuhkan untuk mencapainya, dan bagaimana cara melakukannya.
Nah .. sebelum kita membuang waktu, tenaga dan biaya untuk membuat blog, tanyakan ini pada diri sendiri sebelum menulis sesuatu di blog. Reaksi apa yang kuharapkan dari tulisan ini ? Apa yang aku ingin pembaca lakukan setelah membaca tulisan ini ? contohnya kamu bisa ….
Membuat review suatu produk – tulis mengenai detail produk tersebut, kegunaannya, cara menggunakannya, kelebihan serta kekurangannya. Arahkan pembaca untuk membuat keputusan membeli produk tersebut dan mengklik link yang kita buat dengan menyertakan kode dari program affiliasi yang kita ikuti. Hasilnya: transaksi jual beli dan komisi.
Membuat tutorial – hasilnya: membangun kredibilitas. Jika kita melakukan ini, kita harus berusaha membuat tutorial yang mudah dimengerti. Yang harus kita ingat adalah bahwa kemampuan orang tidak sama, dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Kita juga harus bisa mengarahkan mereka untuk mengerti cara berlangganan tulisan kita melalui emai, RSS Feed, atau cara bergabung dengan komunitas yang kita buat.
Cepat atau lambat, saat kita berhasil membuat orang terkesan. Saat itulah mereka kita arahkan untuk menjadi bagian dari network atau komunitas yang sudah kita persiapkan. Jika tidak !! lalu apa gunanya ? Sangat mungkin jika dengan cepat mereka akan melupakan kita, dan mencari hal lain yang membuat mereka tertarik. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari sebuah komunitas atau network yang kita buat, karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara membangun sebuah komunitas dan mengembangkannya.
Mengemukakan pendapat atau pemikiran – yang dimaksud disini adalah pendapat yang benar-benar hasil pemikiran sendiri, bukan hasil dari pemikiran orang lain. Atua sekedar menuliskan pendapat orang lain, hasilnya: sama kredibilitas.
Membangun link bait – tujuan kita adalah mendapatkan link sebanyak-banyaknya dari blog lain, hasilnya: pagerank yang tinggi di search engine.
Jika kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain dari blog yang kita buat, mengapa tidak kita lakukan. Dengan tujuan yang jelas maka semuanya akan menjadi lebih jelas. So…tentukan tujuan mu !!
Top 100 Situs Indonesia
Daftar Top 100 Situs yang paling sering dikunjungi oleh orang Indonesia, data diambil berdasarkan ranking Alexa.com, pada tanggal 14 Juni 2007. Dengan mengetahui informasi ini, bisa memberi kita ide, apa yang paling diminati oleh pengunjung dari Indonesia. Semoga bermanfaat !!
1. Yahoo! Personalized content and search options. Chatrooms, free e-mail, clubs, and pager. yahoo.com
2. Friendster Friendster is a leading global social network emphasizing genuine friendships and the discovery of new people through friends. Search for old friends and classmates, stay in better touch with friends, share photos and videos, and so much more.friendster.com
3. Google.co.id google.co.id
4. Google Enables users to search the Web, Usenet, and images. Features include PageRank, caching and translation of results, and an option to find similar pages. The company’s focus is developing search technology. google.com
5. Microsoft Network (MSN) Dialup access and content provider. msn.com
6. Blogger.com Free, automated weblog publishing tool that sends updates to a site via FTP. blogger.com
7. Megaupload Megaupload is a “leading website of the world” for transferring files easily, with complete security and free of charge. megaupload.com
8. Rapidshare.com rapidshare.com
9. YouTube YouTube is a way to get your videos to the people who matter to you. Upload, tag and share your videos worldwide! youtube.com
10. Multiply.com multiply.com
11. Wikipedia An online collaborative encyclopedia. wikipedia.org
12. Kaskus – Komunitas Indonesia Forum komunitas online dengan anggota dari berbagai negara dan memiliki beragam topik diskusi dalam Bahasa Indonesia dan Inggeris. kaskus.us
13. UserCash.com Paid URL forwarding usercash.com
14. Windows Live Search engine from Microsoft. live.com
15. Detik.com Portal berisi berita aktual, artikel, dan fasilitas online. detik.com
16. Detik Sport Berisi tentang berita-berita olahraga yang aktual. detiksport.com
17. Duniasex.com duniasex.com
18. Microsoft Corporation Main site for product information, support, and news. microsoft.com
19. WordPress.com wordpress.com
20. Detiknews.com detiknews.com
21. KOMPAS Cyber Media Edisi online koran dengan oplah terbesar di Indonesia, terbitan Kelompok Kompas Gramedia.kompas.com
22. Myspace Social Networking Site. myspace.com
23. JobsDB.com Offering job search and posting, career tips and human resource solutions to job seekers, corporate employers and recruiters across the globe. jobsdb.com
24. Detikhot.com detikhot.com
25. ImageFap imagefap.com
26. ImageVenue hosting World s most popular free image hosting for bloggers and message board users. imagevenue.com
27. Kapanlagi.com kapanlagi.com
28. Plasa.Com Fasilitas informasi, forum, kartu elektronik, e-mail dan iklan. Layanan dari Telkom. plasa.com
29. Telkomspeedy.com telkomspeedy.com
30. Bluefame.com bluefame.com
31. Photobucket image hosting and photo sharing Provides image hosting for auctions, live journals, blogs, message boards, personal websites and online photo albums. Reliable, fast and very simple to use. photobucket.com
32. Klik BCA Layanan internet banking dari Bank Central Asia. Terdapat informasi kurs valuta asing, dan akses ke rekening nasabah. klikbca.com
33. InvisionFree Provides fully-featured Invision Board hosting. Features instant account activation. Free and paid plans available. invisionfree.com
34. LiveJournal.com Opensource project. A service for creating and customizing a journal on the web. Download an executable tool to update your journal without being connected to the site. Additional features with paid account. livejournal.com
35. GameFAQs Includes FAQs, walkthroughs, message boards, user submitted reviews, and codes for all console and computer platforms. gamefaqs.com
36. Bintangmawar.net bintangmawar.net
37. Indosiar Online Salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.indosiar.com
38. 21cineplex.com 21cineplex.com
39. Megarotic.com megarotic.com
40. ImageShack ImageShack® is a free image hosting solution. It can be used to share pictures with friends, as well as post images on message boards and blogs. It can also be used to direct link images from your personal website or online auction. And best of all, it’s completely free.imageshack.us
41. Geocities 15 Mb with 3Gb monthly bandwidth limit. Banner or Pop-up ads on each page. Browser or FTP uploads. On-line editor. CGI scripts: counter and guestbook. URL: ‘http://www.geocities.com/yoursite/’. geocities.com
42. Turboupload.com turboupload.com
43. Jobstreet.com jobstreet.com
44. Seal Online Indonesia Situs resmi game Seal Online Indonesia. sealindo.com
45. Liveconnector.com liveconnector.com
46. Googlesyndication.com googlesyndication.com
47. RapidShare Users can upload up to 300 meg files for sharing. Provides downloads of 300 megs per hour on the free service. Premium service also available. rapidshare.de
48. Gudangupload.com gudangupload.com
49. EBay International person to person auction site, with products sorted into categories. ebay.com
50. DeviantArt Where Art Meets Application An online community for art and skin lovers; those who create art and skins and those who adore it. A large collection of Skins, desktop wallpapers, IndyArt, textures, tutorials, poetry, forums and other deviations. deviantart.com
51. Depositfiles.com depositfiles.com
52. Detikinet.com detikinet.com
53. Telkom.net telkom.net
54. Amazon.com Amazon.com seeks to be Earth’s most customer-centric company, where customers can find and discover anything they might want to buy online, and endeavors to offer its customers the lowest possible prices. Site has numerous personalization features and services including one-click buying, extensive customer and editorial product reviews, gift registries, gift certificates, wish lists, restaurant and movie listings, travel, and photo processing.amazon.com
55. KafeGaul Situs untuk komunitas gaul di Indonesia kafegaul.com
56. CNET Download.com The site is one of the largest and most trusted sources of freeware, shareware, and other software downloads.download.com
57. Sendspace.com sendspace.com
58. CBN Dial-up, LAN dial-up, dedicated, and broadband access. Includes online registration and list of clients. cbn.net.id
59. AirAsia Berhad Regional airline serving Malaysia and south-east asian destinations. Provides flight, planes, corporate information and online booking. Head office in Sepang. airasia.com
60. Astaga.com Situs portal lifestyle di Indonesia, dengan berbagai fasilitas seperti Astrologi, Cuaca, dan banyak lagi. astaga.com
61. Information.com information.com
62. Go A searchable directory, news, stocks, sports and free e-mail. go.com
63. Lalatx.com lalatx.com
64. Kikil.com kikil.com
65. Indo Network Situs gabungan berbagai iklan perusahaan Indonesia produk dalam dan luar negeri serta terdapat fasilitas pencarian. indonetwork.co.id
66. Karir.com Job search portal, search posted jobs and resumes, requires registration for job seekers. Advertising rates for employers provided. karir.com
67. Susuaku.us susuaku.us
68. Starware.com starware.com
69. Friendster-layouts.com friendster-layouts.com
70. Bhinneka Menawarkan berbagai peralatan dan perangkat komputer dalam IDR dan USD berlokasi di Jakarta. bhinneka.com
71. Urlcash.net urlcash.net
72. Live Score Real time football (soccer) match scores across International and over 100 leagues in 34 countries on a permanent basis. livescore.com
73. Telkomsel Operator GSM Indonesia telkomsel.com
74. Flickr Picture galleries available with social networking, chat, groups, and photo ratings. flickr.com
75. Dada.net dada.net
76. Ayodance.com ayodance.com
77. Institut Teknologi Bandung Institution of higher learning of science, technology, and fine arts, with a mission of education, research, and services to the community. itb.ac.id
78. The Internet Movie Database Features plot summaries, reviews, cast lists, and theatre schedules. imdb.com
79. Passport.net passport.net
80. Ragnarok Online Indonesia Situs resmi ragnarok online versi indonesia. Dikelola oleh PT. Lyto dengan server Iris, Chaos, Loki dan Sakray ragnarok.co.id
81. Adult Friendfinder Personal adverts with pictures and chat. [Membership] adultfriendfinder.com
82. Bina Nusantara University Includes guide to its schools and centers, facilities, research, admissions, and majors. binus.ac.id
83. Soompi A place to keep up with Korean pop culture. There are translated articles and reviews, in addition to galleries, forums, and news.soompi.com
84. Asianbookie.com asianbookie.com
85. 7m.cn即时比分 提供世界各地足球即时比分、赔率信息、盘口信息、以及快速比分免费调用。 7m.cn
86. FanFiction.Net Automated story archive arranged by genre and searchable by author, title, and keyword.fanfiction.net
87. Studio Handphone Menyediakan produk dan aksesoris telepon selular disertai informasi produk dan harga, serta berita. studiohp.com
88. Eurekster.com eurekster.com
89. Mail Archive Archiving service for public mailing lists. mail-archive.com
90. Mobile9.comMobile phone news and discussion forum. Members have access to ringtones, wallpapers and other downloads. mobile9.com
91. Imeem.com imeem.com
92. Forum Bebas Indonesia Terdapat diskusi tentang politik, agama, hiburan, internet dan masalah sosial. forumbebas.com
93. Sbobet.com sbobet.com
94. Forum-indoflasher.com forum-indoflasher.com
95. Glodok Shop Menawarkan berbagai kategori produk, termasuk komputer, televisi, peralatan audio dan video. glodokshop.com
96. Detikfinance.com detikfinance.com
97. Ligagame.com Organisasi untuk gamers Indonesia ligagame.com
98. Symantec Makers of popular Norton Antivirus product. symantec.com
99. CHIP Online http://www.CHIP.co.id is the official website of CHIP Magazine, Indonesia leading computer magazine. Withover 73,000 registered members, CHIP Online has the biggest IT community in Indonesia by far, with channels such as forums, photo gallery, review center, and classifieds ads. Quality articles, reports, tests & reviews, technical comparisons, buyer s guides, tips & tricks, guides and workshops, CHIP Online offers complete experiences for a global audience of IT enthusiasts in Indonesia. chip.co.id
100. Tripod.com tripod.com
Mendaftarkan Blog ke RSS Feed
RSS (”Really Simple Syndication” atau “Rich Site Summary”) adalah cara baru untuk berlangganan website atau blog, dengan menggunakan RSS ini kita dapat mengumpulkan berbagai tulisan dari berbagai website atau blog yang menjadi favorite, tanpa harus mengunjungi website atau blog tersebut satu persatu. Dengan kemudahan tersebut akan menghemat waktu kita selama berselancar di internet, tanpa kehilangan kesempatan mendapatkan berita-berita terbaru dari website atau blog yang menjadi pilihan.
RSS bukan hanya memberikan keuntungan bagi pembaca, tapi juga bagi pemilik website atau blog. Dengan mendaftarkan URL blog pada RSS Feed akan membuka kesempatan bagi blog kita untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. RSS Feed juga bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkakan traffic dan page rangking. Ini dimungkinkan karena RSS Feed menyediakan fasilitas ping yang sangat berguna pada saat kita mengupdate isi blog.
FeedBurner
Setelah kita tahu manfaat dari RSS Feed ini, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog pada Website yang menyediakan fasilitas RSS Feed. FeedBurner adalah satunya. Untuk mendaftarkan blog pada FeedBurner ini sangatlah mudah, berikut cara melakukannya: 1) ketikan alamat URL Blog pada kotak yang disediakan, klik tombol Next, jika blog yang didaftarkan menggunakan flatform blogspot maka FeedBurner akan menampilkan dialog yang meminta kita memilih antara dua alamat feed yang akan digunakan. Pilih salah satu dan klik tombol Next,
2) selanjutnya akan muncul layar untuk membuat account, isilah judul feed pada Feed Title, alamat feed kita nantinya pada Feed Address, nama user, password, dan alamat email aktif, klik tombol Activate Feed, 4) jika proses berhasil maka akan muncul layar yang memberi tahukan bahwa Feed kita sudah diaktifkan, klik pada link Skip directly to feed management, untuk mengatur beberapa fasilitas yang akan kita gunakan.
FeedBurner menampilkan layar account yang baru kita buat tadi, dari layar ini kita bisa mengatur dan mengaktifkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner, apa saja fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner ini, berikut beberapa diantaranya:
Pada layar account ini kita melihat ada 5 buah tab yaitu:
• Analyze – untuk menganalisa dan melihat perkembangan dari feed kita.
• Optimize – fasilitas untuk mengoptimalkan feed.
• Publisize – fasilitas untuk mempublikasikan feed.
• Monetize – fasilitas untuk menghasilkan uang dari feed.
• Troubleshootize – fasilitas untuk memecahkan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi.
Seperti yang kita lihat, begitu banyak fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner ini, itulah salah satu alasan mengapa kita memilih dan menggunakan FeedBurner. Kita bisa mengaktifkan dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan ini, beberapa fasiltas yang penting untuk diaktifkan antara lain:
Email Subscriptions
Yaitu fasilitas untuk menawarkan Feed melalui email, dengan cara menempatkan widget yang disediakan oleh FeedBurner pada blog. Beberapa service yang bisa kita pilih adalah: FeedBurner, FeedBlitz, dan Rmail. Pilihlah salah satu service lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan. Setelah itu akan muncul layar yang meminta kita untuk menempatkan kode yang disediakan oleh FeedBurner pada blog.
Kita bisa memilh jenis atau bentuk cara menawarkan email subscriptions ini, yaitu dalam bentuk Form dan dalam bentuk Link. Pilihlah mana yang menurut kita paling sesuai dengan selera. Kita juga beisa mengatur beberapa setting dari email subscriptions ini, ini bisa kita lakukan dengan mengklik link untuk membuka submenu dari email subcriptions.
Beberapa setting ini antara lain: Subscription Management, Communication Preferences, Email Branding, dan Delivery Options.Aturlah setting ini jika diperlukan, lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan setting.
Feed Count
Yaitu fasilitas untuk mempromosikan dan menampilkan jumlah user yang telah menjadi anggota atau berlangganan Feed dari blog kita. Fasilitas ini bisa menjadi daya tarik untuk merangsang atau memancing minat user lain untuk ikut berlangganan Feed dari Blog kita. Dengan
menampilkan Feed Count ini seperti kita menampilkan statitstik dari blog kita, hal ini bisa jadi daya tarik tersendiri jika statistik tersebut menunjukkan angka yang cukup tinggi. Sebab orang sangat suka dengan statistik, pada pandangan pertama blog biasanya dinilai dari stattistiknya, selanjutnya..terserah anda.
Kita bisa memiih 2 style atau gaya yang disediakan yaitu static dan Animated, pilih mana yang paling sesuai dengan selera, lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan. Selanjutnya akan muncul layar yang menampilkan kode untuk kita tempatkan pada blog, copy dan tempatkanlah kode tersebut pada blog.
Pingshot
Yaitu fasiltas ping. Fasilitas ini sangat berguna pada saat kita mengupdate isi dari blog, dengan fasilitas ping ini search engine akan tahu jika kita mengupdate atau membuat artikel. Sehingga artikel yang baru dibuat tersebut akan lebih cepat di index oleh search engine.
FeedBurner menyediakan beberapa service yang bisa kita gunakan, diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping O Matic, News Gator. Sercice ini adalah beberapa service yang banyak digunakan oleh pengguna RSS Feed. Kita juga bisa menambahkan lagi (maksimal 5) beberapa service tambahan dengan cara memilih pada combobox yang telah disediakan.
Pilih service yang hendak ditambahkan, lalu klik tombol add. Ulangi lagi untuk beberapa service lainnya, lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan service tersebut. Beberapa service tambahan yang cukup populer yang bisa kita gunakan tersebut antara lain: Google Blog Search Pinging Service, FeedBlitz, icerocket, Alexa, Weblogs.Com. Kita juga bisa mengubah setting ini dikemudian hari jika diperlukan.
Chicklet Chooser
Fasilitas ini untuk mempromosikan Feed kita, dengan cara menempatkan logo Feed pada blog. Kita bisa memilih beberapa diantaranya, atau bisa juga menggunakan semuanya. Seperti juga pada beberapa fasilitas lainnya untuk menempatkan logo ini pada blog, kita bisa memilih 2 cara , secara manual yaitu dengan cara mengcopy kode dari logo yang kita pilih dan mempastenya di template atau widget.
Cara kedua yaitu secara otomatis dengan cara memilih logo dan memilih blog platform yang disediakan pada combobox dibagian bawah, lalu klik tombol Go!. Dan FeedBurner akan mengerjakan semuanya. Cara kedua ini hanya bisa digunakan oleh yang menggunakan platform Blogger dan TypePad.
Inilah beberapa fasilitas yang aku anggap penting untuk diaktifkan, banyak fasilitas dari FeedBurner lainnya yang belum dibahas disini. Kamu bisa mencoba-cobanya sendiri nanti, atau kita bisa membahasnya nanti pada artikel lainnya. Selamat mencoba !! feedburner
Mengkonversi Type File
PDF (Portable Document Format) adalah salah satu type file yang populer saat ini, PDF terutama sering kita temui pada ebook-ebook. Mengapa PDF banyak disukai, terutama oleh pengguna internet. Selain mempunyai system proteksi yang cukup ampuh, PDF juga multiplatform. Artinya PDF bisa tidak tergantung pada satu jenis platfor saja. PDF bisa digunakan oleh pengguna Windows, UNIX, Linux, Machintos dan beberapa platform lainnya.
Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Windows mungkin masih agak asing dengan file type PDF ini, namun jika kita sering menggunakan internet dan mendownload ebook, pasti sudah tidak asing lagi dengan type file ini. Bagaimana sebenarnya file PDF ini dibuat ? Untuk membuat file PDF ini ada beberapa jenis software yang bisa digunakan, salah satu diantaranya adalah Adobe Acrobat Distiller.
Adobe Acrobat Distiller bekerja seperti printer, namun tidak mencetak ke kertas atau media cetak lainnya. Melainkan Adobe Acrobat Distiller mencetak atau mengkonversi hasil cetakan menjadi file. Cara menggunakan Adobe Acrobat Distiller juga sangat mudah, misalnya jika kita ingin mengkonversi file bertype DOC (MS Word) ke type PDF kita memerintahkan program MS Word untuk melakukan pencetakan (Print), dan memilih Adobe Acrobat Distiller sebagai printernya.
Konversi Secara Online
Itu jika kita mempunyai software dan menginstallnya di PC, namun bagaimana jika kita tidak punya softwarenya. Alternatif yang bisa kita gunakan adalah mengkonversinya menggunakan fasilitas Online Convertion. Yaitu kita menggunakan fasilitas yang disediakan oleh website yang memberikan jasa mengkonversi berbagai type file. Salah satu website yang menyediakan jasa ini adalah Zamzar.com.
Zamzar.com bukan hanya menyediakan fasilitas untuk mengkonversi atau membuat file PDF saja, Zamzar.com juga menyediakan konversi berbagai type file. Diantaranya:
• csv – Comma Separated Values,
• doc – Microsoft Word Document,
• docx – Microsoft Word 2007 Document,
• odp – OpenDocument presentation,
• ods – OpenDocument spreadsheet,
• odt – OpenDocument Text Document,
• pdf – Portable Document Format,
• ppt – Microsoft PowerPoint Presentation,
• ps – Postscript document,
• rtf – Rich Text Format,
• wpd – Wordperfect Document,
• wps – Microsoft Works Document,
• xls – Microsoft Excel Spreadsheet.
Selain itu Zamzar.com juga menyediakan fasilitas untuk mengkonversi file-file image diantaranya:
• bmp – Windows bitmap
• gif – Compuserve graphics interchange
• jpg – JPEG compliant image
• pcx – PC Paintbrush Bitmap Graphic
• png – Portable Network Graphic
• tga – Truevision Targa Graphic
• tiff – Tagged image file format
• wbmp – Wireless Bitmap File Format
Mengkonversi file-file audio diantaranya:
• ac3 – AC3 Audio File
• flac – Free Lossless Audio Codec
• m4a – MPEG-4 Video File
• mp3 – Compressed audio file
• mp4 – MPEG-4 Video File
• ogg – Ogg Vorbis Compressed Audio File
• wav – Windows audio file
• wma – Windows media file
Mengkonversi file-file Video diantaranya:
• aac – Advanced Audio Coding File
• ac3 – AC3 Audio File
• avi – Windows video file
• flac – Free Lossless Audio Codec
• flv – Flash Video
• ipod – MPEG-4 Video File
• mov – Apple QuickTime Movie
• mp3 – Compressed audio file
• mp4 – MPEG-4 Video File
• mpg – Moving Picture Experts Group File
• ogg – Ogg Vorbis Compressed Audio File
• wav – Windows audio file
Cara mengkonversi file melalui Zamzar.com juga sangat mudah, kita tinggal mengkuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Zamzar.com. 1) pilih file yang akan dikonversi, 2) pilih type file hasil konversi yang diinginkan, 3) masukkan alamat email yang valid pada kota yang disediakan, 4) klik tombol Convert. File hasil konversi akan dikirimkan melalui alamat email yang diinputkan.
Jadi kita tidak perlu bingung lagi jika ingin mengkonversi berbagai type file, tapi tidak mempunyai software untuk mengkonversinya. Kita bisa menggunakan Zamzar.com untuk berbagai keperluan tersebut.
Tips Meyakinkan Pembeli Untuk Berbelanja Secara Online
Dunia berputar dengan cepat, demikian pula hal cara berbelanja. Internet sekarang telah banyak digunakan sebagai salah satu media untuk berbelanja, belanja secara online sudah menjadi trend. Kita sebagai blogger bisa menfaatkan kesempatan ini untuk ikut ambil bagian dan mencari keuntungan, kita bisa menggunakan internet sebagai sarana untuk untuk mencari uang.
Walau di Indonesia belanja online belum banyak dikenal, namun itu bukan jadi penghalang bagi kita untuk mempelajarinya. Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita mempelajari hal ini, memang dengan segala keterbatasaan yang kita hadapi saat ini, sangat sulit rasanya untuk bersaing dengan pemain dari luar. Namun satu hal yang pasti akan kita dapatkan, yaitu pengalaman.
Jangan hanya melihat saat ini, pikirkan saat yang akan datang. Pikirkan 5 atau 10 tahun nanti, dengan semakin bertambahnya penggunaa internet, semakin murahnya fasilitas, tidak diragukan lagi dunia internet pasti juga akan dilirik oleh perusahaan dan pengusana di Indonesia untuk memasarkan produknya. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi, kita bisa bersaing dengan lebih baik. Itu karena pengalaman yang sudah kita miliki, karena itu jangan pesismis. Yakinlah bahwa pengalaman akan memberikan banyak keuntungan.
Agar masyarakat pengguna internet bisa mengerti dan memahami apa keuntungan yang mereka dapatkan jika berbelanja melalui internet, dibandingkan berbelanja dengan cara tradisional, kita perlu memberikan informasi dan meyakinkan bahwa banyak keuntungan yang akan mereka dapatkan jika berbelanja melalui internet. Dengan memberikan informasi yang jelas, bukan hanya akan mendidik tapi juga meyakinkan calon pembeli bahwa mereka akan mendapat banyak keuntungan. Apa keuntungan yang akan mereka dapatkan jika berbelanja online:
Waktu
Dengan berbelanja melalui internet mereka akan menghemat waktu, mereka tidak perlu keluar rumah atau kantor. Mereka tinggal duduk di depan komputer dan mencari barang yang mereka inginkan. Coba bandingkan jika berbelanja dengan cara trasional, mereka harus keluar rumah atau kantor, mencari toko yang tepat dan mencari barang yang diinginkan.
Situs belanja online biasanya juga menyediakan katalog, yang akan memudahkan calon pembeli mencari barang yang dibutuhkan. Jika barang yang dicari tidak ditemukan maka pembeli akan mudah berpindah dari satu situs ke situs yang lain tanpa banyak menghabiskan waktu. Coba bandingkan jika kita berbelanja secara tradisional, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mencari produk yang diinginkan.
Selain itu situs akan selalu tersedia selama 24 jam, mereka bisa berbelanja kapanpun mereka menginginkan. Apalagi di jaman yang serba sibuk saat ini, banyak yang tidak mempunyai cukup waktu, bahkan untuk beristirahat sekalipun. Biasanya jika kita berbelanja, kita sering dikejar oleh waktu. Dengan media internet dan belanja online, mereka bisa menyesuaikan waktu dengan kondisi masing-masing.
Uang
Pembeli selalu ingin mencari barang yang termurah yang bisa mereka temukan, dan mereka biasanya akan berpindah dari satu toko ke toko yang lain untuk membandingkan harga. Dengan berbelanja melalui internet hal ini sangat mudah dilakukan, mereka tinggal melihat daftar harga yang telah disediakan melalui katalog. Mereka tinggal membuka satu jendela pada browser untuk setiap toko, dan membuka jendela lainnya untuk toko yang lain. Dengan begitu mereka akan mudah membandingkan harga.
Jika dengan berbelanja secara tradisional mereka harus pergi ketoko dan ini berarti mereka harus menggunakan kendaraan, dan berarti pula bahwa mereka harus mengeluarkan uang lagi untuk ongkos atau biaya perjalanan. Dengan berbelanja secara online mereka tidak perlu mengeluarkan biaya itu, dan ini berarti penghematan bagi mereka.
Tenaga
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jika kita berbelanja secara online, untuk berpindah dari satu toko ke toko yang lainnya, kita tidak perlu bersusah payah. Tinggal menggerakkan jari, dan klik semua tersedia. Bandingkan jika berbelanja secara tradisional, berapa banyak tenaga yang dibutuhkan untuk berjalan dari satu toko ke toko lainnya.
Situs belanja online juga menyediakan pelayanan mengantarkan barang sampai ditempat, jadi pembeli tidak perlu repot untuk membawa barang belanjaannya dari toko kerumah, dan ini berarti menghemat tenaga. Jika belanja secara online pembeli juga tidak harus membawa-bawa barang yang sudah dibelinya dari toko sebelumnya, situs belanja online mempunyai media untuk menyimpan barang-barang yang sudah dipesan, sekalipun belum melakukan transaksi pembelian.
Keamanan
Kita memang sering mendengar banyak situs belanja online yang dibobol oleh Hacker, karena situs belanja online biasanya menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. Dan data kartu kredit inilah yang menjadi incaran para hacker, untuk itu kita juga perlu berhati-hati sebelum mempromosikan suatu produk dari suatu toko. Pastikan dulu bahwa toko tersebut sudah memenuhi standar keamanan.
Saat ini situs-situs belanja online semakin peduli dengan keamanan datanya, itu jika mereka tidak ingin situsnya dianggap bobrok. Situs belanja online semakin memperketat aturannya dalam hal penggunaan kartu kredit, ini untuk melindungi pembeli dari praktek-praktek pencurian kartu kredit. Karena itu faktor keamanan sudah menjadi perhatian utama bagi situs yang menyediakan jasa belanja online.
Kita juga harus memberikan informasi kepada calon pembeli bagaimana cara melingdungi data-data vital yang mereka miliki, jangan sampai mereka menjadi korban situs-situs belanja online gadungan.
Mutu
Dengan berbelanja secara online pembeli bisa mengakses secara global, mereka tidak dibatasi oleh jarak. Mereka bisa mengakses toko yang berada di belahan kota lain, bahkan belahan negara lain. Jadi mereka bisa mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, sesuai dengan yang mereka inginkan. Bandingkan jika mereka berbelanja secara tradisional, mereka hanya bisa mengakses toko terdekat yang bisa mereka temukan. Dan tentu tidak banyak pilihan yang tersedia, dibandingkan jika mereka berbelanja secara online.
Nah.. inilah beberapa keuntungan yang bisa kita berikan untuk meyakinkan calon pembeli, agar mereka merasa yakin dan percaya bahwa merekalah yang akan mendapat keuntungan jika berbelanja secara online. Namun dalam menjual kita hendaknya tidak boleh memaksa, berikan mereka kesempatan untuk menemukan mana yang terbaik menurut mereka.
Dengan memberikan informasi secara lengkap dan jelas, akan meyakinkan calon pembeli untuk membeli melalui kita. Dan mereka akan benar-benar percaya bahwa kita adalah orang yang dapat dipercaya. Karena kepercayaan adalah segalanya, tanpa itu kita tidak memiliki apa-apa.
Meningkatkan Kemampuan Belajar
Sering aku berpikir, mengapa sebagian orang dapat belajar dan mengerti akan suatu hal dengan cepat. Namun sebagian lainnya begitu sulit untuk memahami hal yang sama. Ini bisa jadi disebabkan oleh latar belakang atau tingkat pendidikan yang berbeda, namun menurutku itu bukanlah hal yang mutlak. Sebagian orang memang terlahir dengan IQ yang tinggi, namun tidak semua.
Apakah faktor IQ yang menentukan cepat atau lambatnya seseorang untuk menerima dan mengerti akan suatu hal ? bisa jadi. Lalu adakah cara yang bisa dilakukan oleh orang yang terlahir dengan IQ yang pas-pasan, untuk bisa belajar dan memahami sesuatu dengan cepat ? Adakah teknik-teknik yang perlu diketahui untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah dan menerima informasi dengan cepat ? ternyata ada.
Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan otak kita dalam mengolah dan menerima informasi, berikut ini beberapa teknik yang mungkin bisa bermanfaat bagi peningkatan kemampuan otak kita, jika kita sering melakukannya
Ajarkan – jika kita ingin lebih mengerti dan menguasai akan suatu hal, cobalah untuk mengajarkannya juga pada orang lain. Jika kita belajar untuk diri sendiri ini hanya akan membantu kita untuk mengingat apa yang kita pelajari. Namun jika kita belajar bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga karena ingin mengajarkannya pada orang lain, akan memaksa kita untuk benar-benar mengerti dan menguasai pelajaran tersebut. Ini untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh orang yang kita ajari.
Tuliskan – lebih mudah rasanya jika belajar dengan cara membaca, namun akan sangat berbeda jika belajar menuliskannya. Cobalah baca dibuku mengenai suatu topik, dengan mudah kita akan menyelesaikannya. Namun coba tuliskan lagi topik tersebut dengan gaya sendiri, gimana rasanya ? Jika kita ingin lebih menguasai akan suatu topik, kita harus banyak belajar dengan cara menulis mengenai topik tersebut.
Ini akan memaksa kita untuk lebih memahami dan mengeksplorasi mengenai topik tersebut, tentu saja itu jika kita tidak ingin tulisan yang kita buat dianggap tulisan yang asal-asalan. Dengan menuliskan apa yang telah kita ketahui, cepat atau lambat kita akan tahu bagaimana cara menghubungkan ide-ide baru dengan semua hal yang telah kita ketahui.
Buat Blog – isi dengan topik dan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Ini aku alami sendiri, membuat blog adalah pelajaran terbaik yang pernah aku pelajari. Membuat blog akan memaksa kita untuk belajar memahami informasi, dan belajar membagikannya kepada orang lain dengan cara menuliskannya. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan berpikir, membuat blog adalah hal yang pertama aku sarankan.
Sehat – kesehatan adalah harta yang tak ternilai, semua orang juga sudah tahu akan hal ini. Otak adalah bagian dari tubuh, dan setiap bagian tubuh mempunyai kebutuhan yang harus kita penuhi agar bisa berfungsi secara maksimal. Agar kita bisa belajar dengan lebih maksimal, kita juga perlu belajar memperhatikan dan memenuhi kebutuhan tubuh kita.
Kita harus memberi perhatian yang cukup untuk tubuh kita, agar tubuh bisa melakukan fungsinya sebagaimana yang kita inginkan. Ada cerita menarik mengenai ini, alkisah ada seorang petani yang miskin dan tidak mempunyai apa-apa Petani ini ingin sekali menjadi seorang yang kaya dan berkecupan, namun dia tidak mempunyai modal untuk berdagang, atau keahlian untuk bekerja.
Namun petani ini mempunyai seekor angsa, angsa ini yang menjadi andalannya untuk mencari nafkah dengan cara menjual telurnya. Hingga pada suatu pagi petani tersebut menemukan sebutir telur emas diantara telur-telur lainnya. Dengan rasa tak percaya diambilnya telur tersebut, diperiksa dan diteliti ternyata memang emas. Keesokan paginya petani tersebut mengalami hal yang serupa, sebutir telur emas ditemukannya lagi. Akhirnya dia tahu bahwa angsa itulah yang memberikan telur emas tersebut.
Dan selanjutnya setiap pagi petani itu mendapatkan satu telur emas, semakin lama semakin banyaklah telur yang dikumpulkan. Namun keserakahan menguasainya, setiap malam dia tidak bisa tidur karena tidak sabar untuk segera pagi, agar dia bisa mengambil telur emas lagi. Hingga suatu malam kesabarannya habis, dia tidak bisa menunggu pagi lagi. Dia berpikir, daripada aku menunggu pagi lebih baik aku ambil saja sekarang semuanya. Hingga aku tidak perlu bergadang setiap malam karena tidak sabar menanti pagi, untuk bisa mengambil telur emas
Diambilnya sebilah pisau dan dibelahnya perut angsa tersebut, namun apa yang yang dijumpainya. Ternyata kosong, tidak ada telur emas. Dan akhirnya petani tersebut tidak bisa mendapatkan telur emasnya lagi, karena angsanya sudah mati. Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah ini, petani tersebut adalah kita dan angsa tersebut adalah tubuh kita.
Panca Indera – kita belajar semua hal dengan cara yang berbeda, namun semua belajar dari satu hal yaitu panca indera. Setiap orang mempunyai gaya dan kesenangannya sendiri dalam belajar. Ada yang lebih cepat mengerti jika melihat atau melalui membaca, sementara yang lainnya lebih cepat jika belajar dengan cara mendengarkan.
Namun mengapa kita harus memilih, mengapa tidak menggunakan semuanya. Dengan menggunakan semua indera yang kita miliki, tentu hasilnya akan lebih maksimal. Misalnya gunakan gambar atau image untuk merangsang otak kita memahami sesuatu, gunakan telinga untuk membantu otak mempelajari sesuatu, gunakan hidung, kulit dan mulut.
Motivasi – merupakan faktor utama mengapa kita senang atau ingin melakukan sesuatu. Demikian juga halnya dengan belajar, jika kita ingin meningkatkan daya pikir dan kemampuan otak dalam mempelajari sesuatu, kita perlu meningkatkan motivasi. Kita pernah membahas masalah motivasi ini pada artikel Tetap Ngeblog Walau Kantong Anjlok dan Tips Meningkatkan Motivasi.
Beberapa cara ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam hal mengingat dan memahami suatu hal, adakah cara lainnya ? pasti ada. Kita hanya perlu mencari dan menemukannya.

2 thoughts on “Belajar Internet, Blog, Google, Adsense, Adword, Software.”

  1. Proper forklift maintenance through AZ Metroway will help ensure your used forklift
    a long lifespan. It then pushes a piston and the piston moves and raises the forks of
    the vehicles. Usually, the villanelle is written in
    tetrameter or pentameter, but modern day villanelles
    can be written in another rhythm.

  2. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP.

    I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on several
    websites for about a year and am nervous about switching to another platform.
    I have heard great things about blogengine.net. Is there a
    way I can transfer all my wordpress posts into it?
    Any help would be really appreciated!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s