Makna Indah dalam Putih Biru


Oleh : Daenur Rahman

Ayat ini mungkin sedikit menggambarkan alur kehidupan dan perjalanan yang saya alami maupun untuk orang lain yang benar-benar ingin mencari tahu makna dirinya itudalam  melakukan semua hal di dunia ini <>

“Kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh-sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras. ” (QS. Ibrohim : 7)

Tak pernah terpikir dulu waktu SMA saya akan berpikiran seperti ini, hanya tahu lulus Sekolah Dapat kerja dan mendapatkan uang dan ingin mandiri jauh dari orang tua, namun dalam kenyataan ini semuanya berbeda menjauh dari angan itu meskipun Sudah Lulus SMA dapat tawaran kerja dari luar kota dan akhirnya tidak jadi Karena Sekarang saya berpikir Allah Swt memberikan jalan lain yang sudah ditentukan yang lebih Indah dan sedikit bisa meringankan beban orang tua dan membantu serta Insya Allah akan terus berbakti pada orang Tua saya .
Dan akhirnya yang tak pernah terpikir untuk kuliah malahan saya masuk kuliah dan belajar lagi. Dan Sempat pas waktu lulus kuliah ingin kerja diluar kota juga, banyak tawaran-tawaran menjadi marketing di Bank Swasta ternama meskipun sudah didatangi namun pada akhirnya tidak juga jadi tak tahu kenapa dengan alasan yang TIDAK jelas, namun semuanya itu patut saya syukuri sampai saat ini.

Ya Allah aku meminta kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima. ” (HR. Ibnu Majah dan yang selainnya) Wallahu a’lam bish Showab.

Dan akhirnya Tempat terdekat dan Lingkungan sekitar saya menjadi sebuah Tujuan untuk mengabdi atas semua pengetahuan yang saya miliki , disinilah banyak semua keberkahan yang saya dapatkan meskipun dari hitungan bulan gaji pasti orang tidak mau melihat atau sempat berpikir untuk melakukannya seperti yang saya lakukan, berawal dari sebuah coba-coba namun sampai saat ini saya senang melakukannya,

disinilah di sekolah menengah pertama yang saya geluti, saya hampir dapat mendapatkan makna makna yang tersimpan dari pekerjaan yang saya lakukan.

Dalam hal uang saya tidak mendapatkan apa-apa hanya sekedar buat beli bensin dan uang tip untuk orang tua, namun saya tidak mengeluh malahan di dalam hati mendapatkan kepuasaan batin yang saya dapatkan, karena pada akhirnya pekerjaan yang saya geluti ini mulai berpikir bukan untuk mendapatkan uang namun Ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima. karena Allah SWT sudah memberikan jalan ini untuk itu saya lakukan

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya. ” (QS. Ath Thala : 2)

Dan pada akhirnya juga saya mendapatkan apa yang saya butuhkan, dan yang inginkan bukan dari apa yang saya lakukan di sekolah tapi dari luar sekolah bisa dari keluarga ataupun orang lain yang saya tidak pernah terpikirkan untuk mendapatkan sejumlah materi itu, Karena semuanya Itu saya Yakin Allah lah yang telah mengatur itu semua, malahan dari itu saya sangat bersyukur dari semua itu dan tak akan pernah untuk berhenti bersyukur.

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya. ” (QS. Ath Thalaq : 3)

Dalam perjalanan saya banyak hal yang saya terima dari tempat Putih Biru itu :
1. Senyum tulus dari anak didik
2. Kesabaran yang tak terhingga dalam menghadapi anak didik
3. Lebih peduli dan bertanggung jawab
4. Keikhlasan yang tak pernah luntur
5. Selalu cukup apa yang saya butuhkan
6. Saling menghargai satu sama lain
7. Banyak berpikir untuk membenahi diri sendiri
8. Sebelum bertindak harus berpikir dahulu untuk konsekuensinya
9. Terus belajar dan belajar pengetahuan baru
10. Penuh rasa untuk bersyukur

Dan diakhir tulisan  ini saya hanya bisa mengucapkan
لْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Leave a Reply

